Ayyndaa. A

30 April 2024 00:59

Iklan

Ayyndaa. A

30 April 2024 00:59

Pertanyaan

suatu contoh kuningan seberat 2,6gram yang mengandung timah (Sn) dengan ArSn= 118,7 dilarutkan dalam asam nitrat sehingga diperoleh endapan 0,13gram SnO2. Hitunglah kadar Sn dalam contoh kuningan tersebut!

suatu contoh kuningan seberat 2,6gram yang mengandung timah (Sn) dengan ArSn= 118,7 dilarutkan dalam asam nitrat sehingga diperoleh endapan 0,13gram SnO2. Hitunglah kadar Sn dalam contoh kuningan tersebut!

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

14

:

48

:

42

Klaim

2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

J. Siregar

30 April 2024 05:25

Jawaban terverifikasi

<p><strong><u>Jawabannya adalah 3,85%.</u></strong></p><p>&nbsp;</p><p>Kadar zat dapat suatu sampel ditentukan dengan menggunakan rumus berikut.</p><p><strong>Kadar zat = massa zat/massa sampel x 100%</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Sampel kuningan dengan massa 2,6 g mengandung logam timah (Sn) dan kemudian dilarutkan dalam asam nitrat menjadi SnO2.</p><p><strong>Sn</strong> + 4HNO₃ ==&gt; SnO₂ + 4NO₂ + 2H₂O</p><p>&nbsp;</p><p>Diperoleh endapan SnO₂ sebanyak 0,13 g.</p><p><i>n</i>SnO₂ = massa/massa molar</p><p>&nbsp;<i>n</i>SnO₂ = massa/Ar Sn + 2.Ar O</p><p><i>n</i>SnO₂ = 0,13 g : (118,7 + 2(16) g/mol</p><p><i>n</i>SnO₂ = 0,13 g : 150,7 g/mol</p><p><i>n</i>SnO₂ = 8,6 x 10<sup>-4</sup> mol</p><p>nSn = <i>n</i>SnO₂ = 8,6 x 10<sup>-4</sup> mol (koefisien sama)</p><p>massa logam Sn = n x massa molar</p><p>massa logam Sn = 8,6 x 10<sup>-4</sup> mol &nbsp;x 118,7 g/mol</p><p>massa logam Sn = 0,1 g</p><p>Kadar Sn dalam sampel = massa Sn/massa sampel kuningan x 100%</p><p>Kadar Sn dalam sampel = (0,1 g/2,6 g) x 100%</p><p>Kadar Sn dalam sampel = 3,85%</p><p>&nbsp;</p><p><strong>Jadi, dalam 2,6 g sampel kuningan terdapat 3,85% Sn.</strong></p>

Jawabannya adalah 3,85%.

 

Kadar zat dapat suatu sampel ditentukan dengan menggunakan rumus berikut.

Kadar zat = massa zat/massa sampel x 100%

 

Sampel kuningan dengan massa 2,6 g mengandung logam timah (Sn) dan kemudian dilarutkan dalam asam nitrat menjadi SnO2.

Sn + 4HNO₃ ==> SnO₂ + 4NO₂ + 2H₂O

 

Diperoleh endapan SnO₂ sebanyak 0,13 g.

nSnO₂ = massa/massa molar

 nSnO₂ = massa/Ar Sn + 2.Ar O

nSnO₂ = 0,13 g : (118,7 + 2(16) g/mol

nSnO₂ = 0,13 g : 150,7 g/mol

nSnO₂ = 8,6 x 10-4 mol

nSn = nSnO₂ = 8,6 x 10-4 mol (koefisien sama)

massa logam Sn = n x massa molar

massa logam Sn = 8,6 x 10-4 mol  x 118,7 g/mol

massa logam Sn = 0,1 g

Kadar Sn dalam sampel = massa Sn/massa sampel kuningan x 100%

Kadar Sn dalam sampel = (0,1 g/2,6 g) x 100%

Kadar Sn dalam sampel = 3,85%

 

Jadi, dalam 2,6 g sampel kuningan terdapat 3,85% Sn.


