Ni P

14 Maret 2024 14:21

Iklan

Iklan

Ni P

14 Maret 2024 14:21

Pertanyaan

Sebutkan makna peristiwa rapat raksasa di lapangan Ikada!

Sebutkan makna peristiwa rapat raksasa di lapangan Ikada!


5

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

15 Maret 2024 02:29

Jawaban terverifikasi

<p>Peristiwa rapat raksasa di Lapangan Ikada mengacu pada peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 19 September 1945. Pada tanggal tersebut, di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Banteng) di Jakarta, Indonesia, diadakan rapat umum yang dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pemimpin pergerakan kemerdekaan Indonesia.</p><p>Rapat raksasa di Lapangan Ikada ini memiliki makna yang sangat penting dalam sejarah Indonesia karena:</p><p><strong>Pernyataan Kemerdekaan</strong>: Pada rapat ini, Sukarno, Presiden pertama Indonesia, dan Mohammad Hatta, Wakil Presiden, menyampaikan pidato penting yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia secara resmi kepada rakyat dan dunia internasional. Meskipun proklamasi kemerdekaan sebenarnya telah dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, rapat ini merupakan kesempatan bagi pemimpin Indonesia untuk secara terbuka menyatakan tekad mereka untuk mempertahankan kemerdekaan negara.</p><p><strong>Mobilisasi Massa</strong>: Rapat ini merupakan contoh nyata dari mobilisasi massa yang besar dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Kehadiran puluhan ribu orang di Lapangan Ikada menunjukkan kesatuan dan semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda.</p><p><strong>Pengakuan Kedaulatan</strong>: Melalui rapat ini, Indonesia menegaskan kedaulatannya sebagai sebuah negara merdeka di hadapan rakyatnya sendiri dan dunia internasional. Hal ini penting dalam membentuk legitimasi negara dan memperoleh dukungan dari masyarakat dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari upaya-upaya kolonialisme.</p><p><br>&nbsp;</p>

Peristiwa rapat raksasa di Lapangan Ikada mengacu pada peristiwa penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada tanggal 19 September 1945. Pada tanggal tersebut, di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Banteng) di Jakarta, Indonesia, diadakan rapat umum yang dihadiri oleh puluhan ribu orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pemimpin pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Rapat raksasa di Lapangan Ikada ini memiliki makna yang sangat penting dalam sejarah Indonesia karena:

Pernyataan Kemerdekaan: Pada rapat ini, Sukarno, Presiden pertama Indonesia, dan Mohammad Hatta, Wakil Presiden, menyampaikan pidato penting yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia secara resmi kepada rakyat dan dunia internasional. Meskipun proklamasi kemerdekaan sebenarnya telah dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, rapat ini merupakan kesempatan bagi pemimpin Indonesia untuk secara terbuka menyatakan tekad mereka untuk mempertahankan kemerdekaan negara.

Mobilisasi Massa: Rapat ini merupakan contoh nyata dari mobilisasi massa yang besar dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Kehadiran puluhan ribu orang di Lapangan Ikada menunjukkan kesatuan dan semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Pengakuan Kedaulatan: Melalui rapat ini, Indonesia menegaskan kedaulatannya sebagai sebuah negara merdeka di hadapan rakyatnya sendiri dan dunia internasional. Hal ini penting dalam membentuk legitimasi negara dan memperoleh dukungan dari masyarakat dalam upaya mempertahankan kemerdekaan dari upaya-upaya kolonialisme.


 


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

15 Maret 2024 16:04

Jawaban terverifikasi

<p>Makna rapat raksasa di Lapangan Ikada antara lain sebagai berikut :</p><p>&nbsp;</p><ul><li>Rapat tersebut berhasil mempertemukan pemerintah Republik Indonesia dengan rakyatnya.</li><li>Rapat tersebut merupakan perwujudan kewibawaan pemerintah Republik Indonesia terhadap rakyat.</li><li>Menanamkan kepercayaan diri bahwa rakyat Indonesia mampu mengubah nasib dengan kekuatan sendiri.</li><li>Rakyat mendukung pemerintah yang baru terbentuk. Buktinya, setiap instruksi pimpinan mereka laksanakan.</li></ul>

Makna rapat raksasa di Lapangan Ikada antara lain sebagai berikut :

 

  • Rapat tersebut berhasil mempertemukan pemerintah Republik Indonesia dengan rakyatnya.
  • Rapat tersebut merupakan perwujudan kewibawaan pemerintah Republik Indonesia terhadap rakyat.
  • Menanamkan kepercayaan diri bahwa rakyat Indonesia mampu mengubah nasib dengan kekuatan sendiri.
  • Rakyat mendukung pemerintah yang baru terbentuk. Buktinya, setiap instruksi pimpinan mereka laksanakan.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

apa yang dimaksud dengan kerajaan Kediri

3

0.0

Jawaban terverifikasi