Agatha P

23 Januari 2023 06:43

Iklan

Iklan

Agatha P

23 Januari 2023 06:43

Pertanyaan

Seorang pasien mengeluhkan nyeri pada tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang panggul. Selain itu, pasien tersebut juga mudah mengalami gemar di kulit dan mimisan. Setelah satu minggu, berat badan pasien tersebut menurun secara drastis. Selanjutnya, dokter melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dari hasil pemeriksaan tersebut, diketahui bahwa terdapat sel mieloma pada sumsum tulang pasien tersebut. Berdasarkan kasus tersebut, dapat disimpulkan bahwa pasien mengalami imunodefisiensi primer berupa multiple myeloma. benarkah kesimpulan tersebut? jelaskan jawaban anda!


17

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

24 Januari 2023 11:51

Jawaban terverifikasi

<p>Kesimpulan tersebut adalah salah karena multiple myeloma termasuk imunodefisiensi sekunder.</p><p>&nbsp;</p><p>Multiple myeloma adalah kanker yang menyerang sel plasma di sumsum tulang. Sel plasma adalah salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi membentuk antibodi. Akibatnya seseorang akan mengalami gangguan imunodefisiensi sekunder. Istilah gangguan imunodefisiensi sekunder terjadi ketika sumber luar, seperti bahan kimia beracun atau infeksi menyerang tubuh. Gejala multiple myeloma yaitu nyeri pada tulang, terlebih pada tulang rusuk, panggul, dan tulang belakang.&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, kesimpulan tersebut adalah salah karena multiple myeloma termasuk imunodefisiensi sekunder.</p>

Kesimpulan tersebut adalah salah karena multiple myeloma termasuk imunodefisiensi sekunder.

 

Multiple myeloma adalah kanker yang menyerang sel plasma di sumsum tulang. Sel plasma adalah salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi membentuk antibodi. Akibatnya seseorang akan mengalami gangguan imunodefisiensi sekunder. Istilah gangguan imunodefisiensi sekunder terjadi ketika sumber luar, seperti bahan kimia beracun atau infeksi menyerang tubuh. Gejala multiple myeloma yaitu nyeri pada tulang, terlebih pada tulang rusuk, panggul, dan tulang belakang. 

 

Jadi, kesimpulan tersebut adalah salah karena multiple myeloma termasuk imunodefisiensi sekunder.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

124

5.0

Jawaban terverifikasi