Iklan

Amanah S

03 Mei 2024 14:43

Jawaban terverifikasi

<p>Kadar zat dapat suatu Sempel di tentukan dengan menggunakan rumus berikut&nbsp;</p><p>Kadar zat : massa zat / massa sempel 100 %</p><p>Sempel kuningan dengan masa 2.6 g mengandung logam timah (sn) dan kemudian dilarutkan dalam asam mitrak Menjadi sn 0.2&nbsp;</p><p>Sn tuhno. 2 :: ) sn 0.2 tun 0.2 12h.2 0&nbsp;</p><p>1. Di peroleh endapan sn 0.2 sebanyak 0.13 g&nbsp;</p><p>2. NsNo. 2 : massa / massa molar&nbsp;</p><p>3. NsNo. 2 : massa /AR Sn 12 . AR O&nbsp;</p><p>4. NsNo. 2 : 0) 13 g : ( 118.) 12 (16) 2 / mol</p><p>5. NsNo. 2: 0.13 g : 150.79/ mol&nbsp;</p><p>6. NsNo. 2 : 8.6 × 10 .. 4 mol&nbsp;</p><p>7. NsN : NsNo. 2 : 8,6 ×10 .... 4 mol { koefisien sama }&nbsp;</p><p>8. Massa &nbsp;logam sn : N× massa molar &nbsp;</p><p>9. Massa &nbsp;logam sn : 8,6 × 10 ... 4 mol × 118.7 &nbsp;g mol &nbsp;</p><p>10. Massa logam sn &nbsp;: 0,1 g&nbsp;</p><p>11. Kode sn dalam sempel : massa sn / massa sempel kuningan × 100% &nbsp;</p><p>Kadar sn dalam sempel " &nbsp;3-85 % &nbsp;</p><p>Jadi dalam 2,6 g sempel kuningan terdapat 3,85 % sn&nbsp;</p>

Kadar zat dapat suatu Sempel di tentukan dengan menggunakan rumus berikut 

Kadar zat : massa zat / massa sempel 100 %

Sempel kuningan dengan masa 2.6 g mengandung logam timah (sn) dan kemudian dilarutkan dalam asam mitrak Menjadi sn 0.2 

Sn tuhno. 2 :: ) sn 0.2 tun 0.2 12h.2 0 

1. Di peroleh endapan sn 0.2 sebanyak 0.13 g 

2. NsNo. 2 : massa / massa molar 

3. NsNo. 2 : massa /AR Sn 12 . AR O 

4. NsNo. 2 : 0) 13 g : ( 118.) 12 (16) 2 / mol

5. NsNo. 2: 0.13 g : 150.79/ mol 

6. NsNo. 2 : 8.6 × 10 .. 4 mol 

7. NsN : NsNo. 2 : 8,6 ×10 .... 4 mol { koefisien sama } 

8. Massa  logam sn : N× massa molar  

9. Massa  logam sn : 8,6 × 10 ... 4 mol × 118.7  g mol  

10. Massa logam sn  : 0,1 g 

11. Kode sn dalam sempel : massa sn / massa sempel kuningan × 100%  

Kadar sn dalam sempel "  3-85 %  

Jadi dalam 2,6 g sempel kuningan terdapat 3,85 % sn 


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dalam sejarah manusia, terjadi suatu perkembangan yang penting. Untuk mendapatkan makanan , manusia awalnya harus berkebun. Kemudian terjadi perkembangan, yaitu berlangsungnya system pertanian, sehingga manusia tidak harus berburu untuk mendapatkan makanan. Dalam perubahan sosial perubahan tersebut termasuk bentuk... A. Evolusi B. Revolusi C. Direncanakan D. Tidak direncanakan

