Machiko H

01 Juli 2024 05:49

Machiko H

01 Juli 2024 05:49

Pertanyaan

tahun berapakah kerajaan Majapahit didirikan ?

tahun berapakah kerajaan Majapahit didirikan ?

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

00

:

18

:

25

Klaim

6

2

Jawaban terverifikasi

Royyana A

01 Juli 2024 06:03

Jawaban terverifikasi

<p>Majapahit (bahasa Jawa: ꧋ꦩꦙꦥꦲꦶꦠ꧀; pengucapan bahasa Jawa: [madʒapaɪt]; Sanskerta: Vilvatikta; Kawi: Wilwatikta)</p><ul><li><strong>adalah sebuah kemaharajaan yang berpusat di Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri tahun 1293–1527 M.</strong> Kemaharajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya menantu Kertanagara, maharaja Singhasari terakhir, dan mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan raja Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350–1389.Dalam Babad babad kuno Majapahit juga memiliki nama lain yaitu Maospait,Mojolengko,Wilwatikta dll. &nbsp;</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Semoga membantu yaa, mohon maaf jika ada kesalahan, semangatt! :3 ~</p><p>&nbsp;*Semua hasil tidak semua dari aku, aku juga search di google ( Wikipedia )*</p><p>&nbsp;</p>

Majapahit (bahasa Jawa: ꧋ꦩꦙꦥꦲꦶꦠ꧀; pengucapan bahasa Jawa: [madʒapaɪt]; Sanskerta: Vilvatikta; Kawi: Wilwatikta)

  • adalah sebuah kemaharajaan yang berpusat di Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, yang pernah berdiri tahun 1293–1527 M. Kemaharajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya menantu Kertanagara, maharaja Singhasari terakhir, dan mencapai puncak kejayaannya menjadi kemaharajaan raya yang menguasai wilayah yang luas di Nusantara pada masa kekuasaan raja Hayam Wuruk, yang berkuasa dari tahun 1350–1389.Dalam Babad babad kuno Majapahit juga memiliki nama lain yaitu Maospait,Mojolengko,Wilwatikta dll.  

 

 

 

Semoga membantu yaa, mohon maaf jika ada kesalahan, semangatt! :3 ~

 *Semua hasil tidak semua dari aku, aku juga search di google ( Wikipedia )*

 


Kevin L

Gold

01 Juli 2024 11:34

Jawaban terverifikasi

Berdirinya Kerajaan Majapahit: Sebuah Kisah dari Pemberontakan dan Kebangkitan Awal Mula Berdirinya Majapahit Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 M oleh Raden Wijaya, menantu Raja Kertanegara dari Singasari. Berdirinya kerajaan ini tidak lepas dari runtuhnya Kerajaan Singasari akibat pemberontakan Jayakatwang, Adipati Kediri, pada tahun 1292 M. Raden Wijaya, yang saat itu masih menjadi patih di Singasari, berhasil melarikan diri dari serangan Jayakatwang dan membangun kekuatannya di Madura dengan bantuan Arya Wiraraja, Adipati Madura. Peran Raden Wijaya dan Sumpah Palapa Setelah membangun kekuatan di Madura, Raden Wijaya kemudian menjalin hubungan baik dengan pasukan Mongol yang saat itu tengah menginvasi Jawa. Dengan bantuan pasukan Mongol, Raden Wijaya berhasil mengalahkan Jayakatwang dan mendirikan Kerajaan Majapahit di Tarik, Mojokerto, pada tahun 1293 M. Pada tahun 1319 M, Raden Wijaya memindahkan ibukota kerajaan ke Trowulan, Mojokerto. Di bawah kepemimpinannya, Majapahit mulai berkembang pesat. Puncak kejayaan Majapahit terjadi pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389) dengan Mahapatih Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapa-nya. Sumpah Palapa yang diucapkan Gajah Mada pada tahun 1336 M berisi tekad untuk mempersatukan seluruh Nusantara di bawah panji Majapahit. Masa Kejayaan dan Keruntuhan Majapahit Di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit berhasil mencapai puncak kejayaannya. Wilayah kekuasaannya meliputi hampir seluruh Nusantara, dari Sumatera hingga Papua. Majapahit juga menjalin hubungan perdagangan dengan berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Malaka, Siam, dan Kamboja. Namun, setelah kematian Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mulai mengalami kemunduran. Perebutan tahta dan perang saudara melanda kerajaan. Pada akhirnya, Majapahit runtuh pada tahun 1527 M akibat serangan dari Kerajaan Demak di bawah kepemimpinan Sultan Fatahillah. Peninggalan Majapahit Meskipun telah runtuh, Majapahit meninggalkan banyak peninggalan bersejarah yang dapat kita saksikan hingga saat ini, seperti: * Candi Trowulan * Candi Penataran * Candi Brahu * Prasasti Canggal * Prasasti Majapahit * Kitab Pararaton * Kitab Nagarakretagama Kesimpulan Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar dan terkuat dalam sejarah Indonesia. Berdirinya kerajaan ini didorong oleh ambisi Raden Wijaya untuk membalas dendam atas runtuhnya Kerajaan Singasari. Di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya dan menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara. Namun, setelah kematian Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mulai mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh pada tahun 1527 M. Meskipun telah runtuh, Majapahit meninggalkan banyak peninggalan bersejarah yang dapat kita saksikan hingga saat ini. Semoga penjelasan ini cukup rinci.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebutkan 5 olahraga yang memakai bola

7

0.0

Jawaban terverifikasi