Anonim N

02 Desember 2023 06:24

Iklan

Iklan

Anonim N

02 Desember 2023 06:24

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan perbedaan latar belakang pemberontakan PKI tahun 48 dan 65!


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 April 2024 07:08

Jawaban terverifikasi

<p>Perbedaan latar belakang pemberontakan PKI pada tahun 1948 dan 1965 adalah sebagai berikut:</p><p>Latar Belakang Politik:</p><ul><li>Pemberontakan PKI tahun 1948 terjadi sebagai reaksi terhadap pemerintahan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno-Hatta yang dinilai tidak melaksanakan program revolusi sosial ekonomi. PKI menuntut perubahan politik dan ekonomi yang lebih radikal.</li><li>Pemberontakan PKI tahun 1965 terjadi sebagai upaya untuk merebut kekuasaan politik di Indonesia melalui Gerakan 30 September yang mengalami kegagalan, sehingga memicu reaksi anti-komu-nis yang masif dari pemerintah dan masyarakat.</li></ul><p>Latar Belakang Ekonomi:</p><ul><li>Pemberontakan PKI tahun 1948 dipicu oleh ketidakpuasan terhadap kondisi ekonomi yang belum merata dan terjadinya konflik agraria antara kaum tani dengan pemilik tanah.</li><li>Pemberontakan PKI tahun 1965 tidak terkait langsung dengan kondisi ekonomi, namun lebih terfokus pada perjuangan kekuasaan politik dan upaya untuk menggulingkan pemerintahan yang ada.</li></ul><p>Latar Belakang Internasional:</p><ul><li>Pada tahun 1948, pemberontakan PKI terjadi di tengah-tengah perang dingin antara blok Barat dan blok Timur, di mana PKI memiliki hubungan dengan Partai Komu-nis Uni Soviet dan Cina.</li><li>Pada tahun 1965, pemberontakan PKI terjadi di tengah-tengah ketegangan politik global yang semakin memanas, namun hubungan PKI dengan Uni Soviet dan Cina sudah tidak sekuat pada tahun 1948.</li></ul><p>Dampak dan Konsekuensi:</p><ul><li>Pemberontakan PKI tahun 1948 berakhir dengan kekalahan pemberontak dan diikuti oleh pembubaran PKI serta penangkapan para tokoh PKI. Namun, PKI tetap eksis meskipun dalam kondisi terbatas.</li><li>Pemberontakan PKI tahun 1965 berakhir dengan pembasmian yang masif terhadap anggota PKI dan simpatisannya, yang dikenal sebagai Gerakan 30 September. Hal ini menyebabkan terjadinya tragedi besar-besaran yang merenggut jutaan korban jiwa dan mengakibatkan kejatuhan PKI sebagai partai politik terbesar di Indonesia.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

Perbedaan latar belakang pemberontakan PKI pada tahun 1948 dan 1965 adalah sebagai berikut:

Latar Belakang Politik:

  • Pemberontakan PKI tahun 1948 terjadi sebagai reaksi terhadap pemerintahan Republik Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno-Hatta yang dinilai tidak melaksanakan program revolusi sosial ekonomi. PKI menuntut perubahan politik dan ekonomi yang lebih radikal.
  • Pemberontakan PKI tahun 1965 terjadi sebagai upaya untuk merebut kekuasaan politik di Indonesia melalui Gerakan 30 September yang mengalami kegagalan, sehingga memicu reaksi anti-komu-nis yang masif dari pemerintah dan masyarakat.

Latar Belakang Ekonomi:

  • Pemberontakan PKI tahun 1948 dipicu oleh ketidakpuasan terhadap kondisi ekonomi yang belum merata dan terjadinya konflik agraria antara kaum tani dengan pemilik tanah.
  • Pemberontakan PKI tahun 1965 tidak terkait langsung dengan kondisi ekonomi, namun lebih terfokus pada perjuangan kekuasaan politik dan upaya untuk menggulingkan pemerintahan yang ada.

Latar Belakang Internasional:

  • Pada tahun 1948, pemberontakan PKI terjadi di tengah-tengah perang dingin antara blok Barat dan blok Timur, di mana PKI memiliki hubungan dengan Partai Komu-nis Uni Soviet dan Cina.
  • Pada tahun 1965, pemberontakan PKI terjadi di tengah-tengah ketegangan politik global yang semakin memanas, namun hubungan PKI dengan Uni Soviet dan Cina sudah tidak sekuat pada tahun 1948.

Dampak dan Konsekuensi:

  • Pemberontakan PKI tahun 1948 berakhir dengan kekalahan pemberontak dan diikuti oleh pembubaran PKI serta penangkapan para tokoh PKI. Namun, PKI tetap eksis meskipun dalam kondisi terbatas.
  • Pemberontakan PKI tahun 1965 berakhir dengan pembasmian yang masif terhadap anggota PKI dan simpatisannya, yang dikenal sebagai Gerakan 30 September. Hal ini menyebabkan terjadinya tragedi besar-besaran yang merenggut jutaan korban jiwa dan mengakibatkan kejatuhan PKI sebagai partai politik terbesar di Indonesia.

 

 

 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah benar NIBKD dan MBKS dibentuk guna menghadapi kekuatan Belanda? Jelaskan!

371

5.0

Jawaban terverifikasi