Nama S

16 Mei 2022 21:40

Iklan

Iklan

Nama S

16 Mei 2022 21:40

Pertanyaan

8. Perhatikan Q.S Ali Imran/3:159 di bawah ini! Pernyataan berikut ini yang termasuk sikap dan perilaku demokratis sesuai dengan kandungan ayat di atas adalah … a. menyampaikan pendapat dengan sikap kasar, memaafkan, memohonkan ampunan bagi saudara yang bersalah, senantiasa musyawarah, komitmen melaksanakan keputusan musyawarah disertai tawakal. b. menyampaikan pendapat dengan santun, menghormati keputusan, menghargai pendapat orang lain, membuat keputusan yang bermanfaaat buat ummat. c. menyampaikan pendapat dengan sikap lemah lembut, memaafkan, memohonkan ampunan bagi saudara yang bersalah, senantiasa musyawarah, komitmen melaksanakan keputusan musyawarah disertai tawakal. d. menyampaikan pendapat dengan santun, tidak menghormati keputusan, menghargai pendapat orang lain, membuat keputusan yang bermanfaaat buat ummat. e. Menyampaikan pendapat dengan santun, menghormati keputusan, menghargai pendapat orang lain, membuat keputusan yang madarat buat ummat.


24

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Chas

18 Mei 2022 15:59

Jawaban terverifikasi

Jawabanya C.Menyampaikan pendapat dengan sikap lemah lembut, memaafkan, memohonkan ampunan bagi saudara yang bersalah, senantiasa musyawarah, komitmen melaksanakan musyawarah disertai tawakal. QS. Ali 'Imran Ayat 159: فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal”. QS. Ali Imran menjelaskan ketika melakukan musyawarah kita diharapkan bersikap lemah lembut,tidak kasar,tidak berhati keras dalam menyampaikan pendapat. Sedangkan setelah keputusan diambil dalam bermusyawarah kita diharapkan memberi maaf dan memohonkan ampun bagi sesama orang yang musyawarah serta bertawakal atas kesepakatan yang ada. Jadi, jawabanya C. Menyampaikan pendapat dengan sikap lemah lembut, memaafkan, memohonkan ampunan bagi saudara yang bersalah,senantiasa musyawarah,komitmen melaksanakan keputusan musyawarah disertai tawakal.


Iklan

Iklan

Alvina J

10 April 2023 03:09

<p>Jelaskan pertanyaan berikut! Apa hubungan pesan Q.S. Ali Imran/3: 159 tentang musyawarah dengan sistem demokrasi yang dianut oleh Negara Indonesia?</p>

Jelaskan pertanyaan berikut! Apa hubungan pesan Q.S. Ali Imran/3: 159 tentang musyawarah dengan sistem demokrasi yang dianut oleh Negara Indonesia?

alt

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perang Uhud dimenangkan oleh kafir karena umat Islam ... A. bercerai-cerai B.berselisih C. berseteru D. bersekutu E. bergerombol

9

5.0

Jawaban terverifikasi