Pitaloka M

05 Oktober 2023 09:03

Iklan

Pitaloka M

05 Oktober 2023 09:03

Pertanyaan

Selain dampak buruk, dampak positif yang dirasakan rakyat dalam bidang ekonomi akibat penjajahan kolonial adalah ... A. diterapkannya sistem Tanam Paksa bagi Indonesia B. Belanda mengenalkan sistem ekonomi Liberal C. adanya pembangunan sarana transportasi D. adanya penerapan monopoli dagang oleh Belanda E. penyerahan wajib ada pemungutan pajak hasil bumi

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

03

:

45

:

33

Klaim

273

5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Nanda R

Community

05 Oktober 2023 10:19

Jawaban terverifikasi

jawabannya adalah C. tujuan Belanda datang ke Indonesia adalah mencari rempah-rempah. Banyak masyarakat yang menderita akibat Belanda karena kebijakannya seperti tanam paksa, kerja paksa dan sebagainya. Namun ada dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat, seperti adanya pembangunan sarana transportasi yang berguna memudahkan perpindahan dan sebagainya.


Iklan

Vincent M

Community

05 Oktober 2023 12:00

Jawaban terverifikasi

Dampak positif yang dirasakan rakyat dalam bidang ekonomi akibat penjajahan kolonial adalah: C. Adanya pembangunan sarana transportasi. Pemerintah kolonial Belanda membangun beberapa infrastruktur, termasuk jaringan kereta api dan jalan raya, yang dapat membantu dalam transportasi barang dan orang. Meskipun infrastruktur ini sering kali dibangun untuk memudahkan eksploitasi sumber daya alam dan kepentingan kolonial, namun juga memberikan manfaat dalam meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas bagi beberapa wilayah di Indonesia.


Plontos P

08 Maret 2024 00:30

Penerapan sistem Tanam Paksa telah mengenalkan Indonesia akan berbagai jenis tanaman. Namun sistem ini telah membawa kesengsaraan bagi bangsa Indonesia karena ... . * 3 poin A. Hasil sistem Tanam Paksa selalu gagal panen sebelum waktunya B. Indonesia tidak dibekali cara-cara menanam yang baik C. Hasil bumi Indonesia kalah bersaing dan tidak laku di pasaran Internasional D. Hasil sistem Tanam Paksa sepenuhnya untuk kepentingan kolonial Belanda


Irsyd D

26 Maret 2024 03:14

Penerapan sistem Tanam Paksa telah mengenalkan Indonesia akan berbagai jenis tanaman. Namun sistem ini telah membawa kesengsaraan bagi bangsa Indonesia karena ... .


Rizkiii X

27 Maret 2024 03:08

Tujuan kedatangan Portugis dikenal dengan 3G (gold, gospel dan glory). Gospel berarti bahwa portugis bertujuan …


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan