Keyzha A

02 Agustus 2024 06:09

Iklan

Keyzha A

02 Agustus 2024 06:09

Pertanyaan

Seekor ikan melompat sejauh 3 m dari permukaan air laut kemudian kembali menyelam sejauh 8m dan bawah permukaan air laut. Tentukan jarak lompatan dan posisi ikan sekarang

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

00

:

04

:

19

:

13

Klaim

70

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Kevin L

Gold

02 Agustus 2024 06:56

Jawaban terverifikasi

Pemahaman Soal: Soal ini tentang seekor ikan yang melakukan dua gerakan: melompat ke atas dan kemudian menyelam ke bawah. Kita diminta untuk mencari dua hal: * Jarak lompatan: Berapa jauh ikan melompat dari permukaan air? * Posisi ikan sekarang: Di mana posisi ikan setelah melakukan kedua gerakan tersebut, jika kita anggap permukaan air sebagai titik nol? Penyelesaian: * Jarak Lompatan: Soal sudah memberikan informasi langsung bahwa ikan melompat sejauh 3 meter dari permukaan air. Jadi, jarak lompatan ikan adalah 3 meter. * Posisi Ikan Sekarang: * Gerakan pertama: Ikan melompat 3 meter ke atas. Kita bisa anggap ini sebagai +3 meter (karena ke atas). * Gerakan kedua: Ikan menyelam 8 meter ke bawah. Kita bisa anggap ini sebagai -8 meter (karena ke bawah). * Posisi akhir: Untuk mencari posisi akhir, kita jumlahkan kedua gerakan tersebut: +3 meter + (-8 meter) = -5 meter. Kesimpulan: * Ikan melompat sejauh 3 meter. * Setelah kedua gerakan, posisi ikan berada 5 meter di bawah permukaan air (karena hasilnya negatif). Ilustrasi: Jawaban Lengkap: Jarak lompatan ikan adalah 3 meter. Setelah melompat dan menyelam, posisi ikan sekarang berada 5 meter di bawah permukaan air. Penjelasan Tambahan: Kita menggunakan bilangan bulat untuk mewakili gerakan ke atas (positif) dan ke bawah (negatif). Dengan cara ini, kita bisa menghitung posisi akhir ikan dengan mudah.


Iklan

Rio O

02 Agustus 2024 07:23

Jawaban terverifikasi

<p>Keyzha, pernyataan "8m dan bawah permukaan air laut" agak ambigu ya.</p><p>Misalkan kata 'dan' sebenarnya adalah kata 'di' atau 'dari', maka kita cari jarak lompatan dan posisi sekarang di bawah laut sejauh 8m, yaitu 11 ya. Perhatikan gambar.</p><p>&nbsp;</p><p>Tapi jika yang dimaksud adalah dari posisi lompatan kemudian menyelam sejauh 8m, maka ikuti jawaban Kak Kevin, yaitu (-5).</p>

Keyzha, pernyataan "8m dan bawah permukaan air laut" agak ambigu ya.

Misalkan kata 'dan' sebenarnya adalah kata 'di' atau 'dari', maka kita cari jarak lompatan dan posisi sekarang di bawah laut sejauh 8m, yaitu 11 ya. Perhatikan gambar.

 

Tapi jika yang dimaksud adalah dari posisi lompatan kemudian menyelam sejauh 8m, maka ikuti jawaban Kak Kevin, yaitu (-5).

alt

Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan