Setiawan A

11 Januari 2022 14:17

Iklan

Iklan

Setiawan A

11 Januari 2022 14:17

Pertanyaan

Sebuah beban bermassa m digantungkan pada ujung sebuah tali ringan berpanjang l. Beban disimpangkan ke kanan sampai ke titik A dengan ketinggian h (anggap ketinggian titik setimbang adalah nol), kemudian dilepas sehingga berisolasi. Percepatan gravitasi di tempat itu adalah g. Setelah dilepas, beban berayun ke kiri melewati berturut-turut titik C. kemudian titik setimbang, dan berhenti sesaat di titik B pada ketinggian d di sebelah kiri titik setimbang. Andaikan gaya gesek udara tidak diabaikan dan bemilai tetap, Panjang lintasan dari titik A ke titik C adalah 1/4 panjang lintasan dari titik A ke titik B, maka sampai di titik C, energi mekanik berkurang sebesar ... a. 1/4 mg(3h-d) b. 1/4 mg(3h+d) c. 1/4 mg(3d-h) d. 1/4 mg(3d+h) e. 1/4 mg(h+d)


7

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

M. Firdhaus

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

19 Juli 2022 12:26

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang tepat ialah perubahan energi mekanik sistem di titik C adalah 7/4 mg (d - h) (tidak ada opsi yang sesuai) Diketahui, L = L A = A g = g ha = h hb = d AC = 1/4 AB f = f Ditanya, pengurangan energi mekanik di titik C? Jawab, Usaha merupakan energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda untuk membuat benda tersebut bergerak. Dalam kasus kusus usaha merupakan perubahan energi mekanik, yakni ΔEM = W = EM2 - EM1 Dimana, ΔEM = perubahan energi mekanik (J) W = usaha (J) EM2 = energi mekanik keadaan 2 (J) EM1 = energi mekanik keadaan 1 (J) Karena sistem terdapat gaya gesek yang bernilai konstan, maka lama kelamaan bandul akan berkurang eneginya, menjadi W = EM2 - EM1 f sab = EP2 + EK2 - (EP1 + EK1) f sab = mg hb + 0 - mg ha - 0 f sab = mg d - mg h f sab = mg (d - h) Sehingga, perubahan energi mekaniknya ialah W = f s Asumsikan perubahan di titik C dimulai dari titik A, B dan C, sehingga Wac = f sab + f sbc Wac = f (sab + sbc) Wac = f (sab + sab - sac) Wac = f (2 sab - 1/4 sab) Wac = f (7/4 sab) Wac = 7/4 (f sab) Wac = 7/4 (mg (d - h)) Wac = 7/4 mg (d - h) Jadi, perubahan energi mekanik sistem di titik C adalah 7/4 mg (d - h) (tidak ada opsi yang sesuai)

alt

Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Dua muatan, 5 C dan 15 C dipisahkan oleh jarak tertentu. Gaya antara keduanya adalah 6,75x10^13 N. Berapa jarak antara keduanya dalam cm? [10 cm

5

0.0

Jawaban terverifikasi