Naila S

31 Maret 2024 03:30

Iklan

Iklan

Naila S

31 Maret 2024 03:30

Pertanyaan

sebutkan ciri-ciri dari teks drama

sebutkan ciri-ciri dari teks drama


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

31 Maret 2024 04:32

Jawaban terverifikasi

<p>Teks drama memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari jenis teks lain. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum teks drama:</p><p><strong>Dialog</strong>: Teks drama terdiri dari dialog antara karakter-karakternya. Dialog ini memperlihatkan percakapan antara tokoh-tokoh dalam cerita dan merupakan elemen utama dalam drama.</p><p><strong>Adegan dan aksi</strong>: Teks drama sering kali dibagi menjadi adegan-adegan yang mewakili berbagai bagian cerita atau peristiwa yang berbeda. Setiap adegan dapat memiliki beberapa aksi, yang merupakan tindakan fisik atau verbal yang dilakukan oleh karakter.</p><p><strong>Keterangan panggung</strong>: Teks drama juga dapat mencakup keterangan panggung yang memberikan petunjuk kepada para aktor tentang bagaimana menghadirkan cerita tersebut secara visual. Keterangan ini bisa berupa deskripsi setting, penjelasan tentang suasana, atau petunjuk tentang ekspresi dan gerakan karakter.</p><p><strong>Karakter</strong>: Teks drama menampilkan karakter-karakter yang terlibat dalam cerita. Setiap karakter biasanya memiliki kepribadian, tujuan, dan konflik yang berbeda, yang mempengaruhi perkembangan plot.</p><p><strong>Setting</strong>: Drama biasanya memiliki setting atau latar tempat dan waktu di mana cerita berlangsung. Setting ini bisa berupa ruang fisik seperti sebuah kamar atau luar ruangan, serta waktu seperti siang atau malam.</p><p><strong>Konflik</strong>: Drama sering kali memuat konflik antara karakter-karakternya, yang merupakan dasar dari plot cerita. Konflik bisa berupa konflik internal di dalam diri karakter atau konflik eksternal antara karakter-karakter.</p><p><strong>Resolusi</strong>: Drama umumnya memiliki titik balik atau penyelesaian dari konflik yang terjadi, yang dikenal sebagai resolusi. Resolusi ini bisa mengakhiri konflik secara memuaskan atau memberikan pemahaman baru kepada para karakter.</p><p><strong>Tema</strong>: Drama juga mengangkat tema-tema tertentu yang menggambarkan pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh penulis kepada penontonnya. Tema-tema ini sering kali terkait dengan konflik dan perkembangan karakter dalam cerita.</p><p><br>&nbsp;</p>

Teks drama memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dari jenis teks lain. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum teks drama:

Dialog: Teks drama terdiri dari dialog antara karakter-karakternya. Dialog ini memperlihatkan percakapan antara tokoh-tokoh dalam cerita dan merupakan elemen utama dalam drama.

Adegan dan aksi: Teks drama sering kali dibagi menjadi adegan-adegan yang mewakili berbagai bagian cerita atau peristiwa yang berbeda. Setiap adegan dapat memiliki beberapa aksi, yang merupakan tindakan fisik atau verbal yang dilakukan oleh karakter.

Keterangan panggung: Teks drama juga dapat mencakup keterangan panggung yang memberikan petunjuk kepada para aktor tentang bagaimana menghadirkan cerita tersebut secara visual. Keterangan ini bisa berupa deskripsi setting, penjelasan tentang suasana, atau petunjuk tentang ekspresi dan gerakan karakter.

Karakter: Teks drama menampilkan karakter-karakter yang terlibat dalam cerita. Setiap karakter biasanya memiliki kepribadian, tujuan, dan konflik yang berbeda, yang mempengaruhi perkembangan plot.

Setting: Drama biasanya memiliki setting atau latar tempat dan waktu di mana cerita berlangsung. Setting ini bisa berupa ruang fisik seperti sebuah kamar atau luar ruangan, serta waktu seperti siang atau malam.

Konflik: Drama sering kali memuat konflik antara karakter-karakternya, yang merupakan dasar dari plot cerita. Konflik bisa berupa konflik internal di dalam diri karakter atau konflik eksternal antara karakter-karakter.

