Ananda N

24 Agustus 2023 01:14

Iklan

Iklan

Ananda N

24 Agustus 2023 01:14

Pertanyaan

sebutkan syarat preparat atau spesimen sel yang dapat diamati dibawah mikroskop elektron

sebutkan syarat preparat atau spesimen sel yang dapat diamati dibawah mikroskop elektron


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

24 Agustus 2023 02:12

Jawaban terverifikasi

Untuk dapat diamati di bawah mikroskop elektron, preparat atau spesimen sel harus memenuhi beberapa syarat: 1. **Kehalusan dan Ketebalan**: Preparat harus sangat tipis, biasanya dalam kisaran 20-100 nanometer, agar elektron dapat melewatinya dengan mudah. 2. **Stabilitas**: Preparat harus tahan terhadap perubahan tekanan rendah (vakum) dan radiasi elektron yang kuat. 3. **Kontras**: Sel atau struktur dalam sel harus memiliki kontras yang cukup untuk dapat dilihat. Biasanya, preparat diwarnai dengan bahan kimia khusus atau menggunakan teknik pewarnaan khusus. 4. **Kelembaban**: Preparat harus dijaga kelembabannya agar tidak mengering selama pengamatan dalam lingkungan vakum. 5. **Pemotongan yang Tepat**: Preparat harus dipotong dengan sangat akurat menggunakan alat khusus seperti mikrotom atau teknik pemotongan lainnya agar tipis dan sesuai. 6. **Pengawetan**: Jika tidak diamati secara langsung, spesimen harus diawetkan dengan metode yang sesuai untuk mempertahankan struktur dan komponennya. 7. **Pelapisan**: Spesimen biasanya dilapisi dengan lapisan tipis logam (seperti emas atau platina) menggunakan proses pelapisan vakum untuk menghasilkan bayangan tambahan yang membantu pengamatan. 8. **Kekuatan Listrik**: Dalam beberapa kasus, spesimen harus dikondisikan dengan muatan listrik untuk meningkatkan kontras dan detil dalam gambaran. 9. **Preparasi yang Reproduktif**: Metode preparasi harus dapat diulang secara konsisten untuk menghasilkan hasil yang serupa dalam percobaan yang berbeda. Pengamatan di bawah mikroskop elektron memerlukan persiapan yang rumit dan spesifik agar sel dan strukturnya dapat terlihat dengan jelas.


Iklan

Iklan

Owen.LulusanCumlaude O

Community

24 Agustus 2023 04:55

Jawaban terverifikasi

<p>Spesimen sel yang dapat diamati di bawah mikroskop elektron harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:</p><ol><li><strong>Kepadatan Elektron Tinggi:</strong> Spesimen harus mampu menangkap dan memantulkan elektron dengan baik. Oleh karena itu, biasanya spesimen diinkubasi dengan senyawa yang kaya akan logam berat seperti osmium atau uranium sebelum diamati.</li><li><strong>Kekuatan Mekanis yang Cukup:</strong> Spesimen harus memiliki kekuatan mekanis yang cukup untuk diiris atau dipecah tanpa mengalami kerusakan yang signifikan. Ini penting untuk menghasilkan potongan tipis yang dapat diamati.</li><li><strong>Kehalusan Irisan:</strong> Spesimen harus diiris sangat tipis (biasanya sekitar 20-100 nanometer) agar elektron dapat melewatinya dengan mudah dan memberikan gambaran yang jelas.</li><li><strong>Stabil pada Vakum:</strong> Mikroskop elektron bekerja dalam kondisi vakum, oleh karena itu spesimen harus tahan terhadap kondisi vakum dan tidak mengalami perubahan struktural yang signifikan.</li><li><strong>Kontras yang Dapat Diatur:</strong> Spesimen biasanya tidak memiliki warna alami di bawah mikroskop elektron, sehingga kontras harus diatur menggunakan pewarna atau teknik pewarnaan khusus.</li><li><strong>Tidak Ada Air:</strong> Air dapat menyebabkan gangguan dan kabut pada gambar elektron mikroskop, oleh karena itu spesimen harus dihindarkan dari kelembapan dan air.</li><li><strong>Kemampuan Membentuk Kristal:</strong> Beberapa spesimen, terutama dalam studi kristalografi, harus memiliki kemampuan membentuk kristal yang seragam agar struktur kristal dapat dianalisis dengan baik.</li><li><strong>Ukuran yang Sesuai:</strong> Spesimen harus cukup kecil untuk masuk ke dalam kamera mikroskop elektron dan memberikan gambaran yang jelas tanpa kehilangan detail penting.</li></ol>

Spesimen sel yang dapat diamati di bawah mikroskop elektron harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  1. Kepadatan Elektron Tinggi: Spesimen harus mampu menangkap dan memantulkan elektron dengan baik. Oleh karena itu, biasanya spesimen diinkubasi dengan senyawa yang kaya akan logam berat seperti osmium atau uranium sebelum diamati.
  2. Kekuatan Mekanis yang Cukup: Spesimen harus memiliki kekuatan mekanis yang cukup untuk diiris atau dipecah tanpa mengalami kerusakan yang signifikan. Ini penting untuk menghasilkan potongan tipis yang dapat diamati.
  3. Kehalusan Irisan: Spesimen harus diiris sangat tipis (biasanya sekitar 20-100 nanometer) agar elektron dapat melewatinya dengan mudah dan memberikan gambaran yang jelas.
  4. Stabil pada Vakum: Mikroskop elektron bekerja dalam kondisi vakum, oleh karena itu spesimen harus tahan terhadap kondisi vakum dan tidak mengalami perubahan struktural yang signifikan.
  5. Kontras yang Dapat Diatur: Spesimen biasanya tidak memiliki warna alami di bawah mikroskop elektron, sehingga kontras harus diatur menggunakan pewarna atau teknik pewarnaan khusus.
  6. Tidak Ada Air: Air dapat menyebabkan gangguan dan kabut pada gambar elektron mikroskop, oleh karena itu spesimen harus dihindarkan dari kelembapan dan air.
  7. Kemampuan Membentuk Kristal: Beberapa spesimen, terutama dalam studi kristalografi, harus memiliki kemampuan membentuk kristal yang seragam agar struktur kristal dapat dianalisis dengan baik.
  8. Ukuran yang Sesuai: Spesimen harus cukup kecil untuk masuk ke dalam kamera mikroskop elektron dan memberikan gambaran yang jelas tanpa kehilangan detail penting.

Adella C

31 Agustus 2023 02:08

makasiii

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

572

5.0

Jawaban terverifikasi