Juliana I

28 November 2021 13:15

Iklan

Iklan

Juliana I

28 November 2021 13:15

Pertanyaan

Sebanyak 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, dan SMA se-Indonesia akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional VI di Surabaya, Jawa Timur 2-8 September 2021 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Hamid Muhammad, Kamis (28/8). Hamid mengatakan, kegiatan ini menurut rencana akan dibuka oleh Menko Kesra Aburizal Bakrie. Lebih lanjut Hamid mengatakan, olimpiade ini akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Selain itu, acara ini merupakan ajang penyaringan bagi para siswa yang berbrestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional yang menurut rencana akan digelar di Seoul, Korea Selatan, tahun depan. Tulislah pokok-pokok berita tersebut menggunakan 5W+1H!


1

1


Iklan

Iklan

N. Laillia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

10 Desember 2021 05:16

Halo Juliana I, terima kasih sudah bertanya di Roboguru :) Pokok-pokok berita tersebut adalah what: Olimpiade Sains Nasional VI; who: 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Indonesia, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hamid Muhammad, serta Menko Kesra Aburizal Bakrie; where: Surabaya, Jawa Timur; when: 2-8 September 2021; why: Sebagai ajang penyaringan bagi para siswa yang berprestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional.; dan how: Olimpiade Sains Nasional VI akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Berikut penjelasannya: Berita adalah teks yang berisi keterangan atau laporan peristiwa terkini yang bersifat faktual dan penting. Berita terdiri dari enam unsur yang biasa dikenal dengan singkatan 5W+1H, yaitu what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Analisis unsur berita di atas adalah sebagai berikut. 1. What: Olimpiade Sains Nasional VI 2. Who: 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Indonesia, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hamid Muhammad, serta Menko Kesra Aburizal Bakrie 3. Where: Surabaya, Jawa Timur 4. When: 2-8 September 2021 5. Why: Sebagai ajang penyaringan bagi para siswa yang berprestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional. 6. How: Olimpiade Sains Nasional VI akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Dengan demikian, pokok-pokok berita tersebut adalah what: Olimpiade Sains Nasional VI; who: 1.156 siswa tingkat TK, SD, SMP, SMA se-Indonesia, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Departemen Pendidikan Nasional Hamid Muhammad, serta Menko Kesra Aburizal Bakrie; where: Surabaya, Jawa Timur; when: 2-8 September 2021; why: Sebagai ajang penyaringan bagi para siswa yang berprestasi di bidangnya untuk mengikuti jenjang kompetensi yang lebih tinggi, yaitu Olimpiade Sains Internasional.; dan how: Olimpiade Sains Nasional VI akan memperlombakan berbagai bidang keilmuan dan pengembangan kreativitas para siswa yang sekaligus merupakan ajang kompetensi bidang sains, matematika, dan teknologi. Semoga membantu ya :)


Iklan

Iklan

Mau jawaban yang terverifikasi?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

227

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

494

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan