Clara C

29 Februari 2024 12:47

Iklan

Iklan

Clara C

29 Februari 2024 12:47

Pertanyaan

Sebutkan makna imbuhan peng-an beserta contohnya

Sebutkan makna imbuhan peng-an beserta contohnya


1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Juniaa J

04 Maret 2024 14:59

Jawaban terverifikasi

Imbuhan pangan merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mengubah sifat fisik, tekstur, dan rasa suatu bahan pangan. Berikut adalah beberapa imbuhan pangan dengan makna dan contohnya: 1. Goreng: Makna: Memanggang bahan pangan dengan menggunakan minyak panas. Contoh: Ayam goreng, tahu goreng, tempe goreng. 2. Bakar: Makna: Memanggang bahan pangan dengan menggunakan api langsung. Contoh: Ayam bakar, telur bakar, sayur bakar. 3. Saut: Makna: Memasak bahan pangan dengan menggunakan minyak panas dan diaduk-aduk sehingga merata. Contoh: Sayur saut, daging saut, udang saut. 4. Rebus: Makna: Memasak bahan pangan dengan menggunakan air panas dan diaduk-aduk sehingga merata. Contoh: Sayur rebus, kentang rebus, bakso rebus. 5. Goreng Rebus: Makna: Memasak bahan pangan dengan menggunakan air panas, lalu menggorengnya dengan minyak panas. Contoh: Ayam goreng rebus, tahu goreng rebus, telur goreng rebus.


Iklan

Iklan

Mercon M

Community

29 April 2024 09:33

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban:</p><p>Imbuhan "peng-an" merupakan salah satu imbuhan yang digunakan dalam bahasa Indonesia untuk membentuk kata benda dari kata dasar. Imbuhan ini sering digunakan untuk menunjukkan proses, hasil, atau tempat melakukan suatu tindakan. Berikut adalah contoh-contoh penggunaan imbuhan "peng-an" beserta maknanya:</p><p>&nbsp;</p><p>1. Pengajaran (proses mengajar): Pengajaran merupakan proses memberikan pengetahuan atau pembelajaran kepada orang lain.<br>&nbsp; Contoh: Guru memberikan pengajaran kepada murid-muridnya setiap hari.</p><p>2. Pengarahan (proses memberikan arahan): Pengarahan adalah proses memberikan petunjuk atau arahan kepada seseorang atau kelompok.<br>&nbsp; Contoh: Manajer memberikan pengarahan kepada timnya untuk menyelesaikan proyek tepat waktu.</p><p>3. Pengukuran (proses mengukur): Pengukuran adalah proses mengukur suatu objek atau fenomena untuk mendapatkan nilai atau ukuran tertentu.<br>&nbsp; Contoh: Insinyur sedang melakukan pengukuran untuk menentukan dimensi sebuah bangunan.</p><p>4. Pengembangan (proses mengembangkan): Pengembangan adalah proses membuat sesuatu menjadi lebih baik atau lebih maju dari sebelumnya.<br>&nbsp; Contoh: Perusahaan investasi sedang melakukan pengembangan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang.</p><p>5. Pengiriman (proses mengirimkan): Pengiriman adalah proses mengirimkan barang atau informasi dari satu tempat ke tempat lain.<br>&nbsp; Contoh: Kurir sedang melakukan pengiriman paket kepada pelanggan yang telah memesan barang secara online.</p><p>&nbsp;</p><p>Imbuhan "peng-an" memberikan makna proses atau hasil dari tindakan yang dilakukan, dan sering digunakan dalam pembentukan kata benda dalam bahasa Indonesia.</p>

Jawaban:

Imbuhan "peng-an" merupakan salah satu imbuhan yang digunakan dalam bahasa Indonesia untuk membentuk kata benda dari kata dasar. Imbuhan ini sering digunakan untuk menunjukkan proses, hasil, atau tempat melakukan suatu tindakan. Berikut adalah contoh-contoh penggunaan imbuhan "peng-an" beserta maknanya:

 

1. Pengajaran (proses mengajar): Pengajaran merupakan proses memberikan pengetahuan atau pembelajaran kepada orang lain.
  Contoh: Guru memberikan pengajaran kepada murid-muridnya setiap hari.

2. Pengarahan (proses memberikan arahan): Pengarahan adalah proses memberikan petunjuk atau arahan kepada seseorang atau kelompok.
  Contoh: Manajer memberikan pengarahan kepada timnya untuk menyelesaikan proyek tepat waktu.

3. Pengukuran (proses mengukur): Pengukuran adalah proses mengukur suatu objek atau fenomena untuk mendapatkan nilai atau ukuran tertentu.
  Contoh: Insinyur sedang melakukan pengukuran untuk menentukan dimensi sebuah bangunan.

4. Pengembangan (proses mengembangkan): Pengembangan adalah proses membuat sesuatu menjadi lebih baik atau lebih maju dari sebelumnya.
  Contoh: Perusahaan investasi sedang melakukan pengembangan produk baru untuk memenuhi kebutuhan pasar yang berkembang.

5. Pengiriman (proses mengirimkan): Pengiriman adalah proses mengirimkan barang atau informasi dari satu tempat ke tempat lain.
  Contoh: Kurir sedang melakukan pengiriman paket kepada pelanggan yang telah memesan barang secara online.

 

Imbuhan "peng-an" memberikan makna proses atau hasil dari tindakan yang dilakukan, dan sering digunakan dalam pembentukan kata benda dalam bahasa Indonesia.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Buatkan strategi marketing tiket event, contohnya tiket dll ?

4

0.0

Jawaban terverifikasi