Anonim N

03 Desember 2023 13:40

Iklan

Iklan

Anonim N

03 Desember 2023 13:40

Pertanyaan

Selama masa pemerintahan terdapat satu peristiwa penting yaitu penyelesaian masalah Timor-Timur yang sejak 1975 sudah menjadi bagian dari NKRI. Pada akhirnya sengketa tersebut menghasilkan putusan bahwasanya rakyat Timor Timur memutuskan untuk tidak bergabung kembali dengan NKRI. Beberapa pihak sempat menyayangkan hal tersebut karena selama kurun waktu 2 dekade kebelakang pemerintah pusat juga tidak kurang memberikan perhatian kepada rakyat Timor-Timur. Hasil putusan Habibie untuk melepaskan Timor-Timur berdasarkan pada anggapan bahwa Indonesia adalah bagian dari masyarakat Internasional dan UUD pun berkata bahwa kemerdekaan adalah hak setiap bangsa, Namun hal tersebut kemudian berdampak pada lengsernya beliau dari kursi kepresidenan, mengapa demikian ?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 April 2024 06:53

Jawaban terverifikasi

<p>Keputusan Presiden B.J. Habibie untuk melepaskan Timor Timur berdampak pada lengsernya beliau dari kursi kepresidenan karena keputusan tersebut menuai berbagai kritik dan protes dari berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun internasional. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keputusan tersebut berujung pada lengsernya Habibie:</p><p><strong>Kritik dalam Negeri:</strong> Keputusan untuk melepaskan Timor Timur dianggap sebagai pengkhianatan terhadap integritas dan kedaulatan Indonesia oleh sebagian masyarakat Indonesia. Beberapa pihak menyalahkan Habibie karena dianggap tidak mampu mempertahankan wilayah NKRI.</p><p><strong>Tekanan Internasional:</strong> Keputusan Habibie dikecam oleh beberapa negara dan organisasi internasional yang menyebutnya sebagai tindakan pelanggaran hak asasi manusia terhadap rakyat Timor Timur. Tekanan dari pihak internasional membuat posisi politik Habibie semakin terancam.</p><p><strong>Guncangan Politik dalam Negeri:</strong> Keputusan tersebut memicu guncangan politik di dalam negeri, terutama di kalangan elit politik dan militer. Beberapa pihak menuduh Habibie tidak konsultatif dalam pengambilan keputusan penting ini, yang berdampak pada krisis politik di dalam negeri.</p><p><strong>Mengganggu Stabilitas Politik:</strong> Keputusan tersebut mengganggu stabilitas politik di Indonesia saat itu dan memperburuk kondisi politik yang sudah rapuh. Hal ini membuat Habibie semakin rentan terhadap tekanan dan kritik dari berbagai pihak.</p><p><strong>Kehilangan Dukungan Politik:</strong> Akibat kontroversi dan protes terhadap keputusan tersebut, Habibie mulai kehilangan dukungan politik dari berbagai pihak, termasuk di dalam koalisi pemerintahannya. Kehilangan dukungan politik menjadi salah satu faktor utama yang mempercepat lengsernya dari jabatan presiden.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Keputusan Presiden B.J. Habibie untuk melepaskan Timor Timur berdampak pada lengsernya beliau dari kursi kepresidenan karena keputusan tersebut menuai berbagai kritik dan protes dari berbagai pihak, baik di dalam negeri maupun internasional. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keputusan tersebut berujung pada lengsernya Habibie:

Kritik dalam Negeri: Keputusan untuk melepaskan Timor Timur dianggap sebagai pengkhianatan terhadap integritas dan kedaulatan Indonesia oleh sebagian masyarakat Indonesia. Beberapa pihak menyalahkan Habibie karena dianggap tidak mampu mempertahankan wilayah NKRI.

Tekanan Internasional: Keputusan Habibie dikecam oleh beberapa negara dan organisasi internasional yang menyebutnya sebagai tindakan pelanggaran hak asasi manusia terhadap rakyat Timor Timur. Tekanan dari pihak internasional membuat posisi politik Habibie semakin terancam.

Guncangan Politik dalam Negeri: Keputusan tersebut memicu guncangan politik di dalam negeri, terutama di kalangan elit politik dan militer. Beberapa pihak menuduh Habibie tidak konsultatif dalam pengambilan keputusan penting ini, yang berdampak pada krisis politik di dalam negeri.

Mengganggu Stabilitas Politik: Keputusan tersebut mengganggu stabilitas politik di Indonesia saat itu dan memperburuk kondisi politik yang sudah rapuh. Hal ini membuat Habibie semakin rentan terhadap tekanan dan kritik dari berbagai pihak.

Kehilangan Dukungan Politik: Akibat kontroversi dan protes terhadap keputusan tersebut, Habibie mulai kehilangan dukungan politik dari berbagai pihak, termasuk di dalam koalisi pemerintahannya. Kehilangan dukungan politik menjadi salah satu faktor utama yang mempercepat lengsernya dari jabatan presiden.

 

 

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut ini yang bukan latar belakang dari Reformasi Gereja adalah .... a. menolak indulgensi b. penyimpangan-penyimpangan dalam tubuh gereja c. gereja menjadi pusat monopoli d. lebih merupakan reaksi langsung atas gerakan Protestanisme e. bertujuan menata kembali gereja sesuai dengan ajaran lnjil

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi