Nazwa D

07 Maret 2024 02:50

Iklan

Iklan

Nazwa D

07 Maret 2024 02:50

Pertanyaan

sebutkan beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi nasionalisme warga

sebutkan beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi nasionalisme warga


10

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 Maret 2024 21:39

Jawaban terverifikasi

<p>Faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi nasionalisme warga suatu negara meliputi:</p><p><strong>Pengaruh Media:</strong></p><ul><li>Berita, informasi, dan narasi yang disampaikan oleh media massa baik lokal maupun internasional dapat membentuk persepsi warga terhadap negara mereka dan menciptakan atau memperkuat rasa nasionalisme.</li></ul><p><strong>Hubungan Diplomatik:</strong></p><ul><li>Kerjasama atau konflik antara negara-negara dapat memengaruhi pandangan warga terhadap negara mereka sendiri. Kerjasama yang baik dapat meningkatkan rasa bangga dan nasionalisme, sementara konflik dapat memicu pertanyaan identitas nasional.</li></ul><p><strong>Kerjasama Internasional:</strong></p><ul><li>Partisipasi dan peran suatu negara dalam organisasi internasional, perjanjian perdagangan, atau kerjasama lintas negara dapat memengaruhi persepsi dan identitas nasional.</li></ul><p><strong>Pengaruh Budaya Asing:</strong></p><ul><li>Globalisasi membawa masuk budaya asing melalui film, musik, dan gaya hidup. Hal ini dapat mempengaruhi nilai-nilai dan identitas nasional warga.</li></ul><p><strong>Krisis Kemanusiaan:</strong></p><ul><li>Keterlibatan suatu negara dalam membantu dalam krisis kemanusiaan atau bencana alam di luar negeri dapat membangkitkan rasa solidaritas dan kebanggaan nasional.</li></ul><p><strong>Pengaruh Ideologi Eksternal:</strong></p><ul><li>Ideologi atau paham politik dari negara lain dapat memengaruhi pandangan dan keyakinan warga terhadap nilai-nilai nasionalisme.</li></ul><p><strong>Perubahan Persepsi Terhadap Keamanan:</strong></p><ul><li>Keamanan global atau kejadian penting di luar negeri dapat memengaruhi persepsi terhadap ancaman dan kebutuhan untuk mempertahankan negara, memperkuat rasa nasionalisme.</li></ul><p><strong>Globalisasi Ekonomi:</strong></p><ul><li>Keterlibatan ekonomi suatu negara dalam pasar global dapat memengaruhi cara warga melihat dan merespons isu ekonomi secara nasional.</li></ul>

Faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi nasionalisme warga suatu negara meliputi:

Pengaruh Media:

  • Berita, informasi, dan narasi yang disampaikan oleh media massa baik lokal maupun internasional dapat membentuk persepsi warga terhadap negara mereka dan menciptakan atau memperkuat rasa nasionalisme.

Hubungan Diplomatik:

  • Kerjasama atau konflik antara negara-negara dapat memengaruhi pandangan warga terhadap negara mereka sendiri. Kerjasama yang baik dapat meningkatkan rasa bangga dan nasionalisme, sementara konflik dapat memicu pertanyaan identitas nasional.

Kerjasama Internasional:

  • Partisipasi dan peran suatu negara dalam organisasi internasional, perjanjian perdagangan, atau kerjasama lintas negara dapat memengaruhi persepsi dan identitas nasional.

Pengaruh Budaya Asing:

  • Globalisasi membawa masuk budaya asing melalui film, musik, dan gaya hidup. Hal ini dapat mempengaruhi nilai-nilai dan identitas nasional warga.

Krisis Kemanusiaan:

  • Keterlibatan suatu negara dalam membantu dalam krisis kemanusiaan atau bencana alam di luar negeri dapat membangkitkan rasa solidaritas dan kebanggaan nasional.

Pengaruh Ideologi Eksternal:

  • Ideologi atau paham politik dari negara lain dapat memengaruhi pandangan dan keyakinan warga terhadap nilai-nilai nasionalisme.

Perubahan Persepsi Terhadap Keamanan:

  • Keamanan global atau kejadian penting di luar negeri dapat memengaruhi persepsi terhadap ancaman dan kebutuhan untuk mempertahankan negara, memperkuat rasa nasionalisme.

Globalisasi Ekonomi:

  • Keterlibatan ekonomi suatu negara dalam pasar global dapat memengaruhi cara warga melihat dan merespons isu ekonomi secara nasional.

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

11 Maret 2024 06:38

Jawaban terverifikasi

<p><br>Faktor eksternal yang mempengaruhi nasionalisme warga suatu negara dapat bervariasi dan mencakup berbagai aspek. Beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi nasionalisme warga antara lain:</p><p><strong>Pengaruh Media Massa:</strong> Berita, program televisi, film, dan media sosial dapat memengaruhi persepsi warga terhadap identitas nasional dan memberikan pengaruh terhadap tingkat nasionalisme.</p><p><strong>Hubungan Internasional:</strong> Diplomasi, kerjasama, atau konflik antarnegara dapat memicu atau mengurangi nasionalisme warga. Hubungan baik dengan negara lain atau keberhasilan dalam arena internasional dapat memperkuat rasa nasionalisme.</p><p><strong>Globalisasi:</strong> Interkoneksi global dapat memperkenalkan budaya, nilai, dan ideologi asing yang dapat mempengaruhi identitas nasional dan merangsang atau menekan nasionalisme.</p><p><strong>Pengaruh Ekonomi Global:</strong> Kondisi ekonomi global, perdagangan internasional, dan hubungan ekonomi antarnegara dapat mempengaruhi ekonomi domestik dan, pada gilirannya, memengaruhi nasionalisme warga.</p><ol><li><br>&nbsp;</li></ol>


Faktor eksternal yang mempengaruhi nasionalisme warga suatu negara dapat bervariasi dan mencakup berbagai aspek. Beberapa faktor eksternal yang dapat mempengaruhi nasionalisme warga antara lain:

Pengaruh Media Massa: Berita, program televisi, film, dan media sosial dapat memengaruhi persepsi warga terhadap identitas nasional dan memberikan pengaruh terhadap tingkat nasionalisme.

Hubungan Internasional: Diplomasi, kerjasama, atau konflik antarnegara dapat memicu atau mengurangi nasionalisme warga. Hubungan baik dengan negara lain atau keberhasilan dalam arena internasional dapat memperkuat rasa nasionalisme.

Globalisasi: Interkoneksi global dapat memperkenalkan budaya, nilai, dan ideologi asing yang dapat mempengaruhi identitas nasional dan merangsang atau menekan nasionalisme.

Pengaruh Ekonomi Global: Kondisi ekonomi global, perdagangan internasional, dan hubungan ekonomi antarnegara dapat mempengaruhi ekonomi domestik dan, pada gilirannya, memengaruhi nasionalisme warga.


  1.  

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apa sajakah bukti-bukti yang menujukan keberadaan jalur rempah di Indonesia pada masa kerajiaan Islam serta peran tiap kerajaan dalam simpul jalur rempah.

0

0.0

Jawaban terverifikasi