6

0.0

Jawaban terverifikasi

Sumber lisan merupakan keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami p sejarah. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami persitiwa secara la sumber lisan juga dapat diperoleh dari orang-orang yang mengetahui suatu peristiw secara rinci. Dengan kata lain sumber sejarah lisan dapat digunakan untuk sumba dan sekunder. Bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah secara lisan denga tepat? Sumber sejarah merupakan segala sesuatu yang mengandung informasi tenta peristiwa sejarah. Informasi yang dijadikan sumber sejarah harus berasal dari aktivi pada masa lampau. Sumber sejarah berfungsi sebagai sarana penyampaian inform ristiwa sejarah di masa lampau. Bagaimana cara membuktikan keaslian suatu sumber sejarah? Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis merupakan sumber sejarah yang memberikan informasi melalui tulisan. Sumber lisan merupakan sumber sejarah yang disampaikan secara lisan oleh orang yang menyaksikan, mendengar, atau mengalami langsung suatu peristiwa sejarah. Sumber benda merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari benda-benda peninggalan sejarah. Mengapa sumber sejarah sangat penting dalam sejarah? Sumber sejarah lisan sangat bermanfaat agar sejarah dapat terus diingat oleh masyarakat sebagai bagian dari identitas dari sebuah negara. Sumber sejarah lisan dapat berupa keterangan langsung dari pelaku, tradisi lisan yang berkembang di masyarakat, dan topomini. Mengapa sumber lisan memiliki keterbatasan dibandingkan sumber tertulis? Kritik sumber sering juga disebut proses verifikasi. Sering dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan serta keaslian suatu dokumen atau sumber sejarah. Kritik sumber merupakan salah satu tahapan dalam penelitian sejarah. Apa yang dimaksud kritik sumber?

143

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Sahabat yang Tergadai Rina dan Maya telah bersahabat sejak kecil. Mereka tinggal di kompleks perumahan yang sama, duduk di bangku sekolah yang sama, bahkan berbagi mimpi untuk bisa terus bersama hingga dewasa. Setiap sore, Rina selalu datang ke rumah Maya untuk bermain atau sekadar mengerjakan PR bersama. Rumah Maya terasa hangat dan nyaman, penuh dengan canda tawa dan rasa kekeluargaan. Maya adalah teman yang selalu mendukung Rina dalam segala hal, tak peduli apa yang terjadi. Namun, suatu hari segalanya berubah. Ayah Maya, yang sebelumnya memiliki usaha sukses, mengalami kebangkrutan. Usahanya gulung tikar setelah dihadapkan pada masalah keuangan yang tak terduga. Keluarga Maya terpaksa menjual rumah mereka dan pindah ke sebuah rumah kontrakan kecil di pinggiran kota. Maya tak lagi bisa mengenakan seragam baru yang biasa mereka beli bersama di awal tahun ajaran. Kini, pakaian Maya tampak kusam, dan sepatu yang dia kenakan mulai berlubang di ujungnya. Pada awalnya, Rina tetap berteman dengan Maya seperti biasa. Mereka masih bertemu di sekolah, dan Rina sesekali mengundang Maya ke rumahnya. Namun, Rina mulai mendengar bisik-bisik dari teman-teman lainnya. "Kenapa masih berteman dengan Maya? Keluarganya sudah jatuh miskin. Nanti kamu jadi terlihat seperti dia." Salah seorang teman di kelas berkata dengan nada mengejek. Bisikan-bisikan itu semakin keras, bahkan beberapa di antaranya terang-terangan menertawakan Maya di depan Rina. Rina merasa tersudut. Di satu sisi, dia merasa bersalah kepada Maya, sahabatnya sejak kecil, yang tidak pernah memintanya apa-apa kecuali persahabatan tulus. Namun di sisi lain, dia merasa takut dijauhi oleh teman-teman lain yang mulai memandang rendah Maya. Rina mulai menjaga jarak. Suatu sore, Maya mendatangi Rina. "Kenapa kamu menjauh? Aku merindukanmu, Rina," Maya bertanya dengan mata yang penuh harap, mencoba mencari jawaban atas perubahan sikap sahabatnya. Rina menghindari tatapan Maya, menunduk dan berpura-pura sibuk dengan bukunya. "Aku sibuk sekarang, banyak tugas. Maaf, Maya." Maya terdiam. Hatinya hancur. Dia tahu apa yang sebenarnya terjadi, tapi dia berharap itu tidak benar. Namun, kenyataannya terlalu menyakitkan untuk diabaikan. Sejak itu Maya tak pernah lagi mengajak Rina berbicara. Mereka masih bertemu di sekolah, tetapi Maya belajar untuk menahan diri dari rasa sakit ditinggalkan. Waktu berlalu, dan pertemanan mereka tergerus oleh jarak yang diciptakan Rina. Suatu hari, sekolah mengadakan reuni kecil bagi siswa-siswa angkatan mereka. Maya, yang sekarang telah menemukan jalan hidupnya sendiri, datang dengan percaya diri. Dia tak lagi terjebak dalam bayang-bayang masa lalu. Rina melihat Maya dari jauh, merasa tertampar oleh keberadaan sahabatnya yang dulu. Maya telah tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan sukses, meski tanpa dirinya. Rina mendekat dengan perasaan bersalah. "Maya... maafkan aku." Maya menatapnya, senyumnya tenang. "Rina, aku sudah memaafkanmu sejak lama. Aku hanya belajar bahwa tidak semua hal bisa kita pertahankan, bahkan persahabatan. Kadang, orang berubah, dan itu tidak apa-apa. Yang penting, kita tetap berdiri dan melanjutkan hidup." Rina menahan air matanya. Pada saat itu, dia menyadari bahwa dia telah kehilangan lebih dari sekadar seorang sahabat. Dia telah kehilangan kesempatan untuk setia pada seseorang yang benar-benar berarti dalam hidupnya. Tapi, waktu tak bisa diputar kembali. Rina hanya bisa menerima kenyataan bahwa persahabatan mereka telah tergadai oleh ketakutan dan gengsi. Maya pun berbalik dan melangkah pergi, meninggalkan Rina dalam kesunyian yang menyesakkan. Ubahlah cerpen tersebut menjadi sebuah adegan 1, adegan 2, adegan 3, dan adegan 4

