Vira R

06 Oktober 2023 06:52

Iklan

Iklan

Vira R

06 Oktober 2023 06:52

Pertanyaan

Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia, dimana didalamnya berisi semangat akan cita-cita berdirinya suatu negara Indonesia. Diputuskan dalam Kongres Pemuda Kedua, 27-28 Oktober 1928 di Batavia, Sumpah Pemuda mengandung cita-cita akan lahirnya “tanah air Indonesia, “bangsa Indonesia”, dan juga “bahasa Indonesia”. makna kedua dari sumpah pemuda yaitu... A. Seluruh pemuda Indonesia akan bertumpah darah demi menjunjung tinggi hanya untuk satu bangsa, Bangsa Indonesia. B. seluruh pemuda Indonesia akan bertumpah darah demi menjunjung tinggi hanya untuk satu bangsa, Bangsa Indonesia. Setiap pemuda harus selalu berjuang untuk mengokohkan satu satunya bangsa yang dicintai, yaitu Bangsa Indonesia. C. Bangsa Indonesia merupakan wujud dari adanya rasa cinta terhadap bangsa dan juga tanah air Indonesia, atau juga dapat dipahami sebagai adanya suatu rasa nasionalisme. D. Memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air Indonesia juga berarti bahwa setiap warga Indonesia wajib untuk selalu setia dan juga bangga terhadap satu satunya bangsa dan negara Indonesia. E. Seluruh pemuda Indonesia berjuang hingga darah penghabisan demi menjunjung tinggi tanah air Indonesia dalam perlawanannya terhadap penjajah.


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Oktober 2023 01:17

Jawaban terverifikasi

jawabannya adalah D. Ikrar Sumpah Pemuda 1.Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. 2. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. 3. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia Kesimpulan dari makna kedua Sumpah Pemuda di atas yaitu ikrar mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia adalah para pemuda wajib merasa memiliki bangsa Indonesia, tanpa membeda-bedakan suku apapun yang ada pada Tanah Air Indonesia.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

06 Oktober 2023 12:25

Makna kedua dari Sumpah Pemuda adalah: B. Seluruh pemuda Indonesia akan bertumpah darah demi menjunjung tinggi hanya untuk satu bangsa, Bangsa Indonesia. Setiap pemuda harus selalu berjuang untuk mengokohkan satu-satunya bangsa yang dicintai, yaitu Bangsa Indonesia. Makna ini menekankan pentingnya kesatuan pemuda Indonesia dalam perjuangan untuk mencapai cita-cita kemerdekaan Bangsa Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

65

0.0

Jawaban terverifikasi