Rania M

07 Maret 2022 14:03

Iklan

Iklan

Rania M

07 Maret 2022 14:03

Pertanyaan

Suatu ketika ada seorang pemuda yang mendapat warisan dari orang tuanya. Karena tergolong keluarga sederhana, ia hanya mendapat sedikit uang dan beberapa buah buku. Tak berapa lama, uang yang ditinggalkan pun habis terpakai. Sejenak ia melongok buku-buku peninggalan ayahnya. Ia teringat pesan dari orangtuanya agar belajar dari buku tersebut. Karena malas, ia mengambil jalan pintas. Buku itu dijual kepada teman yang mau membeli karena kasihan. Sebagai gantinya, ia mendapatkan beras untuk makan sehari-hari. Beberapa saat kemudian, si pemuda harus mulai bekerja kasar demi menyambung hidup. Yang membuatnya heran, teman yang dulu membeli buku nya, kini hidupnya kelihatan nyaman dan semakin maju. Karena penasaran ingin tahu, apa yang membuat teman tadi bisa berhasil hidupnya, dia mendatangi dan bertanya. Meski sempat tidak mau membuka rahasia, setelah didesak dan kasihan melihat nasib si pemuda, akhirnya si teman terbuka. "Sebenarnya, aku sangat terbantu dengan buku yang kamu jual kepadaku. Dulu aku beli buku itu karena kasihan kepadamu. Kubiarkan saja berdebu di sudut kamar. Suatu hari, iseng karena ingin tahu, kubaca dan ternyata isinya bagus sekali! Sebuah pelajaran hidup yang luar biasa." "Bukan itu saja," sambung temannya. "Di dalam buku itu terselip pesan agar si pembaca setelah menguasai isi buku tersebut mau praktik dengan sungguh-sungguh. Sungguh, aku beruntung aku mendapat buku itu darimu. Lihat, hidupku jadi berubah. Sebenarnya, dari mana buku-bukumu itu berasal?" Mendengar cerita temannya itu, si pemuda sangat menyesal. Harta peninggalan ayahnya ternyata jauh lebih berharga dari yang ia kira. Karena malas membaca, kini ia hanya jadi pekerja kasar yang hidup ala kadarnya. "Buku itu sebenarnya warisan dari orang tuaku," jawab si pemuda. "Jujur, aku malas membacanya. dan tidak tahu kalau ayahku menyimpan pesan yang sangat berharga. Sungguh, aku menyesal. Teman, boleh aku pinjam kembali buku-buku itu untuk memulai hidupku yang baru? Aku ingin bisa mengubah hidupku menjadi lebih baik." Bagian cerita inspirasi tersebut yang menimbul kan simpati pembaca adalah... a. Pemuda menjual buku warisan ayahnya untuk membeli beras. b. Pemuda menyesal tidak menjalankan pesan terakhir ayahnya. c. Pemuda mendapat warisan sejumlah uang dan buku dari orang tuanya. d. Pemuda merasa ingin tahu cara temannya dapat hidup dengan sukses.


213

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Adawiyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

12 Maret 2022 13:17

Jawaban terverifikasi

Halo, Rania M, terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban dari soal di atas adalah D. Untuk memahami alasan jawaban tersebut, silakan cermati pembahasan berikut. Teks cerita inspiratif merupakan teks yang berisi cerita fiksi maupun pengalaman yang benar-benar terjadi, yang mampu menggugah inspirasi pembaca. Adapun struktur teks cerita inspiratif sebagai berikut. 1) Orientasi: bagian pengantar cerita. 2) Perumitan peristiwa: bagian kisah tokoh dan peristiwa menuju ke puncak cerita. 3) Komplikasi: bagian puncak dari konflik atau inti cerita yang biasanya menjadi inspirasi bagi pembaca. 4) Resolusi: bagian penyelesaian konflik berupa peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan. 5) Koda: bagian penutup cerita yang dapat berisi kesimpulan serta pesan moral yang dikandung dalam cerita. Berdasarkan pemaparan tersebut, bagian cerita inspirasi tersebut yang menimbulkan simpati pembaca adalah "Pemuda merasa ingin tahu cara temannya dapat hidup dengan sukses." karena bagian tersebut merupakan puncak dari konflik atau inti cerita yang dapat menjadi inspirasi bagi pembaca agar tetap bersemangat dalam menjalani kehidupan. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. Semoga membantu.


Salwa Z

03 April 2023 05:41

Ini jawabanya bener kh??

Iklan

Iklan

Dwi W

15 Februari 2023 12:37

tanggapan yang sesuai dengan isi teks cerita inspirasi tersebut adalah


Jevan M

10 April 2023 01:49

Bagian cerita inspirasi tersebut yg menimbulkan simpati pembaca adalah


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

217

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

478

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan