Intan W

26 Juli 2021 04:11

Iklan

Intan W

26 Juli 2021 04:11

Pertanyaan

SMP Negeri 103 Jakarta sebagai Sekolah Hijau SMP Negeri 103 Jakarta memiliki luas satu hektare. Di tengah gedung sekolah tumbuh puluhan pohon yang tinginya mencapai 10 meter. Usia pepohonan tersebut lebih dari 20 tahun. Beragam pohon tumbuh di lingkungan SMP Negeri 103 Jakarta. Pepohonan tersebut seperti cemara, palem, mangga, dan rambutan.Pemandangan di sekolah ini seperti hutan di dalam sekolah. Sementara di tiapsisi bangunan ditanami berbagai tanaman obat keluarga. Berbagai tanaman di sekolah ini membuat udara di lingkungan sekolah sangat sejuk. Di SMP Negeri 103 Jakarta ini terdapat lebih dari 200 jenis tanaman obat. Contohnya lavender, kecubung, buah makasar, mahkota dewa,dan daun ungu. Berbagai tanaman obat diambil dari berbagai tempat, seperti TMII dan Trengganis, Bogor, Jawa Barat Meskipun bel sekolah pulang sudah berbunyi, masih banyak siswa yang bertahan duduk di pelataran sekolah. Mereka berbincang sambilsesekali bercanda di bawah rindangnya pepohonan. Mereka berbincang sambil memandang ke halaman hijau terbentang.Mereka dapat menikmati hasil dari budaya peduli lingkungan yang diterapkan di SMP Negeri 103 Pertanyaan : 1. Tentukan struktur teks โ€œSMP Negeri 103 Jakarta sebagai Sekolah Hijau! ( tentukan bagian struktur apa, isi paragraf yang mana ) 2. Tentukan informasi penting setiap paragraf dalam teks tersebut! 3.Jadikan informasi penting yang telah ditemukan menjadi sebuah kerangka karangan/tulisan

Ikuti Tryout SNBT & Menangkan E-Wallet 100rb

Habis dalam

02

:

17

:

59

:

12

Klaim

1

3

Jawaban terverifikasi

Iklan

W. Wahyuni

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

26 Juli 2021 16:51

Jawaban terverifikasi

Kelas: 7 Topik: Teks Deskripsi Hai Intan W. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Teks deskripsi adalah teks yang melukiskan suatu objek dengan rangkaian kata-kata yang dapat merangsang indra pembaca. Struktur teks deskripsi terdiri atas (1) deskripsi umum berisi penjelasan tentang identitas objek; (2) deskripsi bagian berisi pengklasifikasian ciri-ciri fisik suatu objek yang lebih rinci; (3) simpulan berisi pesan atau kesan yang disampaikan oleh penulis. Berdasarkan penjelasan ini, berikut adalah struktur yang membentuk teks "SMP Negeri 103 Jakarta sebagai Sekolah Hijau". 1. Deskripsi umum: SMP Negeri 103 Jakarta memiliki luas satu hektare. Di tengah gedung sekolah tumbuh puluhan pohon yang tinginya mencapai 10 meter. Usia pepohonan tersebut lebih dari 20 tahun. (Penjelasan awal tentang pepohonan di SMP Negeri 103 Jakarta). 2. Deskripsi bagian: (a) Beragam pohon tumbuh di lingkungan SMP Negeri 103 Jakarta. Pepohonan tersebut seperti cemara, palem, mangga, dan rambutan. Pemandangan di sekolah ini seperti hutan di dalam sekolah. Sementara di tiap sisi bangunan ditanami berbagai tanaman obat keluarga. Berbagai tanaman di sekolah ini membuat udara di lingkungan sekolah sangat sejuk. (deskripsi bagian tentang area lingkungan SMP Negeri 103 yang ditanami pepohonan dan sejumlah tanaman obat); (b) Di SMP Negeri 103 Jakarta ini terdapat lebih dari 200 jenis tanaman obat. Contohnya lavender, kecubung, buah makasar, mahkota dewa,dan daun ungu. Berbagai tanaman obat diambil dari berbagai tempat, seperti TMII dan Trengganis, Bogor, Jawa Barat. (deskrpsi bagian tentang nama-nama pepohonan yang ada di SMP Negeri 103 Jakarta). 3. Simpulan: Meskipun bel sekolah pulang sudah berbunyi, masih banyak siswa yang bertahan duduk di pelataran sekolah. Mereka berbincang sambil sesekali bercanda di bawah rindangnya pepohonan. Mereka berbincang sambil memandang ke halaman hijau terbentang. Mereka dapat menikmati hasil dari budaya peduli lingkungan yang diterapkan di SMP Negeri 103 Jakarta. (bagian ini menunjukkan kesan penulis bahwa pepohonan di SMP Negeri 103 Jakarta membuat siswa betah bersantai di pelataran sekolah. Informasi penting yang dapat dikutip dari teks deskripsi di atas, yakni (1) usia pepohonan di tengah gedung sekolah berusia lebih dari 200 tahun; (2) terdapat pepohonan seperti cemara, palem, mangga, dan rambutan; (3) terdapat pula sejumlah tanaman obat; (4) terdapat lebih dari 200 jenis tanaman obat yang diambil dari berbagai tempat, seperti TMII dan Trengganis, Bogor, Jawa Barat; (5) Para siswa dapat menikmati hasil dari budaya peduli lingkungan yang diterapkan di SMP Negeri 103 Jakarta. Kelima informasi penting dari teks di atas dapat dikembangkan menjadi sebuah tulisan, seperti berikut. SMP Negeri 103 Jakarta memiliki pepohonan di tengah gedung yang telah berusia lebih dari 200 tahun. Pepohonan itu antara lain ialah pohon cemara, mangga, dan rambutan. Tak hanya itu, lebih dari 200 jenis tanaman obat yang diambil dari berbagai tempat, seperti TMII dan Trengganis, Bogor, Jawa Barat juga dapat ditemukan di tengah gedung SMP Negeri 103 Jakarta. Para siswa begitu senang dengan adanya budaya peduli lingkungan yang diterapkan di SMP Negeri 103 Jakarta. Dengan demikian, struktur teks "SMP Negeri 103 Jakarta sebagai Sekolah Hijau" terdiri atas deskripsi umum, deskripsi bagian, dan simpulan. Sejumlah informasi penting dalam teks di atas berkenaan dengan nama-nama pohon dan sejumlah tanaman obat yang diambil dari berbagai tempat. Informasi-informasi penting itu dapat dikembangkan kembali menjadi sebuah kerangka teks seperti di atas.