Resolusi: Drama umumnya memiliki titik balik atau penyelesaian dari konflik yang terjadi, yang dikenal sebagai resolusi. Resolusi ini bisa mengakhiri konflik secara memuaskan atau memberikan pemahaman baru kepada para karakter.

Tema: Drama juga mengangkat tema-tema tertentu yang menggambarkan pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh penulis kepada penontonnya. Tema-tema ini sering kali terkait dengan konflik dan perkembangan karakter dalam cerita.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

31 Maret 2024 09:37

Jawaban terverifikasi

<p>Teks drama memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari jenis teks lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari teks drama:</p><p><strong>Dialog</strong>: Drama terutama terdiri dari dialog antara karakter-karakternya. Dialog ini mencerminkan interaksi antara karakter dalam cerita.</p><p><strong>Adegan dan setting</strong>: Drama seringkali dibagi menjadi adegan, yang merupakan bagian-bagian tertentu dari cerita yang berlangsung di lokasi atau setting tertentu. Setting bisa berupa tempat, waktu, dan suasana yang khusus.</p><p><strong>Aksi dan gerak</strong>: Drama tidak hanya tentang kata-kata, tetapi juga tentang gerakan dan tindakan karakter. Instruksi mengenai gerakan atau aksi karakter kadang-kadang disertakan dalam teks drama.</p><p><strong>Panggung dan karakter</strong>: Drama ditulis dengan tujuan untuk dipentaskan di atas panggung. Oleh karena itu, teks drama biasanya mencakup instruksi-instruksi panggung yang membantu pengaturan adegan dan gerakan karakter.</p><p><strong>Minimal deskripsi</strong>: Teks drama umumnya memiliki deskripsi yang minimal tentang setting dan karakter. Deskripsi ini seringkali hanya diberikan secara singkat di awal adegan atau dalam catatan panggung.</p><p><strong>Pendalaman karakter melalui dialog dan aksi</strong>: Karakter dalam drama seringkali dibentuk dan dipahami melalui dialog dan aksi mereka, bukan melalui deskripsi yang detail.</p><p><strong>Konflik dan plot</strong>: Drama umumnya memiliki konflik yang memimpin plot cerita. Konflik ini seringkali berkembang melalui interaksi antara karakter-karakter dalam drama.</p><p><strong>Tidak adanya narasi</strong>: Drama jarang menggunakan narasi panjang atau deskripsi yang mendalam seperti yang ditemukan dalam prosa fiksi. Cerita drama terungkap melalui dialog dan tindakan karakter.</p><p><br>&nbsp;</p>

Teks drama memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari jenis teks lainnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum dari teks drama:

Dialog: Drama terutama terdiri dari dialog antara karakter-karakternya. Dialog ini mencerminkan interaksi antara karakter dalam cerita.

Adegan dan setting: Drama seringkali dibagi menjadi adegan, yang merupakan bagian-bagian tertentu dari cerita yang berlangsung di lokasi atau setting tertentu. Setting bisa berupa tempat, waktu, dan suasana yang khusus.

Aksi dan gerak: Drama tidak hanya tentang kata-kata, tetapi juga tentang gerakan dan tindakan karakter. Instruksi mengenai gerakan atau aksi karakter kadang-kadang disertakan dalam teks drama.

Panggung dan karakter: Drama ditulis dengan tujuan untuk dipentaskan di atas panggung. Oleh karena itu, teks drama biasanya mencakup instruksi-instruksi panggung yang membantu pengaturan adegan dan gerakan karakter.

Minimal deskripsi: Teks drama umumnya memiliki deskripsi yang minimal tentang setting dan karakter. Deskripsi ini seringkali hanya diberikan secara singkat di awal adegan atau dalam catatan panggung.

Pendalaman karakter melalui dialog dan aksi: Karakter dalam drama seringkali dibentuk dan dipahami melalui dialog dan aksi mereka, bukan melalui deskripsi yang detail.

Konflik dan plot: Drama umumnya memiliki konflik yang memimpin plot cerita. Konflik ini seringkali berkembang melalui interaksi antara karakter-karakter dalam drama.

Tidak adanya narasi: Drama jarang menggunakan narasi panjang atau deskripsi yang mendalam seperti yang ditemukan dalam prosa fiksi. Cerita drama terungkap melalui dialog dan tindakan karakter.


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Tolong jelaskan jawabannya

0

0.0

Jawaban terverifikasi