MOCHAMAD R

08 Maret 2024 00:19

Iklan

Iklan

MOCHAMAD R

08 Maret 2024 00:19

Pertanyaan

Sebutkan 1 Buddha yang kamu ketahui dan berikan penjelasan mengenai kerajaan tersebut!


4

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

09 Maret 2024 00:42

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu kerajaan Buddha yang terkenal adalah Kerajaan Gupta di India. Kerajaan Gupta mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-4 dan ke-6 Masehi dan dikenal sebagai zaman keemasan kebudayaan India. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Kerajaan Gupta:</p><p><strong>Kerajaan Gupta:</strong></p><ul><li><strong>Waktu Kekuasaan:</strong> Abad ke-4 hingga abad ke-6 Masehi.</li><li><strong>Pusat Kekuasaan:</strong> Pusat kekuasaan utama berada di wilayah utara India, dengan Pataliputra sebagai ibu kota yang penting.</li><li><strong>Kepemimpinan Terkenal:</strong> Kekaisaran Gupta dianggap sebagai puncak kejayaan di bawah pemerintahan Chandragupta II, yang juga dikenal dengan sebutan Chandragupta Vikramaditya.</li><li><strong>Pengaruh Agama Buddha:</strong> Meskipun agama Hindu mendominasi pada masa itu, kerajaan Gupta memberikan dukungan dan perlindungan kepada agama Buddha. Para penguasa Gupta menunjukkan toleransi terhadap berbagai agama dan filsafat.</li><li><strong>Pembangunan Kebudayaan:</strong> Zaman Gupta dianggap sebagai masa keemasan dalam bidang seni, sastra, dan ilmu pengetahuan di India. Karya-karya sastra, arsitektur, matematika, dan astronomi berkembang pesat selama periode ini.</li><li><strong>Sistem Pemerintahan:</strong> Kerajaan Gupta memiliki sistem pemerintahan sentral yang kuat, dengan birokrasi yang terorganisir dengan baik dan administrasi yang efisien.</li><li><strong>Kejatuhan:</strong> Meskipun mencapai kejayaan besar, Kerajaan Gupta mengalami kemunduran pada akhir abad ke-6 Masehi, akibat serangan bangsa Hun serta faktor-faktor internal seperti konflik internal dan pelemahan perekonomian.</li></ul>

Salah satu kerajaan Buddha yang terkenal adalah Kerajaan Gupta di India. Kerajaan Gupta mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-4 dan ke-6 Masehi dan dikenal sebagai zaman keemasan kebudayaan India. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai Kerajaan Gupta:

Kerajaan Gupta:

  • Waktu Kekuasaan: Abad ke-4 hingga abad ke-6 Masehi.
  • Pusat Kekuasaan: Pusat kekuasaan utama berada di wilayah utara India, dengan Pataliputra sebagai ibu kota yang penting.
  • Kepemimpinan Terkenal: Kekaisaran Gupta dianggap sebagai puncak kejayaan di bawah pemerintahan Chandragupta II, yang juga dikenal dengan sebutan Chandragupta Vikramaditya.
  • Pengaruh Agama Buddha: Meskipun agama Hindu mendominasi pada masa itu, kerajaan Gupta memberikan dukungan dan perlindungan kepada agama Buddha. Para penguasa Gupta menunjukkan toleransi terhadap berbagai agama dan filsafat.
  • Pembangunan Kebudayaan: Zaman Gupta dianggap sebagai masa keemasan dalam bidang seni, sastra, dan ilmu pengetahuan di India. Karya-karya sastra, arsitektur, matematika, dan astronomi berkembang pesat selama periode ini.
  • Sistem Pemerintahan: Kerajaan Gupta memiliki sistem pemerintahan sentral yang kuat, dengan birokrasi yang terorganisir dengan baik dan administrasi yang efisien.
  • Kejatuhan: Meskipun mencapai kejayaan besar, Kerajaan Gupta mengalami kemunduran pada akhir abad ke-6 Masehi, akibat serangan bangsa Hun serta faktor-faktor internal seperti konflik internal dan pelemahan perekonomian.

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

07 April 2024 05:51

Jawaban terverifikasi

<p>Salah satu Buddha yang terkenal adalah Siddhartha Gautama, yang kemudian dikenal sebagai Buddha Shakyamuni. Kerajaan yang terkait dengan kehidupan Siddhartha Gautama adalah Kerajaan Shakya.</p><p>Kerajaan Shakya merupakan sebuah kerajaan yang berlokasi di wilayah utara India, di sekitar Sungai Rohini (sekarang bagian dari Nepal). Kerajaan ini dihuni oleh suku Shakya, yang merupakan salah satu dari banyak suku yang hidup di wilayah India Utara pada saat itu.</p><p>Siddhartha Gautama lahir di dalam keluarga kerajaan Shakya dan kemudian meninggalkan kehidupan kerajaannya untuk mencari pencerahan spiritual. Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang sejarah politik dan kehidupan sosial di Kerajaan Shakya, namun keberadaan kerajaan ini memberikan latar belakang sejarah dan konteks budaya di mana Siddhartha Gautama tumbuh dan berkembang.</p>

Salah satu Buddha yang terkenal adalah Siddhartha Gautama, yang kemudian dikenal sebagai Buddha Shakyamuni. Kerajaan yang terkait dengan kehidupan Siddhartha Gautama adalah Kerajaan Shakya.

Kerajaan Shakya merupakan sebuah kerajaan yang berlokasi di wilayah utara India, di sekitar Sungai Rohini (sekarang bagian dari Nepal). Kerajaan ini dihuni oleh suku Shakya, yang merupakan salah satu dari banyak suku yang hidup di wilayah India Utara pada saat itu.

Siddhartha Gautama lahir di dalam keluarga kerajaan Shakya dan kemudian meninggalkan kehidupan kerajaannya untuk mencari pencerahan spiritual. Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang sejarah politik dan kehidupan sosial di Kerajaan Shakya, namun keberadaan kerajaan ini memberikan latar belakang sejarah dan konteks budaya di mana Siddhartha Gautama tumbuh dan berkembang.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Respon bangsa Indonesia terhadap imperialisme dan kolomalisme serta kesadaran kebangsaan

0

0.0

Jawaban terverifikasi