Naufal A

24 April 2024 13:09

Iklan

Iklan

Naufal A

24 April 2024 13:09

Pertanyaan

sebutkan semua Organisasi Kepemudaan pada masa Sumpah Pemuda ,?tanggal didirikan, didirikan oleh siapa, tujuan dari organisasi tersebut, kongres kongres yang dilakukan oleh organisasi tersebut??

sebutkan semua Organisasi Kepemudaan pada masa Sumpah Pemuda,?tanggal didirikan, didirikan oleh siapa, tujuan dari organisasi tersebut, kongres kongres yang dilakukan oleh organisasi tersebut??


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Michael C

25 April 2024 01:07

Jawaban terverifikasi

<p>【Jawaban】: Organisasi kepemudaan pada masa Sumpah Pemuda antara lain:<br>1. Jong Java, didirikan pada tahun 1915 oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Jawa. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda I pada tahun 1926.<br>2. Jong Sumatranen Bond, didirikan pada tahun 1917 oleh Dr. Mohammad Hatta. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Sumatera. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda II pada tahun 1928.<br>3. Jong Celebes, didirikan pada tahun 1918 oleh Dr. Johannes Latuharhary. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Sulawesi. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda III pada tahun 1928.<br>4. Jong Ambon, didirikan pada tahun 1919 oleh Dr. Johannes Latuharhary. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Ambon. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda IV pada tahun 1928.<br>5. Jong Islamieten Bond, didirikan pada tahun 1912 oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Muslim. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda V pada tahun 1928.<br>【Penjelasan】: Sumpah Pemuda adalah pernyataan sumpah yang dinyatakan oleh peserta Kongres Pemuda II yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928. Kongres ini dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia. Organisasi-organisasi kepemudaan tersebut memiliki peran penting dalam membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Indonesia. Mereka juga berperan aktif dalam mengadakan kongres-kongres yang menjadi wadah bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk menyuarakan aspirasi dan keinginan mereka untuk merdeka. Kongres-kongres tersebut menjadi momentum penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.</p>

【Jawaban】: Organisasi kepemudaan pada masa Sumpah Pemuda antara lain:
1. Jong Java, didirikan pada tahun 1915 oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Jawa. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda I pada tahun 1926.
2. Jong Sumatranen Bond, didirikan pada tahun 1917 oleh Dr. Mohammad Hatta. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Sumatera. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda II pada tahun 1928.
3. Jong Celebes, didirikan pada tahun 1918 oleh Dr. Johannes Latuharhary. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Sulawesi. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda III pada tahun 1928.
4. Jong Ambon, didirikan pada tahun 1919 oleh Dr. Johannes Latuharhary. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Ambon. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda IV pada tahun 1928.
5. Jong Islamieten Bond, didirikan pada tahun 1912 oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Tujuan organisasi ini adalah untuk membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Muslim. Kongres yang dilakukan oleh organisasi ini adalah Kongres Pemuda V pada tahun 1928.
【Penjelasan】: Sumpah Pemuda adalah pernyataan sumpah yang dinyatakan oleh peserta Kongres Pemuda II yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928. Kongres ini dihadiri oleh berbagai organisasi kepemudaan dari seluruh Indonesia. Organisasi-organisasi kepemudaan tersebut memiliki peran penting dalam membangkitkan kesadaran dan semangat kebangsaan di kalangan pemuda Indonesia. Mereka juga berperan aktif dalam mengadakan kongres-kongres yang menjadi wadah bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk menyuarakan aspirasi dan keinginan mereka untuk merdeka. Kongres-kongres tersebut menjadi momentum penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

