RoboguruRoboguru
SD

Arum N

20 Januari 2022 13:59

Pertanyaan

seniman mengharapkan bahwa pengunjung pameran dapat membeli karyanya sehingga tujuan dari pameran tersebut bagi seniman adalah?


1rb+

2

Jawaban terverifikasi

Nur A

10 Februari 2022 12:45

Jawaban terverifikasi

Tujuan komersial Tujuan komersial ,yakni kegiatan pameran seni rupa bertujuan untuk menghasilkan keuntungan,baik bagi seniman maupun penyelenggara seniman,dan dengan harapan karya seni rupa yang dipamerkan dapat dijual


S. Suryanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Tarumanagara

13 Februari 2022 02:28

Jawaban terverifikasi

Halo Arum N, kakak bantu jawab ya. Jawaban: tujuan komersial. Cermati penjelasan berikut ya! Pameran adalah satu dari sekian banyak cara yang digunakan untuk menampilkan produk pada masyarakat umum dengan tujuan untuk bertukar informasi dan melakukan negosiasi perdagangan. Tujuan dari pameran bagi seniman adalah: 1. Tujuan Untuk berekspresi. Artinya anda melakukan kegiatan pameran hanya untuk mengekspresikan kemampuan anda melalui hasil karya baik karya 2 dimensi maupun karya 3 dimensi dan relief. Karya yang sudah jadi hanya anda pasang, laku atau tidak itu bukan prioritas, karena pada hakekatnya anda hanya mengekspresikan kemampuan anda. 2. Tujuan Untuk Media Pembelajaran. Seorang seniman yang hidup dilingkungan seni, biasanya mengadakan kegiatan pameran hanya semata-mata dapat memotivasi seniman lain untuk berkarya. Hal ini yang memang diprioritaskan. Bahkan mereka para seniman siap apabila ditanya mengenai teknik pembuatan karya, bahkan sampai rahasia-rahasia pembuatannya. Mereka para seniman tidak mau menutupi ilmu yang dimilikinya. Misalnya ada pameran batik, maka para pengrajin batik akan menularkan bagaimana proses pembuatannya dan lain-lain. 3. Tujuan untuk Publikasi. Arti dari publikasi adalah memperlihatkan karya kita pada khalayak ramai. Prioritas utama adalah bagaimana karya-karya kita itu kita perlihatkan pada orang lain. Menjadikan karya kita lebih populer dan memiliki kredibilitas dan jam tayang. 4. Tujuan untuk Memperkenalkan Produk. Terkadang produk yang bakal kita jual butuh yang namanya display yang berisikan tentang produk dan spesifikasinya. Disini kita tidak menjual karya kita, namun karya kita sebagai pendukung atau sebagai media untuk memperkenalkan produk orang lain. Misalnya lukisan Orang membawa sampoo, Patung dengan baju batiknya. Maka yang kita jual bukan lukisannya, namun sampoonya. Yang dijual bukan karya kita berupa patung namun batiknya. 5. Tujuan Untuk mendapatkan Uang atau Keuntungan. Uang atau keuntungan dari hasil pameran kita adalah terjualnya karya-karya kita saat pameran, atau selesai pameran. Karya kita memang harus berkualitas dan memiliki daya jual yang tinggi. Masyarakat belum tentu menginginkan kualitas bagus, harga murah. Namun sebaiknya kualitas akan selalu berbanding lurus dengan harga. Jika kualitasnya bagus, maka sangat pantas jika kita jual dengan harga yang tinggi. Jangan hanya keuntungan saja tanpa memperhatikan kualitas karya. Dengan demikian, tujuan dari pameran bagi seniman yaitu tujuan komersial. Semoga bermanfaat ya.


ask to forum

Ingin kirim pertanyaan?

Yuk, tanyakan soalmu dan dapatkan jawaban dari teman-teman forum

Tanya Sekarang

Pertanyaan serupa

Lagu Gek Kepriye berasal dari ...

22

0.0

Jawaban terverifikasi