Felis L

15 Maret 2022 14:37

Iklan

Iklan

Felis L

15 Maret 2022 14:37

Pertanyaan

Salah satu penyakit pada sistem pernapasan adalah asma. Apakah yang dimaksud penyakit asma? Jika suatu saat Anda melihat seseorang yang tiba-tiba terserang asma, tindakan apa yang dapat Anda lakukan untuk menolongnya?


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

E. Roito

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

17 Agustus 2022 12:10

Jawaban terverifikasi

<p>Berikut adalah penjelasan tentang asma.</p><p>&nbsp;</p><p>Pada penderita asma terjadi kesulitan bernapas karena adanya penyempitan saluran pernapasan yang dipicu oleh alergen. Asma adalah penyempitan pada saluran pernapasan karena otot polos yang membentuk dinding saluran pernapasan mengalami kontraksi secara terus-menerus menyebabkan kesulitan bernapas atau sesak napas (dispnea). Asma biasanya disebabkan oleh hipersensitivitas atau reaksi berlebihan bronkiolus terhadap benda-benda asing di udara (alergen). Alergen dapat berupa debu, serbuk sari, abu, bulu hewan bahkan kondisi dingin. Beberapa pertolongan pertama pada asma berikut ini: 1. Hubungi ambulans. 2. Bantu orang tersebut untuk duduk tegak dengan nyaman, sambil melonggarkan pakaiannya agar tidak sesak. 3. Jauhkan penderita asma yang sedang kumat dari kemungkinan pencetusnya, seperti debu, udara dingin, atau hewan peliharaan. Tanyakan faktor pencetus asma pada penderita, jika memungkinkan.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawabannya seperti penjelasan diatas ya.</p>

Berikut adalah penjelasan tentang asma.

 

Pada penderita asma terjadi kesulitan bernapas karena adanya penyempitan saluran pernapasan yang dipicu oleh alergen. Asma adalah penyempitan pada saluran pernapasan karena otot polos yang membentuk dinding saluran pernapasan mengalami kontraksi secara terus-menerus menyebabkan kesulitan bernapas atau sesak napas (dispnea). Asma biasanya disebabkan oleh hipersensitivitas atau reaksi berlebihan bronkiolus terhadap benda-benda asing di udara (alergen). Alergen dapat berupa debu, serbuk sari, abu, bulu hewan bahkan kondisi dingin. Beberapa pertolongan pertama pada asma berikut ini: 1. Hubungi ambulans. 2. Bantu orang tersebut untuk duduk tegak dengan nyaman, sambil melonggarkan pakaiannya agar tidak sesak. 3. Jauhkan penderita asma yang sedang kumat dari kemungkinan pencetusnya, seperti debu, udara dingin, atau hewan peliharaan. Tanyakan faktor pencetus asma pada penderita, jika memungkinkan.

 

Jadi, jawabannya seperti penjelasan diatas ya.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Ciri ciri vertebrata yang hanya dimiliki oleh Aves adalah

597

5.0

Jawaban terverifikasi