Adinda V

26 Maret 2024 03:20

Iklan

Iklan

Adinda V

26 Maret 2024 03:20

Pertanyaan

Salah satu prinsip yang harus dipegang teguh oleh suatu ormas adalah berpegang teguh pada Bhinneka Tungga Ika agar tidak terjadi perselisihan dengan ormas lain. Hal itu bisa diterapkan dengan….

Salah satu prinsip yang harus dipegang teguh oleh suatu ormas adalah berpegang teguh pada Bhinneka Tungga Ika agar tidak terjadi perselisihan dengan ormas lain. Hal itu bisa diterapkan dengan….


86

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Hasna N

26 Maret 2024 03:27

Jawaban terverifikasi

<p>menempatkan persatuan dan kesatuan diatas kepentingan kelompok atau organisasi nya..karena sangat penting agar suatu kelompok tidak menjadi egois dan terpecah belah hanya karena kepentingan nya</p><p>semoga membantu 🙏</p>

menempatkan persatuan dan kesatuan diatas kepentingan kelompok atau organisasi nya..karena sangat penting agar suatu kelompok tidak menjadi egois dan terpecah belah hanya karena kepentingan nya

semoga membantu 🙏


Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

29 Maret 2024 12:09

Jawaban terverifikasi

<p><br>Salah satu prinsip yang harus dipegang teguh oleh suatu organisasi masyarakat (ormas) adalah berpegang teguh pada Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu." Hal ini mengacu pada semangat persatuan dalam keberagaman yang menjadi salah satu nilai fundamental dalam bangsa Indonesia.</p><p>Prinsip tersebut dapat diterapkan dengan cara:</p><p><strong>Menghormati Keberagaman</strong>: Ormas harus menghormati dan menghargai keberagaman budaya, agama, suku bangsa, dan pandangan politik yang ada dalam masyarakat. Ini berarti mengakui dan menerima bahwa setiap individu atau kelompok memiliki hak untuk berbeda pendapat dan memiliki kepercayaan yang berbeda.</p><p><strong>Dialog dan Keterbukaan</strong>: Ormas harus mendorong dialog antaranggota masyarakat yang berbeda-beda untuk memahami perspektif dan kepentingan satu sama lain. Keterbukaan untuk mendengarkan pandangan yang berbeda merupakan langkah penting dalam mencegah konflik dan memperkuat persatuan.</p><p><strong>Kerja Sama dan Kolaborasi</strong>: Ormas dapat menciptakan program-program atau kegiatan yang melibatkan partisipasi dari berbagai kelompok dalam masyarakat. Misalnya, mengadakan acara budaya atau seminar yang melibatkan berbagai agama atau suku bangsa untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antaranggota masyarakat.</p><p><strong>Pendidikan dan Penyuluhan</strong>: Ormas dapat melakukan kegiatan penyuluhan atau kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika dan mendorong sikap inklusif dan toleran dalam masyarakat.</p><p><strong>Menjadi Contoh</strong>: Ormas juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman dan mempromosikan persatuan. Dengan mengimplementasikan nilai-nilai ini dalam tindakan sehari-hari, ormas dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>


Salah satu prinsip yang harus dipegang teguh oleh suatu organisasi masyarakat (ormas) adalah berpegang teguh pada Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti "Berbeda-beda tetapi tetap satu." Hal ini mengacu pada semangat persatuan dalam keberagaman yang menjadi salah satu nilai fundamental dalam bangsa Indonesia.

Prinsip tersebut dapat diterapkan dengan cara:

Menghormati Keberagaman: Ormas harus menghormati dan menghargai keberagaman budaya, agama, suku bangsa, dan pandangan politik yang ada dalam masyarakat. Ini berarti mengakui dan menerima bahwa setiap individu atau kelompok memiliki hak untuk berbeda pendapat dan memiliki kepercayaan yang berbeda.

Dialog dan Keterbukaan: Ormas harus mendorong dialog antaranggota masyarakat yang berbeda-beda untuk memahami perspektif dan kepentingan satu sama lain. Keterbukaan untuk mendengarkan pandangan yang berbeda merupakan langkah penting dalam mencegah konflik dan memperkuat persatuan.

Kerja Sama dan Kolaborasi: Ormas dapat menciptakan program-program atau kegiatan yang melibatkan partisipasi dari berbagai kelompok dalam masyarakat. Misalnya, mengadakan acara budaya atau seminar yang melibatkan berbagai agama atau suku bangsa untuk meningkatkan pemahaman dan toleransi antaranggota masyarakat.

Pendidikan dan Penyuluhan: Ormas dapat melakukan kegiatan penyuluhan atau kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika dan mendorong sikap inklusif dan toleran dalam masyarakat.

Menjadi Contoh: Ormas juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang menghargai keberagaman dan mempromosikan persatuan. Dengan mengimplementasikan nilai-nilai ini dalam tindakan sehari-hari, ormas dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam membangun masyarakat yang inklusif dan harmonis.

 

 


 


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Perhatikan penyataan berikut ini! (1) Indonesia adalah negara yang menganut beberapa agama bukan hanya satu, agama (2) Nilai sosial dalam masyarakat Indonesia terus dikembangkan agar maju, dan modern. (3) Setiap warga negara Indonesia bebas memilih budaya dengan persepsinya sendiri. (4) Perkembangan, IPTEK malampaui batas-batas nilai budaya bangsa Indonesia. (5). Nilai Pancasila tidak mengekang warga negara tetapi menyatukan perbedaan yang ada Penyataan berikut ini yang merupakan nilai-nilai pancasila sesuai dengan perkembangan zaman ditunjukkan pada nomor..... A (1), (2), dan (5) B (2), (3), dan (4) C. (3), (4), dan (5) D. (4), (1), dan (5)

18

0.0

Jawaban terverifikasi