54

0.0

Jawaban terverifikasi

1. pengaruh perkembangan IPTEK terhadap perubahan ruang pada berbagai aspek kehidupan manusia adalah memudahkan dalam berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia. Teknologi komunikasi memungkinkan informasi dapat disebarluaskan dalam waktu singkat. Arus informasi meluas,media massa pun menciptakan keseragaman pemberitaan maupun preferensi acara liputan. Teknologi transportasi memudahkan orang untuk melakukan mobilitas tentu saja dengan lebih nyaman, lebih murah atau terjangkau dan lebih cepat. Namun demikian, perkembangan teknologi dan transportasi ini membawa dampak terhadap kehidupan manusia. Dampak yang di sebabkan perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi bagi aspek kehidupan ekonomi dapat ditunjukkan oleh.... A. produk lokal dapat dengan mudah masuk pasaran karena adanya teknologi komunikasi dan transportasi yang dengan mudah untuk memperkenalkan produk tersebut dan mendistribusikannya B. perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dapat menyebabkan bebasnya orang keluar masuk suatu Negara sehingga perlu diwaspadai pengaruh yang ditimbulkannyaa C. adanya teknologi transportasi dan komunikasi memudahkan terjadinya peleburan kebudayaan yang menggabungkan berbagai kebudayaan antarnegara D. perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dapat menyebabkan semakin berkurangnya interaksi melalui tatap mukaA produk lokal dapat dengan mudah masuk pasaran karena adanya teknologi komunikasi dan transportasi yang dengan mudah untuk memperkenalkan produk tersebut dan mendistribusikannya B perkembangan teknologi komunikasi dan transportasi dapat menyebabkan heohasnya orang keluar masuk suatu Negara sehingga perlu diwaspadai pengaruh yang ditimbulkannyas C adanya teknologi transportasi dan komunikasi memudahkan terjadinya pelebaran kebudayaan yang menggabungkan berbagai kebudayaan antarnegars D. perkembangaan teknologi transportasi dan komunikasi dapat menyebabkan semakin berkurangnya interaksi melalui tatap muka

17

0.0

Jawaban terverifikasi