Iklan

Intan W

01 Agustus 2021 04:38

makasii kakakk๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜Š


Sryva R

25 September 2021 01:25

Bagaiman cara mengongkretkan tks berjudul smpn 103 sebagai sekolh hijau


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke AiRIS

Yuk, cobain chat dan belajar bareng AiRIS, teman pintarmu!

Chat AiRIS

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Sejak kecil kau telah akrab dengan lingkungan sekolah ini karena sering diajak ibumu kemari. Tak heran ketika sudah waktunya untuk masuk sekolah, kau begitu **supel** dan teman-temanmu pun sudah banyak. Mereka umumnya murid-murid yang pernah diajar ibumu waktu kelas satu. Sedangkan aku? Aku waktu itu baru saja pindah ke kota kecil ini. Makna kata bercetak tebal dalam kutipan cerpen tersebut adalah .... A. ramah C. santun B. sopan D. baik

81

5.0

Jawaban terverifikasi

Teks berikut untuk soai nomor 4. 1) Ilmuwan di berbagai belahan dunia berkejaran dengan waktu untuk menciptakan vaksin guna mengatasi virus Corona jenis baru. Vaksin perlu segera diciptakan karena kematian akibat virus Corona yang terus bertambah dan penyebaran virus yang kian meluas. 2) Pada Jum'at (7-2-2020), Komisi Kesehatan Nasional Cina mencatat jumlah kematian akibat virus Corona baru telah mencapai 636 kasus, sedangkan jumlah warga yang terinfeksi menjadi 31.161 kasus. Kasus terbanyak terjadi di Hubei, Cina, tempat vi kesehatan du niairus pertama muncul. Selain di Cina, virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 25 negara. 3) Para ilmuwan bekerja dalam kecepatan penuh untuk menemukan vaksin bagi virus Corona baru atau penyakit pernapasan akut 2019-nCOV. Sebagai pusat epidemic, ilmuwan Cina berupaya menemukan vaksin bagi virus itu. Perkembangan terbaru adalah mereka menciptakan peta genetik virus. 4) Ilmuwan dari Australia, Kanada, hingga Prancis ikut menciptakan berbagai jenis inokulasi bersama sejumlah perusahaan biotek dan vaksin. Beberapa waktu lalu, Kepala Laboratorium Identifikasi Virus dari Institut Peter Doherty untuk Infeksi dan kekebalan, Melbourne, Julian Druce, menyatakan mereka mengembangkan virus Corona versi laboratorium dari tubuh pasien yang terinfeksi untuk uji coba. Tanggapan yang sesuai dengan berita tersebut adalah ... A. Pemerintah Australia telah tanggap menghadapi serangan virus Corona dengan menemukan vaksin virus tersebut. B. Para ilmuan perlu segera mempelajari virus corona yang menjadi masalah besar bagi kesehatan dunia karena persebarannya sangat cepat. C. Masyarakat perlu mawas diri dan menjaga kesehatan dalam menghadapi serangan virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, D. Virus corona menjadi masalah besar bagi kesehatan manusia.

33

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan