Nala C

23 Maret 2025 04:02

Iklan

Nala C

23 Maret 2025 04:02

Pertanyaan

Suatu persilangan polimeri antara gandum dengan genotipe M₁m₁M2m2 dengan gandum genotipe Mim,M2m2 menghasilkan 80 anakan. Jumlah anakan yang memiliki warna merah adalah

Suatu persilangan polimeri antara gandum dengan genotipe M₁m₁M2m2 dengan gandum genotipe Mim,M2m2 menghasilkan 80 anakan. Jumlah anakan yang memiliki warna merah adalah

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

00

:

05

:

02

:

29


9

2


Iklan

Sim Y

Level 10

26 Maret 2025 08:08

<p>&nbsp;</p><p><strong>1. Tentukan alel yang bertanggung jawab terhadap warna merah</strong>:</p><p>Dari genotipe yang diberikan, kita akan menyimpulkan bahwa:</p><p><strong>M₁</strong> dan <strong>Mᵢ</strong> adalah alel dominan yang mengontrol warna merah.</p><p><strong>m₁</strong> dan <strong>mᵢ</strong> adalah alel resesif yang mungkin menyebabkan warna selain merah (misalnya putih).</p><p><strong>M₂</strong> adalah alel dominan untuk gen kedua yang mengontrol sifat lain.</p><p><strong>2. Menentukan persilangan antara kedua individu</strong>:</p><p><strong>Genotipe pertama (M₁m₁M₂m₂)</strong> dapat menghasilkan gamet <strong>M₁M₂</strong>, <strong>M₁m₂</strong>, <strong>m₁M₂</strong>, dan <strong>m₁m₂</strong>.</p><p><strong>Genotipe kedua (MᵢmᵢM₂m₂)</strong> hanya dapat menghasilkan gamet <strong>MᵢM₂</strong> dan <strong>Mᵢm₂</strong>.</p><p><strong>3. Menyusun Kotak Punnett</strong>:</p><p>Kita akan membangun kotak Punnett berdasarkan kemungkinan kombinasi gamet dari kedua individu ini.</p><p><strong>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;MᵢM₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; Mᵢm₂</strong></p><p><strong>M₁M₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;</strong>M₁MᵢM₂M₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; M₁Mᵢm₂M₂</p><p><strong>M₁m₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;&nbsp;</strong>M₁MᵢM₂m₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; M₁Mᵢm₂m₂</p><p><strong>m₁M₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;</strong>m₁MᵢM₂M₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; m₁Mᵢm₂M₂</p><p><strong>m₁m₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;</strong>m₁MᵢM₂m₂ &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; m₁Mᵢm₂m₂</p><p><strong>4. Menganalisis fenotipe (warna merah)</strong>:</p><p>Anakan akan memiliki warna merah jika mereka memiliki minimal satu alel dominan <strong>M₁</strong> atau <strong>Mᵢ</strong>.</p><p>Oleh karena itu, anakan yang memiliki <strong>M₁</strong> atau <strong>Mᵢ</strong> pada salah satu pasangan alel mereka akan menunjukkan warna merah.</p><p><strong>5. Menghitung jumlah anakan yang memiliki warna merah</strong>:</p><p>Dari kotak Punnett di atas, kita lihat bahwa semua kotak, kecuali dua kotak (m₁m₂M₂m₂ dan m₁m₂m₂m₂), memiliki setidaknya satu alel dominan <strong>M₁</strong> atau <strong>Mᵢ</strong>.</p><p>Dengan demikian, semua anakan <strong>kecuali dua</strong> akan memiliki warna merah.</p><p>Jadi, jumlah anakan yang memiliki warna merah adalah:</p><p>80−2=78</p>

 

1. Tentukan alel yang bertanggung jawab terhadap warna merah:

Dari genotipe yang diberikan, kita akan menyimpulkan bahwa:

M₁ dan Mᵢ adalah alel dominan yang mengontrol warna merah.

m₁ dan mᵢ adalah alel resesif yang mungkin menyebabkan warna selain merah (misalnya putih).

M₂ adalah alel dominan untuk gen kedua yang mengontrol sifat lain.

2. Menentukan persilangan antara kedua individu:

Genotipe pertama (M₁m₁M₂m₂) dapat menghasilkan gamet M₁M₂, M₁m₂, m₁M₂, dan m₁m₂.

Genotipe kedua (MᵢmᵢM₂m₂) hanya dapat menghasilkan gamet MᵢM₂ dan Mᵢm₂.

3. Menyusun Kotak Punnett:

Kita akan membangun kotak Punnett berdasarkan kemungkinan kombinasi gamet dari kedua individu ini.

