LODI. L

28 Februari 2024 13:51

Iklan

Iklan

LODI. L

28 Februari 2024 13:51

Pertanyaan

Sekeping mata uang logam dan sebuah dadu bersisi enam dilemparkan secara bersamaan. Hasil yang mungkin muncul pada percobaan ini dapat ditulis dalam bentuk pasangan terurut. Misalnya (G, 2) menyatakan munculnya sisi gambar untuk mata uang dan angka 2 untuk dadu, dan (T. 5) menyatakan munculnya sisi tulisan untuk mata uang dan angka 5 untuk dadu. a. Berapa banyak titik contoh pada percobaan itu? Tulislah ruang contohnya. b. Tulislah kejadian-kejadian berikut dengan menggunakan notasi himpunan. (i) Kejadian munculnya sisi tulisan untuk mata uang dan sembarang angka untuk dadu. (ii) Kejadian munculnya sisi gambar untuk mata uang dan angka genap untuk dadu.

Sekeping mata uang logam dan sebuah dadu bersisi enam dilemparkan secara bersamaan. Hasil yang mungkin muncul pada percobaan ini dapat ditulis dalam bentuk pasangan terurut. Misalnya (G, 2) menyatakan munculnya sisi gambar untuk mata uang dan angka 2 untuk dadu, dan (T. 5) menyatakan munculnya sisi tulisan untuk mata uang dan angka 5 untuk dadu. 

a. Berapa banyak titik contoh pada percobaan itu? Tulislah ruang contohnya. 

b. Tulislah kejadian-kejadian berikut dengan menggunakan notasi himpunan. 

(i) Kejadian munculnya sisi tulisan untuk mata uang dan sembarang angka untuk dadu.

(ii) Kejadian munculnya sisi gambar untuk mata uang dan angka genap untuk dadu.

alt

9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Yehezkiel H

28 Februari 2024 14:02

<p><br>a. Untuk menghitung jumlah titik contoh, kita harus mengalikan jumlah kemungkinan untuk mata uang (2) dengan jumlah kemungkinan untuk dadu (6), karena setiap kemungkinan pada satu objek dapat dikombinasikan dengan setiap kemungkinan pada objek lainnya.</p><p>Jumlah titik contoh = jumlah kemungkinan mata uang * jumlah kemungkinan dadu Jumlah titik contoh = 2 * 6 = 12</p><p>Ruangan contoh:</p><p>{(�,1),(�,2),(�,3),(�,4),(�,5),(�,6),(�,1),(�,2),(�,3),(�,4),(�,5),(�,6)}{(<i>G</i>,1),(<i>G</i>,2),(<i>G</i>,3),(<i>G</i>,4),(<i>G</i>,5),(<i>G</i>,6),(<i>T</i>,1),(<i>T</i>,2),(<i>T</i>,3),(<i>T</i>,4),(<i>T</i>,5),(<i>T</i>,6)}</p><p>b. Notasi himpunan untuk kejadian-kejadian tersebut:</p><p>(i) Kejadian munculnya sisi tulisan untuk mata uang dan sembarang angka untuk dadu: {(�,1),(�,2),(�,3),(�,4),(�,5),(�,6)}{(<i>T</i>,1),(<i>T</i>,2),(<i>T</i>,3),(<i>T</i>,4),(<i>T</i>,5),(<i>T</i>,6)}</p><p>(ii) Kejadian munculnya sisi gambar untuk mata uang dan angka genap untuk dadu: {(�,2),(�,4),(�,6)}{(<i>G</i>,2),(<i>G</i>,4),(<i>G</i>,6)}</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


a. Untuk menghitung jumlah titik contoh, kita harus mengalikan jumlah kemungkinan untuk mata uang (2) dengan jumlah kemungkinan untuk dadu (6), karena setiap kemungkinan pada satu objek dapat dikombinasikan dengan setiap kemungkinan pada objek lainnya.

Jumlah titik contoh = jumlah kemungkinan mata uang * jumlah kemungkinan dadu Jumlah titik contoh = 2 * 6 = 12

Ruangan contoh:

{(�,1),(�,2),(�,3),(�,4),(�,5),(�,6),(�,1),(�,2),(�,3),(�,4),(�,5),(�,6)}{(G,1),(G,2),(G,3),(G,4),(G,5),(G,6),(T,1),(T,2),(T,3),(T,4),(T,5),(T,6)}

b. Notasi himpunan untuk kejadian-kejadian tersebut:

(i) Kejadian munculnya sisi tulisan untuk mata uang dan sembarang angka untuk dadu: {(�,1),(�,2),(�,3),(�,4),(�,5),(�,6)}{(T,1),(T,2),(T,3),(T,4),(T,5),(T,6)}

(ii) Kejadian munculnya sisi gambar untuk mata uang dan angka genap untuk dadu: {(�,2),(�,4),(�,6)}{(G,2),(G,4),(G,6)}

 

 


 


LODI. L

28 Februari 2024 14:05

apa yang dimaskud dengan tanda '?' ??

