Nayla S

04 Desember 2023 04:17

Iklan

Iklan

Nayla S

04 Desember 2023 04:17

Pertanyaan

Side panel N1 Open block drawer BAHASA INDONESIA KELAS 10 | SAS GANJIL 2023-2024 Course Quiz Back Time left 0:18:01 Hide Question 25 Answer saved Flag question Question text Bacalah kutipan hikayat berikut ini (1) Tidak lama kemudian ayahanda Malim Deman pun gering, lalu mangkat. Sejak kematian ayahanda, Malim Deman pun lalai memerintah negeri. (2) Setiap hari ia hanya asyik menyabung ayam saja.(3) Dalam keadaan yang demikian, Putri Bungsu pun melahirkan seorang anak yang diberi nama Malim Dewana. Arkian Malim Dewana besarlah, tapi Malim Deman tetap tidak mau kembali ke istana melihat putranya.(4) Putri Bungsu sangat masygul hatinya. Kebetulan pula ia menemukan kembali baju layangnya. (5) Hatta, ia pun terbang kembali ke kayangan dengan anaknya Malim Dewana. Berdasarkan kutipan teks di atas, kata arkais tidak ditemukan pada kalimat nomor… Question 25Answer a. (4) b. (5) c. (2) d. (3) e. (1)


Side panel

 

 

 

 

N1

 

 

 

Open block drawer

     

BAHASA INDONESIA KELAS 10 | SAS GANJIL 2023-2024

  • Course
  • Quiz

Back

Time left 0:18:01

Hide

Question 25

Answer saved

Flag question

Question text

Bacalah kutipan hikayat berikut ini
 

(1)      Tidak lama kemudian ayahanda Malim Deman pun gering, lalu mangkat. Sejak kematian ayahanda, Malim Deman pun lalai memerintah negeri. (2) Setiap hari ia hanya asyik menyabung ayam saja. (3) Dalam keadaan yang demikian, Putri Bungsu pun melahirkan seorang anak yang diberi nama Malim Dewana. Arkian Malim Dewana besarlah, tapi Malim Deman tetap tidak mau kembali ke istana melihat putranya. (4) Putri Bungsu sangat masygul hatinya. Kebetulan pula ia menemukan kembali baju layangnya. (5) Hatta, ia pun terbang kembali ke kayangan dengan anaknya Malim Dewana.

Berdasarkan kutipan teks di atas, kata arkais tidak ditemukan pada kalimat nomor…

Question 25Answer

a.

(4)

b.

(5)

c.

(2)

d.

(3)

e.

(1)


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Robosiswasiswi R

05 Desember 2023 15:04

Jawaban terverifikasi

C.Setiap hari ia hanya asyik menyabung ayam saja Penjelasan: Menyabung=mengadu Kata arkais adalah kata yang tidak lagi umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dan cenderung sudah ketinggalan zaman dalam penggunaannya


Iklan

Iklan

Dela A

Community

27 Desember 2023 09:47

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>opsi C. 2. Setiap hari ia hanya asyik menyabung ayam saja.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Arkais merupakan sesuatu yang berhubungan dengan masa lalu atau berciri kuno dan sudah tidak lazim lagi dipakai.&nbsp;</p><p>Pada bacaan tersebut terdapat kata <strong>menyabung</strong> yang berarti <strong>mengadu.</strong></p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah opsi C. 2. Setiap hari ia hanya asyik menyabung ayam saja.

 

Arkais merupakan sesuatu yang berhubungan dengan masa lalu atau berciri kuno dan sudah tidak lazim lagi dipakai. 

Pada bacaan tersebut terdapat kata menyabung yang berarti mengadu.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

(1) Kisah pembuatan film biasanya melewati proses yang panjang dan rumit. (2) Ide membuat film dan cerita datang dari Castle Production yang bergerak di bidang film animasi ini sangat bermanfaat. (3) Castle cukup berhasil bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyaring siswa SMK yang memiliki kemampuan untuk membuat gambar. (4) Dari seleksi gambar animasi kiriman siswa, Castle memilih lima puluh siswa SMK, tiga di antaranya perempuan, untuk mengikuti pelatihan menggambar animasi lalu memproduksi film animasi. (5) Untuk keperluan itu, Castle mengerahkan animator profesional seperti Boy Wahyudi dan Dony Moersito untuk mengajar mereka. Kalimat utama paragraf tersebut terletak pada kalimat nomor ... A. (1) D. (4) B. (2) E. (5) C. (3)

438

5.0

Jawaban terverifikasi