Juliana I

28 November 2021 13:15

Pertanyaan

Sebanyak 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, dan SMA se-Indonesia akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional VI di Surabaya, Jawa Timur 2-8 September 2021 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Hamid Muhammad, Kamis (28/8). Hamid mengatakan, kegiatan ini menurut rencana akan dibuka oleh Menko Kesra Aburizal Bakrie. Lebih lanjut Hamid mengatakan, olimpiade ini akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Selain itu, acara ini merupakan ajang penyaringan bagi para siswa yang berbrestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional yang menurut rencana akan digelar di Seoul, Korea Selatan, tahun depan. Tulislah pokok-pokok berita tersebut menggunakan 5W+1H!


76

1


N. Laillia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

10 Desember 2021 05:16

Halo Juliana I, terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Pokok-pokok berita tersebut adalah what: Olimpiade Sains Nasional VI; who: 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Indonesia, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hamid Muhammad, serta Menko Kesra Aburizal Bakrie; where: Surabaya, Jawa Timur; when: 2-8 September 2021; why: Sebagai ajang penyaringan bagi para siswa yang berprestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional.; dan how: Olimpiade Sains Nasional VI akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Berikut penjelasannya: Berita adalah teks yang berisi keterangan atau laporan peristiwa terkini yang bersifat faktual dan penting. Berita terdiri dari enam unsur yang biasa dikenal dengan singkatan 5W+1H, yaitu what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Analisis unsur berita di atas adalah sebagai berikut. 1. What: Olimpiade Sains Nasional VI 2. Who: 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Indonesia, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hamid Muhammad, serta Menko Kesra Aburizal Bakrie 3. Where: Surabaya, Jawa Timur 4. When: 2-8 September 2021 5. Why: Sebagai ajang penyaringan bagi para siswa yang berprestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional. 6. How: Olimpiade Sains Nasional VI akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Dengan demikian, pokok-pokok berita tersebut adalah what: Olimpiade Sains Nasional VI; who: 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Indonesia, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hamid Muhammad, serta Menko Kesra Aburizal Bakrie; where: Surabaya, Jawa Timur; when: 2-8 September 2021; why: Sebagai ajang penyaringan bagi para siswa yang berprestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional.; dan how: Olimpiade Sains Nasional VI akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Semoga membantu ya :)


Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Chat Tutor

Pertanyaan serupa

Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument berada di jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Utara. Lokasinya berada di sekitar 3 km dari pusat kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Bangunan tugu terdiri dari 4 buah tonggak kayu belian (kayu besi), masing-masing berdiameter 0,30 meter dengan tonggak bagian depan sebanyak dua buah setinggi 3,05 meter dan tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah menunjuk arah setinggi 4,40 meter. Paragraf tersebut termasuk struktur teks deskripsi bagian..

34

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan