Amos I

10 Juni 2024 18:52

Iklan

Iklan

Amos I

10 Juni 2024 18:52

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan 5 nilai nilai yang terdapat dalam demokratis

Sebutkan dan jelaskan 5 nilai nilai yang terdapat dalam demokratis


3

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 23:05

Jawaban terverifikasi

<p>Dalam sistem demokratis, terdapat beberapa nilai yang menjadi dasar dan panduan pelaksanaan pemerintahan serta kehidupan bermasyarakat. Berikut lima nilai utama dalam demokrasi beserta penjelasannya:</p><p><strong>Kebebasan (Liberty)</strong></p><ul><li>Kebebasan adalah salah satu nilai utama dalam demokrasi yang mencakup kebebasan berpendapat, kebebasan berkumpul, kebebasan beragama, dan kebebasan pers. Dalam demokrasi, individu memiliki hak untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat mereka tanpa takut akan represi atau penindasan dari pemerintah.</li></ul><p><strong>Kesetaraan (Equality)</strong></p><ul><li>Dalam demokrasi, setiap individu dianggap setara di hadapan hukum dan memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam proses politik. Tidak ada diskriminasi berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau status sosial. Kesetaraan memastikan bahwa setiap suara dalam pemilihan memiliki nilai yang sama.</li></ul><p><strong>Partisipasi (Participation)</strong></p><ul><li>Partisipasi aktif warga negara dalam proses politik adalah esensi dari demokrasi. Ini mencakup hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum, serta berpartisipasi dalam diskusi dan keputusan publik. Partisipasi memungkinkan warga negara untuk memiliki pengaruh nyata terhadap kebijakan dan arah pemerintahan.</li></ul><p><strong>Akuntabilitas (Accountability)</strong></p><ul><li>Pemerintah dalam sistem demokrasi bertanggung jawab kepada rakyatnya. Akuntabilitas berarti para pejabat publik harus dapat dipertanggungjawabkan atas tindakan mereka dan dapat dikenai sanksi jika melakukan pelanggaran. Proses pemilihan secara berkala dan adanya mekanisme pengawasan publik adalah cara untuk memastikan akuntabilitas.</li></ul><p><strong>Kedaulatan Hukum (Rule of Law)</strong></p><ul><li>Kedaulatan hukum adalah prinsip bahwa semua orang, termasuk pemimpin dan pemerintah, harus tunduk pada hukum yang berlaku. Hukum harus ditegakkan secara adil dan konsisten, tanpa pandang bulu. Ini memastikan bahwa kekuasaan tidak disalahgunakan dan hak-hak individu dilindungi.</li></ul>

Dalam sistem demokratis, terdapat beberapa nilai yang menjadi dasar dan panduan pelaksanaan pemerintahan serta kehidupan bermasyarakat. Berikut lima nilai utama dalam demokrasi beserta penjelasannya:

Kebebasan (Liberty)

  • Kebebasan adalah salah satu nilai utama dalam demokrasi yang mencakup kebebasan berpendapat, kebebasan berkumpul, kebebasan beragama, dan kebebasan pers. Dalam demokrasi, individu memiliki hak untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat mereka tanpa takut akan represi atau penindasan dari pemerintah.

Kesetaraan (Equality)

  • Dalam demokrasi, setiap individu dianggap setara di hadapan hukum dan memiliki hak yang sama untuk berpartisipasi dalam proses politik. Tidak ada diskriminasi berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau status sosial. Kesetaraan memastikan bahwa setiap suara dalam pemilihan memiliki nilai yang sama.

Partisipasi (Participation)

  • Partisipasi aktif warga negara dalam proses politik adalah esensi dari demokrasi. Ini mencakup hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan umum, serta berpartisipasi dalam diskusi dan keputusan publik. Partisipasi memungkinkan warga negara untuk memiliki pengaruh nyata terhadap kebijakan dan arah pemerintahan.

Akuntabilitas (Accountability)

  • Pemerintah dalam sistem demokrasi bertanggung jawab kepada rakyatnya. Akuntabilitas berarti para pejabat publik harus dapat dipertanggungjawabkan atas tindakan mereka dan dapat dikenai sanksi jika melakukan pelanggaran. Proses pemilihan secara berkala dan adanya mekanisme pengawasan publik adalah cara untuk memastikan akuntabilitas.

Kedaulatan Hukum (Rule of Law)

  • Kedaulatan hukum adalah prinsip bahwa semua orang, termasuk pemimpin dan pemerintah, harus tunduk pada hukum yang berlaku. Hukum harus ditegakkan secara adil dan konsisten, tanpa pandang bulu. Ini memastikan bahwa kekuasaan tidak disalahgunakan dan hak-hak individu dilindungi.

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

tentukan hasil dari bilangan berangkat berikut dan jelaskan cara nya: a. (-3)⁶ = b. (-5)⁵ = c. 2³ y⁴ = d. (⅖)³=

8

5.0

Jawaban terverifikasi