Rahmah P

04 Mei 2024 13:44

Iklan

Iklan

Rahmah P

04 Mei 2024 13:44

Pertanyaan

Sebutkan 5 arti penting peristiwa lapangan ikada


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

05 Mei 2024 00:30

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Peristiwa Lapangan Ikada adalah peristiwa yang terjadi pada tanggal 19 September 1945 di Lapangan Ikada (sekarang Lapangan Monas) di Jakarta. Peristiwa ini memiliki beberapa arti penting yang dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Deklarasi Kemerdekaan: Peristiwa Lapangan Ikada menjadi momen penting dalam sejarah Indonesia karena di situlah Presiden Soekarno secara resmi menyampaikan deklarasi kemerdekaan Indonesia. Pidato Soekarno yang terkenal dengan "Proklamasi" ini menandai dimulainya perjuangan bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan dari penjajahan Belanda. 2. Simbol Persatuan: Peristiwa Lapangan Ikada juga menjadi simbol persatuan bangsa Indonesia. Pada saat itu, ribuan orang dari berbagai latar belakang etnis, agama, dan suku berkumpul di Lapangan Ikada untuk mendengarkan pidato Soekarno. Hal ini menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan dalam perjuangan kemerdekaan. 3. Inspirasi Perjuangan: Peristiwa Lapangan Ikada menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk terus berjuang dalam mempertahankan kemerdekaan dan membangun negara. Pidato Soekarno yang penuh semangat dan patriotisme menginspirasi banyak orang untuk berani menghadapi tantangan dan mengorbankan diri demi kepentingan bangsa. 4. Pengakuan Internasional: Peristiwa Lapangan Ikada juga memiliki arti penting dalam pengakuan internasional terhadap kemerdekaan Indonesia. Pidato Soekarno di Lapangan Ikada menjadi bukti nyata bahwa Indonesia telah merdeka dan berdaulat. Hal ini membantu mendapatkan pengakuan dari negara-negara lain di dunia terhadap kemerdekaan Indonesia. 5. Hari Kemerdekaan: Peristiwa Lapangan Ikada juga menjadi dasar penetapan tanggal 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Meskipun deklarasi kemerdekaan sebenarnya dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945, peristiwa Lapangan Ikada menjadi momen penting yang dijadikan acuan untuk merayakan hari kemerdekaan setiap tahunnya. Jawaban: Jadi, arti penting dari peristiwa Lapangan Ikada adalah sebagai berikut: 1. Deklarasi Kemerdekaan 2. Simbol Persatuan 3. Inspirasi Perjuangan 4. Pengakuan Internasional 5. Hari Kemerdekaan


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

05 Mei 2024 00:58

Jawaban terverifikasi

<p><br>Peristiwa Lapangan Ikada, yang terjadi pada 19 September 1945, memiliki beberapa arti penting dalam sejarah Indonesia. Berikut adalah lima arti penting dari peristiwa tersebut:</p><p><strong>Deklarasi Kemerdekaan</strong>: Peristiwa Lapangan Ikada menjadi momentum penting dalam sejarah Indonesia karena di sinilah Soekarno dan Mohammad Hatta secara resmi menyatakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda, hanya dua hari setelah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Hal ini menjadikan Lapangan Ikada sebagai tempat penting dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.</p><p><strong>Simbol Persatuan Bangsa</strong>: Peristiwa Lapangan Ikada menjadi simbol persatuan bangsa Indonesia, di mana ribuan orang dari berbagai suku, agama, dan latar belakang etnis berkumpul untuk merayakan kemerdekaan Indonesia secara bersama-sama. Hal ini menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan dalam meraih kemerdekaan dan membangun bangsa.</p><p><strong>Perlawanan Terhadap Kolonialisme</strong>: Peristiwa ini juga merupakan ekspresi nyata dari perlawanan terhadap kolonialisme, di mana rakyat Indonesia menegaskan hak mereka untuk merdeka dan menentang upaya kolonial Belanda untuk menguasai kembali Indonesia setelah Jepang menyerah pada Perang Dunia II.</p><p><strong>Perjuangan Politik dan Diplomatik</strong>: Melalui peristiwa ini, Soekarno dan Hatta menggunakan panggung internasional untuk menegaskan kedaulatan Indonesia dan memperkuat legitimasi perjuangan kemerdekaan di hadapan dunia internasional. Hal ini memperkuat posisi Indonesia dalam perjuangan politik dan diplomatik untuk diperolehnya pengakuan internasional atas kemerdekaan negara ini.</p><p><strong>Pentingnya Peringatan Sejarah</strong>: Peristiwa Lapangan Ikada juga menunjukkan pentingnya memperingati dan mengenang peristiwa sejarah bagi pembentukan identitas nasional dan membangun kesadaran sejarah di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan memahami dan menghargai peristiwa-peristiwa bersejarah seperti ini, generasi muda dapat menghargai perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu mereka dalam meraih kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan negara.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Peristiwa Lapangan Ikada, yang terjadi pada 19 September 1945, memiliki beberapa arti penting dalam sejarah Indonesia. Berikut adalah lima arti penting dari peristiwa tersebut:

Deklarasi Kemerdekaan: Peristiwa Lapangan Ikada menjadi momentum penting dalam sejarah Indonesia karena di sinilah Soekarno dan Mohammad Hatta secara resmi menyatakan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda, hanya dua hari setelah Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Hal ini menjadikan Lapangan Ikada sebagai tempat penting dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya.

Simbol Persatuan Bangsa: Peristiwa Lapangan Ikada menjadi simbol persatuan bangsa Indonesia, di mana ribuan orang dari berbagai suku, agama, dan latar belakang etnis berkumpul untuk merayakan kemerdekaan Indonesia secara bersama-sama. Hal ini menggambarkan semangat persatuan dan kesatuan dalam meraih kemerdekaan dan membangun bangsa.

Perlawanan Terhadap Kolonialisme: Peristiwa ini juga merupakan ekspresi nyata dari perlawanan terhadap kolonialisme, di mana rakyat Indonesia menegaskan hak mereka untuk merdeka dan menentang upaya kolonial Belanda untuk menguasai kembali Indonesia setelah Jepang menyerah pada Perang Dunia II.

Perjuangan Politik dan Diplomatik: Melalui peristiwa ini, Soekarno dan Hatta menggunakan panggung internasional untuk menegaskan kedaulatan Indonesia dan memperkuat legitimasi perjuangan kemerdekaan di hadapan dunia internasional. Hal ini memperkuat posisi Indonesia dalam perjuangan politik dan diplomatik untuk diperolehnya pengakuan internasional atas kemerdekaan negara ini.

Pentingnya Peringatan Sejarah: Peristiwa Lapangan Ikada juga menunjukkan pentingnya memperingati dan mengenang peristiwa sejarah bagi pembentukan identitas nasional dan membangun kesadaran sejarah di kalangan masyarakat Indonesia. Dengan memahami dan menghargai peristiwa-peristiwa bersejarah seperti ini, generasi muda dapat menghargai perjuangan yang dilakukan oleh para pendahulu mereka dalam meraih kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan negara.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Hai semua ,mohon tolong dijawab segera ya Pertanyaan: Sebutkan pekerjaan masyarakat di pesisir utara pulau Jawa

2

5.0

Jawaban terverifikasi