— Tampilkan 1 balasan lainnya

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Rani, Rina dan Rini adalah tiga sahabat yang rumahnya terletak pada satu kompleks perumahan yang sama. Mereka bertiga selalu berbelanja pada toko yang sama setiap periode tertentu. Rani setiap 6 hari sekali berbelanja ke toko tersebut, Rina setiap 9 hari sekali berbelanja di toko tersebut dan Rini setiap 12 hari sekali. Pada tanggal 8 Mei 2023 mereka bersama-sama berbelanja ke toko tersebut. Mereka bertiga berbelanja barang yang sama tetapi jumlahnya berbeda - beda. Rani membeli 3 cokelat, 4 roti dan 2 minuman kaleng dengan total Rp 113.000,00. Rina membeli 2 cokelat, 6 roti dan 1 minuman kaleng dengan total belanja Rp 112.000, Sedangkan Rini membeli 1 cokelat, 5 roti dan 4 minuman kaleng dengan total belanja Rp 115.000,00. Jika terdapat uang Rp 110.000,00 maka barang yang dapat dibeli adalah .... A. 3 cokelat, 3 roti dan 3 minuman kaleng B. 4 cokelat, 1 roti dan 4 minuman kaleng C. 2 cokelat, 6 roti dan 1 minuman kaleng D. 3 cokelat, 4 roti dan 2 minuman kaleng E. 4 cokelat, 2 roti dan 2 minuman kaleng

14

0.0

Jawaban terverifikasi

Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan gadget di kalangan remaja, Banyak remaja yang menghabiskan waktunya untuk bermain gadget seperti bermain game dan membuka situs-situs yang dilarang, hal tersebut pasti membawa dampak dan pengaruh terhadap perkembangan pola pikir dan lingkungan remaja. Gadget banyak dipergunakan oleh remaja zaman sekarang, Gadget dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, gadget banyak membawa dampak negatif terhadap remaja dan lingkungannya, jika remaja mempergunakan gadget secara berlebihan. selain itu, gadget cenderung digunakan remaja untuk membuat situs-situs terlarang dan game. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi mereka dalam belajar. Selain itu, gadget memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh, karena gadget mengeluarkan banyak radiasi yang secara tidak langsung merusak mata dan saraf otak. Terlebih lagi, remaja tersebut tidak memperhatikan jarak antara mata dan gadget saat mempergunakan gadget. Jika dilihat dari usia, seharusnya remaja tidak diperbolehkan untuk menggunakan gadget. Hal itu dikarenakan gadget dapat menghubungkan remaja dengan hal-hal yang seharusnya belum mereka ketahui. Terlebih lagi pada usia ini remaja sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan luar. Argumen yang telah disajikan mungkin benar. Akan tetapi, alasan yang disajikan tentu dapat terbantahkan. Banyak sisi positif yang didapatkan oleh remaja jika mereka mempergunakan gadget dengan benar. Alasannya yaitu, remaja lebih mudah mencari tugas-tugas mereka dari sekolah, jika mereka tidak mendapat informasi dari buku pelajaran mereka. Hal ini dapat meningkatkan prestasi dan pengetahuan mereka. Selain itu, remaja juga lebih mudah memberi kabar kepada orangtua jika ada sesuatu yang mendadak dan juga remaja lebih mudah untuk berhubungan dengan sanak saudara yang jauh. Dampak positif lainya, melalui canggihnya gadget remaja dapat mengetahui perkembangan IPTEK. Secara umum saya setuju dengan alasan-alasan yang mendukung penggunaan gadget di lingkungan remaja. Tetapi jika dilihat dari bidang akademis serta keamanan remaja itu sendiri gadget lebih berdampak negatif. Jadi, sebaiknya para orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anaknya untuk bermain dan memiliki gadget, karena gadget sangat banyak membawa dampak negatif pada kehidupan remaja tersebut. 1. tulislah 2 kalimat aktif dan ubahlah kalimat pasif berdasarkan teks diatas! (S p o k)

2

0.0

Jawaban terverifikasi