                                         MᵢM₂                                       Mᵢm₂

M₁M₂                            M₁MᵢM₂M₂                         M₁Mᵢm₂M₂

M₁m₂                           M₁MᵢM₂m₂                             M₁Mᵢm₂m₂

m₁M₂                            m₁MᵢM₂M₂                           m₁Mᵢm₂M₂

m₁m₂                            m₁MᵢM₂m₂                         m₁Mᵢm₂m₂

4. Menganalisis fenotipe (warna merah):

Anakan akan memiliki warna merah jika mereka memiliki minimal satu alel dominan M₁ atau Mᵢ.

Oleh karena itu, anakan yang memiliki M₁ atau Mᵢ pada salah satu pasangan alel mereka akan menunjukkan warna merah.

5. Menghitung jumlah anakan yang memiliki warna merah:

Dari kotak Punnett di atas, kita lihat bahwa semua kotak, kecuali dua kotak (m₁m₂M₂m₂ dan m₁m₂m₂m₂), memiliki setidaknya satu alel dominan M₁ atau Mᵢ.

Dengan demikian, semua anakan kecuali dua akan memiliki warna merah.

Jadi, jumlah anakan yang memiliki warna merah adalah:

80−2=78


Iklan

Ara N

Level 71

27 Maret 2025 07:05

<p>pvgjknggh</p><p>&nbsp;</p>

pvgjknggh

 


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR! 1. Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah kerajaan …. a. Sriwijaya b. Singasari c. Kutai d. Majapahit 2. Prasasti Batu Bertulis, Prasasti Tugu dan Prasasti Kebon Kopi adalah peninggalan kerajaan …. a. Majapahit b. Demak c. Tarumanegara d. Gowa-Tallo 3. Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan …. a. Hayam Wuruk b. Sultan Agung c. Sultan Ageng Tirtayasa d. Sultan Hasanudin 4. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah …. a. Aceh b. Demak c. Gowa-Tallo d. Samudra Pasai 5. Berikut adalah peninggalan kerajaan Islam, kecuali … a. Masjid Demak b. Menara Kudus c. Candi Borobudur d. Pondok Pesantren 6. Kerajaan Majapahit dikenal dengan kerajaan yang mempunyai …. a. Permaisuri yang cantik-cantik b. Angkatan darat yang banyak c. Raja-raja yang bijak d. Kekuatan maritim yang besar 7. Berikut ini yang bukan termasuk kenampakan alam adalah …. a. Sungai b. Pelabuhan c. Danau d. Gunung 8. Daratan yang menjorok ke laut dinamakan …. a. Lembah b. Teluk c. Selat d. Tanjung 9. Wilayah Indonesia dibagi menjadi …. waktu. a. 3 bagian b. 4 bagian c. 2 bagian d. 1 bagian 10. Dataran tinggi Dieng terdapat di Provinsi …. a. Jawa Tengah b. Jawa timur c. Jawa barat d. Banten 11. Kota Semarang, Palembang dan Padang termasuk wilayah Indonesia dengan pembagian waktu … a. WITA b. WIB c. WIT d. WIS 12. Keanekaragaman suku-suku bangsa Indonesia antara lain dipengaruhi oleh …. a. Perbedaan kondisi lingkungan yang ditempati b. Persamaan lingkungan pulau yang ditempati c. Banyaknya gunung berapi di Indonesia d. Perbedaan jenis iklim antar pulau di Indonesia 13. Suku Asmat, Bintuni dan Sentani berasal dari pulau …. a. Kalimantan b. Sumatra c. Papua d. Jawa 14. Upacara pembakaran jenazah di Bali dikenal dengan nama …. a. Wiwit b. Legong c. Ngaben d. Kecak 15. Berikut adalah suku-suku yang ada di pulau Jawa, kecuali …. a. Jawa b. Sunda c. Toraja d. Tengger 16. Alat musik berikut ini yang berasal dari daerah Nusa Tenggara adalah …. a. Bonang b. Sasando c. Popondi d. Rebab 17. Berikut ini adalah contoh pakaian adat yang benar sesuai daerah asalnya adalah …. a. Ulos dari Jawa Barat b. Baju Kurung dari Sumatra Barat c. Beskap dari Sumatra Utara d. Kebaya dari Kalimantan Selatan 18. Berikut yang tidak termasuk kebudayaan daerah Indonesia adalah …. a. Tarian daerah b. Lagu daerah c. Bahasa daerah d. Tanah daerah 19. Orang yang menggunakan jasa atau barang disebut …. a. produsen b. Distributor c. Konsumen d. Penyalur 20. Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang, yaitu …. a. Usaha angkutan b. Usaha tukang cukur c. Usaha pelayanan kesehatan d. Usaha membuat makanan

41

5.0

Jawaban terverifikasi