RoboguruRoboguru
SD

Hasna' A

21 Januari 2022 09:53

Pertanyaan

Sebutkan orang orang yang tidak berhak menerima zakat !


26

3

Jawaban terverifikasi

S. Mardliyah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

28 Januari 2022 10:07

Jawaban terverifikasi

Hii Hasna', Kakak bantu jawab yaa Jawaban dari pertanyaan diatas adalah 1. Orang kaya 2. Bani Hasyim (keluarga Rasulullah SAW.) 3. Hamba sahaya 4. Orang kafir 5. Orang yang nafkahinya ditanggung oleh muzakki Allah SWT. berfirman dalam surah At-Taubah ayat 60 اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ Artinya: Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana. Dari ayat tersebut dapat diketahui ada 8 golongan orang yang berhak unruk menerima zakat yaitu Fakir, miskin, amil, gharim, riqab, muallaf, sabilillah dan ibnu sabil. Terdapat juga bebeapa golongan yang tidak berhak menerima zakat yaitu 1. Orang kaya 2. Bani Hasyim (keluarga Rasulullah SAW.) 3. Hamba sahaya 4. Orang kafir 5. Orang yang nafkahinya ditanggung oleh muzakki (orang yang mengeluarkan zakat). Jadi jawaban dari pertanyaan tersebut terdapat pada penjelasan diatas. Semoga membantu, tetap semangat.


Aqila L

22 Januari 2022 04:29

a.Orang kaya. b.Hamba cahaya (budak) c.Bani Hasyim, yaitu Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan keluarganya. d.Bani Muthalib, yaitu kerabat Nabi SAW. e.Kafir.


Jumadi J

22 Januari 2022 11:08

A. Orang yang gk mampu bekerja lgi B.Orang tua/lansia cuma itu yang saya tau


ask to forum

Ingin kirim pertanyaan?

Yuk, tanyakan soalmu dan dapatkan jawaban dari teman-teman forum

Tanya Sekarang

Pertanyaan serupa

Bagaimana kamu meyakinkan sumber hukum islam itu benar sebagai petunjuk bagi umat islam kepada orang yang masih belum menaati aturan islam, sehingga masih banyak orang yang tidak mau beribadah seperti sholat, mengonsumsi khamar, tindakan korupsi, melakukan perzinaan dan lain sebagainya ? Jelaskan !

52

0.0

Jawaban terverifikasi