Zahratul J

23 Januari 2023 06:43

Iklan

Iklan

Zahratul J

23 Januari 2023 06:43

Pertanyaan

Suatu hari tawar dan teman temannya melakukan pengamatan biota air di sebuah sungai. Namun ketika mereka sampai lokasi, mereka menemukan air dananya berwarna hijau dan tercium aroma busuk dari sungai (seperti terlihat pada gambar). Kondisi sungai yang ditemukan tawar dan teman temannya dapat disebabkan oleh....

alt

6

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Rizqi

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

24 Januari 2023 11:36

Jawaban terverifikasi

<p>Jawabannya adalah karena pembuangan limbah detergen, limbah pupuk pertanian, limbah manusia, dan limbah peternakan.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Pencemaran air merupakan jenis pencemaran yang diakibatkan oleh masuknya polutan ke dalam lingkungan perairan. Pencemaran air dapat menyebabkan air menjadi berwarna, berbau, dan berasa. Salah satu dampak pencemaran air adalah eutrofikasi.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Eutrofikasi merupakan jenis pencemaran air yang disebabkan munculnya nutrisi yang berlebihan ke dalam ekosistem perairan. Air dikatakan tercemar apabila ada pengaruh atau kontaminasi zat organik maupun anorganik ke dalam air. Eutrofikasi dapat disebabkan karena berbagai hal seperti pembuangan limbah detergen, limbah pupuk pertanian, limbah manusia, dan limbah peternakan. Kondisi tersebut sama dengan kondisi sungai yang ditemukan oleh Tawar dan teman-temannya ketika hendak melakukan pengamatan biota air.</p><p>&nbsp;</p><p>Limbah yang mengandung unsur hara fosfor dan nitrogen akan merangsang pertumbuhan fitoplankton atau alga dan meningkatkan produktivitas perairan. Sebaliknya dalam keadaan berlebihan itu akan memicu timbulnya blooming algae yang justru merugikan kehidupan organisme yang ada di perairan.<br>&nbsp;</p><p>Dengan demikian, &nbsp;jawabannya adalah karena pembuangan limbah detergen, limbah pupuk pertanian, limbah manusia, dan limbah peternakan.&nbsp;</p>

Jawabannya adalah karena pembuangan limbah detergen, limbah pupuk pertanian, limbah manusia, dan limbah peternakan. 

 

Pencemaran air merupakan jenis pencemaran yang diakibatkan oleh masuknya polutan ke dalam lingkungan perairan. Pencemaran air dapat menyebabkan air menjadi berwarna, berbau, dan berasa. Salah satu dampak pencemaran air adalah eutrofikasi. 

 

Eutrofikasi merupakan jenis pencemaran air yang disebabkan munculnya nutrisi yang berlebihan ke dalam ekosistem perairan. Air dikatakan tercemar apabila ada pengaruh atau kontaminasi zat organik maupun anorganik ke dalam air. Eutrofikasi dapat disebabkan karena berbagai hal seperti pembuangan limbah detergen, limbah pupuk pertanian, limbah manusia, dan limbah peternakan. Kondisi tersebut sama dengan kondisi sungai yang ditemukan oleh Tawar dan teman-temannya ketika hendak melakukan pengamatan biota air.

 

Limbah yang mengandung unsur hara fosfor dan nitrogen akan merangsang pertumbuhan fitoplankton atau alga dan meningkatkan produktivitas perairan. Sebaliknya dalam keadaan berlebihan itu akan memicu timbulnya blooming algae yang justru merugikan kehidupan organisme yang ada di perairan.
 

Dengan demikian,  jawabannya adalah karena pembuangan limbah detergen, limbah pupuk pertanian, limbah manusia, dan limbah peternakan. 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

99

5.0

Jawaban terverifikasi