Aleana L

03 Maret 2024 11:51

Iklan

Iklan

Aleana L

03 Maret 2024 11:51

Pertanyaan

sebuah benda setinggi 1cm didepan cermin cekung, dengan fokus 2cm. Jika bemda berada pada jarak 4cm didepan cermin. tentukan: a. jarak bayangan b. perbesaran bayangan c. tinggi bayangan d. sifat bayangan

sebuah benda setinggi 1cm didepan cermin cekung, dengan fokus 2cm. Jika bemda berada pada jarak 4cm didepan cermin. tentukan:

a. jarak bayangan

b. perbesaran bayangan

c. tinggi bayangan

d. sifat bayangan

alt

1

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

03 Maret 2024 13:34

Jawaban terverifikasi

Penjelasan: Untuk menyelesaikan masalah ini, kita dapat menggunakan rumus-rumus yang terkait dengan cermin cekung. Dalam hal ini, kita memiliki benda setinggi 1 cm yang ditempatkan di depan cermin cekung dengan fokus 2 cm. Kita dapat menggunakan rumus-rumus berikut: (a.) Jarak bayangan pada cermin cekung: 1/f = 1/do + 1/di (b.) Perbesaran bayangan pada cermin cekung: M = -di/do (c.) Tinggi bayangan pada cermin cekung: hi = M * ho (d.) Sifat bayangan pada cermin cekung: Nyata, terbalik, dan diperkecil. Jawaban: (a.) Jarak bayangan adalah 4 cm. (b.) Perbesaran bayangan adalah -1. (c.) Tinggi bayangan adalah -1 cm. (d.) Sifat bayangan adalah nyata, terbalik, dan diperkecil.


Iklan

Iklan

Sumber W

Silver

03 Maret 2024 22:00

Jawaban terverifikasi

<p>h = 1 cm</p><p>f = 2 cm</p><p>S = 4 sm</p><p>&nbsp;</p><p>a. Mencari jarak bayangan (S')</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;1/S' = 1/f - 1/S</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/2 - 1/4</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; = 2/4 - 1/4</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1/4</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;S' = 4 cm</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;Jarak bayangan adalah 4 cm</p><p>&nbsp;</p><p>b. Perbesaran bayangan</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;M = |S'/S|</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; = |4/4|</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; = 1 kali</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; Perbesaran bayangan adalah 1 kali, artinya bayangan benda&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; sama dengan tinggi benda</p><p>&nbsp;</p><p>c. Tinggi Bayangan&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp;M = h'/h</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; h' = h x M</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;= 1 x 1</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;= 1 cm</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; &nbsp;Tinggi bayangan adalah 1 cm</p><p>&nbsp;</p><p>d. Sifat bayangan&nbsp;</p><p>&nbsp; &nbsp; &nbsp; Nyata, terbalik, sama besar</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p>

h = 1 cm

f = 2 cm

S = 4 sm

 

a. Mencari jarak bayangan (S')

     1/S' = 1/f - 1/S

              = 1/2 - 1/4

              = 2/4 - 1/4

              = 1/4

     S' = 4 cm

     Jarak bayangan adalah 4 cm

 

b. Perbesaran bayangan

     M = |S'/S|

          = |4/4|

          = 1 kali

      Perbesaran bayangan adalah 1 kali, artinya bayangan benda 

      sama dengan tinggi benda

 

c. Tinggi Bayangan 

     M = h'/h

      h' = h x M

           = 1 x 1

           = 1 cm

       Tinggi bayangan adalah 1 cm

 

d. Sifat bayangan 

      Nyata, terbalik, sama besar

 

 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Jika pada saat berada di dalam mobil terjadi gempa, tindakan yang harus segera dilakukan adalah โ€ฆ. A. Berhenti, tetap di dalam mobil B. Berhenti, keluar mobil, kemudian berbaring di samping mobil C. Berhenti, keluar mobil, kemudian naik ke atas mobil D. Menambah kecepatan laju mobil. mencari tempat yang lebih tinggi E. Menambah kecepatan laju mobil, mencari tempat yang lebih rendah Jangan ngasal!!

2

0.0

Jawaban terverifikasi