Sara K

12 Juli 2022 16:35

Iklan

Iklan

Sara K

12 Juli 2022 16:35

Pertanyaan

Suku Bangsa Osing Suku bangsa Osing adalah kelompok masyarakat yang tinggal di Kabupaten Banyuwangi. Menurut sejarah, suku bangsa Osing berasal dari orang-orang Majapahit yang mengasingkan diri dari kerajaannya. Hal ini terj adi setelah Keraj aan Majapahit runtuh sekitar tahun 1478. Selain menuju daerah di ujung timur Pulau Jawa, orang- orang Majapahit juga mengungsi ke Gunung Bromo dan sebagian lagi ke Pulau Bali. Ke lompok masyarakat yang m engasingkan diri tersebut mendirikan Kerajaan Blambangan di Banyuwangi. Keraj aan tersebut bercorak Hindu-Buddha. Keraj aan Blambangan berkuasa selama dua ratusan tahun hingga jatuh ke tangan Kerajaan Mataram. Pada akhir a bad XVIII dan permulaan abad XIX masyarakat Osing mulai menganut agama Islam. Meskipun demikian, mereka tidak meninggalkan kebudayaan sebelumnya. Masyarakat Osing juga menggunakan bahasa yang khas yaitu bahasa Osing. Bahasa Osing bersumber dari bahasa Jawa Kuno. Masyarakat Osing juga memiliki kebudayaan berupa kesenian Gandrung, yaitu tarian seperti Tayub dan Ronggeng. Tarian tersebut ditarikan oleh penari perempuan yang menari bersama para lelaki (tamu) dengan diiringi musik gendang. Sumber: Meita Sandra Santhi, Pesona Wisata Jaws Timur, Surakarta, Aksarra Sinergi Media, 2018 Tentukan gagasan pokok paragraf 1 dalam kutipan buku tersebut!


44

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Yuliati

Mahasiswa/Alumni STKIP PGRI PASURUAN

02 September 2022 20:47

Jawaban terverifikasi

Gagasan pokok paragraf (1) adalah "Sejarah suku Osing." Gagasan pokok adalah ide atau pendapat tentang kesehatan isi teks. Macam-macam gagasan pokok berdasarkan letaknya adalah sebagai berikut. 1. Deduktif, gagasan pokok berada di awal paragraf. 2. Induktif, gagasan pokok berada di akhir paragraf. 3. Campuran, gagasan pokok berada di awal dan akhir paragraf. 4. Ineratif, gagasan pokok berada di tengah. Berdasarkan uraian di atas, gagasan pokok paragraf (1) adalah "Sejarah suku Osing." dibuktikan pada kutipan "Menurut sejarah, suku bangsa Osing berasal dari orang-orang Majapahit yang mengasingkan diri dari kerajaannya." Jadi, gagasan pokok paragraf (1) adalah "Sejarah suku Osing."


Iklan

Iklan

Yeriko L

24 April 2024 09:33

Tentukan gagasan pokok setiap paragraf dalam kutipan suku bangsa osing


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sejak kecil kau telah akrab dengan lingkungan sekolah ini karena sering diajak ibumu kemari. Tak heran ketika sudah waktunya untuk masuk sekolah, kau begitu **supel** dan teman-temanmu pun sudah banyak. Mereka umumnya murid-murid yang pernah diajar ibumu waktu kelas satu. Sedangkan aku? Aku waktu itu baru saja pindah ke kota kecil ini. Makna kata bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut adalah .... A. ramah C. santun B. sopan D. baik

358

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut untuk soai nomor 4. 1) Ilmuwan di berbagai belahan dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin guna mengatasi virus Corona jenis baru. Vaksin perlu segera diciptakan karena kematian akibat virus Corona yang terus bertambah dan penyebaran virus yang kian meluas. 2) Pada Jum'at (7-2-2020), Komisi Kesehatan Nasional Cina mencatat jumlah kematian akibat virus Corona baru telah mencapai 636 kasus, sedangkan jumlah warga yang terinfeksi menjadi 31.161 kasus. Kasus terbanyak terjadi di Hubei, Cina, tempat vi kesehatan du niairus pertama muncul. Selain di Cina, virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 25 negara. 3) Para ilmuwan bekerja dalam kecepatan penuh untuk menemukan vaksin bagi virus Corona baru atau penyakit pernapasan akut 2019-nCOV. Sebagai pusat epidemic, ilmuwan Cina berupaya menemukan vaksin bagi virus itu. Perkembangan terbaru adalah mereka menciptakan peta genetik virus. 4) Ilmuwan dari Australia, Kanada, hingga Prancis ikut menciptakan berbagai jenis inokulasi bersama sejumlah perusahaan biotek dan vaksin. Beberapa waktu lalu, Kepala Laboratorium Identifikasi Virus dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan kekebalan, Melbourne, Julian Druce, menyatakan mereka mengembangkan virus Corona versi laboratorium dari tubuh pasien yang terinfeksi untuk uji coba. Tanggapan yang sesuai dengan berita tersebut adalah ... A. Pemerintah Australia telah tanggap menghadapi serangan virus Corona dengan menemukan vaksin virus tersebut. B. Para ilmuan perlu segera mempelajari virus corona yang menjadi masalah besar bagi kesehatan dunia karena persebarannya sangat cepat. C. Masyarakat perlu mawas diri dan menjaga kesehatan dalam menghadapi serangan virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, D. Virus corona menjadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

125

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan