Gloria A

14 Maret 2024 04:03

Iklan

Iklan

Gloria A

14 Maret 2024 04:03

Pertanyaan

sebutkan beberapa jenis orkes keroncong beserta contoh lagu yang terkenal !

sebutkan beberapa jenis orkes keroncong beserta contoh lagu yang terkenal !


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

15 Maret 2024 02:35

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa jenis orkes keroncong beserta contoh lagu yang terkenal:</p><p>Orkes Keroncong Tradisional:</p><ul><li>Contoh lagu: "Bengawan Solo" - Gesang Martohartono</li><li>Orkes keroncong tradisional biasanya terdiri dari alat musik seperti kecapi, biola, cello, ukulele, gitar, dan vokal. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong klasik yang sering kali memiliki tema romantis dan nostalgik.</li></ul><p>Orkes Keroncong Modern:</p><ul><li>Contoh lagu: "Keroncong Protol" - Sundari Soekotjo</li><li>Orkes keroncong modern sering kali memadukan alat musik tradisional dengan instrumen modern seperti keyboard, drum, dan bass. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong dengan aransemen yang lebih segar dan bersemangat.</li></ul><p>Orkes Keroncong Jazz:</p><ul><li>Contoh lagu: "Krakatau Keroncong" - Krakatau</li><li>Orkes keroncong jazz menggabungkan elemen keroncong tradisional dengan improvisasi jazz. Mereka membawakan lagu-lagu keroncong dengan nuansa yang lebih modern dan eksperimental, sering kali dengan penggunaan harmoni yang lebih kompleks dan improvisasi instrumen yang kreatif.</li></ul><p>Orkes Keroncong Reggae:</p><ul><li>Contoh lagu: "Keroncong Kemayoran" - Tony Q Rastafara</li><li>Orkes keroncong reggae menggabungkan gaya keroncong dengan irama reggae. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong dengan beat reggae yang khas, sering kali dengan lirik yang menyampaikan pesan sosial atau politik.</li></ul><p><br>&nbsp;</p>

Berikut adalah beberapa jenis orkes keroncong beserta contoh lagu yang terkenal:

Orkes Keroncong Tradisional:

  • Contoh lagu: "Bengawan Solo" - Gesang Martohartono
  • Orkes keroncong tradisional biasanya terdiri dari alat musik seperti kecapi, biola, cello, ukulele, gitar, dan vokal. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong klasik yang sering kali memiliki tema romantis dan nostalgik.

Orkes Keroncong Modern:

  • Contoh lagu: "Keroncong Protol" - Sundari Soekotjo
  • Orkes keroncong modern sering kali memadukan alat musik tradisional dengan instrumen modern seperti keyboard, drum, dan bass. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong dengan aransemen yang lebih segar dan bersemangat.

Orkes Keroncong Jazz:

  • Contoh lagu: "Krakatau Keroncong" - Krakatau
  • Orkes keroncong jazz menggabungkan elemen keroncong tradisional dengan improvisasi jazz. Mereka membawakan lagu-lagu keroncong dengan nuansa yang lebih modern dan eksperimental, sering kali dengan penggunaan harmoni yang lebih kompleks dan improvisasi instrumen yang kreatif.

Orkes Keroncong Reggae:

  • Contoh lagu: "Keroncong Kemayoran" - Tony Q Rastafara
  • Orkes keroncong reggae menggabungkan gaya keroncong dengan irama reggae. Mereka memainkan lagu-lagu keroncong dengan beat reggae yang khas, sering kali dengan lirik yang menyampaikan pesan sosial atau politik.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 13:00

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah beberapa jenis orkes keroncong beserta contoh lagu yang terkenal:</p><p>Orkes Keroncong Tradisional: Orkes keroncong tradisional biasanya terdiri dari alat musik seperti biola, cello, klarinet, flute, dan gitar. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong tradisional adalah "Bengawan Solo" yang diciptakan oleh Gesang Martohartono.</p><p>Orkes Keroncong Modern: Orkes keroncong modern seringkali mencampurkan elemen-elemen musik lain, seperti jazz, pop, atau rock, dalam aransemen musik keroncong. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong modern adalah "Walang Kekek" yang dinyanyikan dalam versi keroncong oleh Sundari Soekotjo.</p><p>Orkes Keroncong Betawi: Orkes keroncong Betawi merupakan varian keroncong yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Biasanya, orkes keroncong Betawi menggunakan alat musik tradisional seperti gambang kromong, suling, dan rebab. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong Betawi adalah "Ondel-Ondel" yang sering dibawakan dalam aransemen keroncong.</p><p>Orkes Keroncong Jawa: Orkes keroncong Jawa memiliki ciri khas yang kental dengan budaya Jawa, baik dari segi alat musik maupun gaya bernyanyinya. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong Jawa adalah "Jembatan Merah" yang sering dibawakan dalam versi keroncong.</p>

Berikut adalah beberapa jenis orkes keroncong beserta contoh lagu yang terkenal:

Orkes Keroncong Tradisional: Orkes keroncong tradisional biasanya terdiri dari alat musik seperti biola, cello, klarinet, flute, dan gitar. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong tradisional adalah "Bengawan Solo" yang diciptakan oleh Gesang Martohartono.

Orkes Keroncong Modern: Orkes keroncong modern seringkali mencampurkan elemen-elemen musik lain, seperti jazz, pop, atau rock, dalam aransemen musik keroncong. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong modern adalah "Walang Kekek" yang dinyanyikan dalam versi keroncong oleh Sundari Soekotjo.

Orkes Keroncong Betawi: Orkes keroncong Betawi merupakan varian keroncong yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Biasanya, orkes keroncong Betawi menggunakan alat musik tradisional seperti gambang kromong, suling, dan rebab. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong Betawi adalah "Ondel-Ondel" yang sering dibawakan dalam aransemen keroncong.

Orkes Keroncong Jawa: Orkes keroncong Jawa memiliki ciri khas yang kental dengan budaya Jawa, baik dari segi alat musik maupun gaya bernyanyinya. Contoh lagu terkenal dari orkes keroncong Jawa adalah "Jembatan Merah" yang sering dibawakan dalam versi keroncong.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Sebutkan nama tarian yang berasal daerah Sumatra Barat

0

5.0

Jawaban terverifikasi