25 April 2024 13:04

Jawaban terverifikasi

<p>Selama periode Sumpah Pemuda, beberapa organisasi kepemudaan utama yang muncul di Indonesia adalah:</p><p><strong>Boedi Oetomo (BO)</strong>:</p><ul><li>Tanggal Didirikan: 20 Mei 1908</li><li>Didirikan oleh: Dokter Wahidin Sudirohusodo, R. Soerjo, dan Koesnan</li><li>Tujuan: Mempromosikan kebangkitan nasional, pendidikan, dan kesadaran politik di kalangan bangsa Indonesia.</li><li>Kongres: BO mengadakan beberapa kongres diantaranya Kongres II (1912), Kongres IV (1916), dan Kongres V (1918).</li></ul><p><strong>Indische Party (IP)</strong>:</p><ul><li>Tanggal Didirikan: 1912</li><li>Didirikan oleh: Kwee Tjing Liang</li><li>Tujuan: Mewakili kepentingan Indonesia di Parlemen Hindia Belanda dan memperjuangkan hak-hak politik bagi bangsa Indonesia.</li><li>Kongres: Tidak memiliki kongres.</li></ul><p><strong>Sarekat Islam (SI)</strong>:</p><ul><li>Tanggal Didirikan: 3 Juli 1912</li><li>Didirikan oleh: Haji Samanhudi</li><li>Tujuan: Mempromosikan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan politik untuk masyarakat Muslim di Hindia Belanda.</li><li>Kongres: SI mengadakan beberapa kongres, termasuk Kongres II (1914) dan Kongres III (1917).</li></ul><p><strong>Partai Komu-nis Indonesia (PKI)</strong>:</p><ul><li>Tanggal Didirikan: 23 Mei 1920</li><li>Didirikan oleh: Semaoen</li><li>Tujuan: Memperjuangkan hak-hak buruh, petani, dan kelas pekerja, serta menegakkan ideologi komunis.</li><li>Kongres: PKI mengadakan beberapa kongres, termasuk Kongres III (1927) dan Kongres IV (1929).</li></ul><p><strong>Perhimpunan Indonesia (PI)</strong>:</p><ul><li>Tanggal Didirikan: 4 Juli 1924</li><li>Didirikan oleh: Ki Hajar Dewantara, Soetomo, dan Soewardi Soerjaningrat (Ki Hadjar Dewantara)</li><li>Tujuan: Mempromosikan pendidikan nasional, kebangkitan nasional, dan kesatuan bangsa Indonesia.</li><li>Kongres: Tidak memiliki kongres.</li></ul>

Selama periode Sumpah Pemuda, beberapa organisasi kepemudaan utama yang muncul di Indonesia adalah:

Boedi Oetomo (BO):

  • Tanggal Didirikan: 20 Mei 1908
  • Didirikan oleh: Dokter Wahidin Sudirohusodo, R. Soerjo, dan Koesnan
  • Tujuan: Mempromosikan kebangkitan nasional, pendidikan, dan kesadaran politik di kalangan bangsa Indonesia.
  • Kongres: BO mengadakan beberapa kongres diantaranya Kongres II (1912), Kongres IV (1916), dan Kongres V (1918).

Indische Party (IP):

  • Tanggal Didirikan: 1912
  • Didirikan oleh: Kwee Tjing Liang
  • Tujuan: Mewakili kepentingan Indonesia di Parlemen Hindia Belanda dan memperjuangkan hak-hak politik bagi bangsa Indonesia.
  • Kongres: Tidak memiliki kongres.

Sarekat Islam (SI):

  • Tanggal Didirikan: 3 Juli 1912
  • Didirikan oleh: Haji Samanhudi
  • Tujuan: Mempromosikan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan politik untuk masyarakat Muslim di Hindia Belanda.
  • Kongres: SI mengadakan beberapa kongres, termasuk Kongres II (1914) dan Kongres III (1917).

Partai Komu-nis Indonesia (PKI):

  • Tanggal Didirikan: 23 Mei 1920
  • Didirikan oleh: Semaoen
  • Tujuan: Memperjuangkan hak-hak buruh, petani, dan kelas pekerja, serta menegakkan ideologi komunis.
  • Kongres: PKI mengadakan beberapa kongres, termasuk Kongres III (1927) dan Kongres IV (1929).

Perhimpunan Indonesia (PI):

  • Tanggal Didirikan: 4 Juli 1924
  • Didirikan oleh: Ki Hajar Dewantara, Soetomo, dan Soewardi Soerjaningrat (Ki Hadjar Dewantara)
  • Tujuan: Mempromosikan pendidikan nasional, kebangkitan nasional, dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Kongres: Tidak memiliki kongres.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Gotong royong merupakan salah satu bentuk budaya yang mendasarkan pada bentuk .... A. tolong menolong tanpa pamrih B. kerjasama antaranggota masyarakat C. pencapaian tujuan untuk kepentingan bersama D. semua jawaban benar

5

0.0

Jawaban terverifikasi