Zahratul J

23 Januari 2023 06:42

Iklan

Iklan

Zahratul J

23 Januari 2023 06:42

Pertanyaan

Salah satu karakteristik limbah b3 adalah bersifat korosif yang berarti....


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Q. Aina

Mahasiswa/Alumni IAIN Kudus

24 Januari 2023 11:10

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar dari soal di atas adalah dapat pengkaratan pada baja/ besi.</p><p>&nbsp;</p><p>Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) merupakan suatu buangan atau limbah yang mengandung zat beracun dan berbahaya sehingga dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup organisme lain. Limbah B3 dapat berasal dari industri maupun rumah tangga, misal pembasmi serangga dan baterai. Ciri limbah B3 yaitu :&nbsp;<br>1. Mudah meledak, yaitu limbah yang dalam suhu dan tekanan standar dapat meledak dan menimbulkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi. Contoh limbah mudah meledak yaitu limbah laboratorium, misalnya asam prikat.&nbsp;<br>2. Mudah teroksidasi, merupakan limbah yang dapat melepaskan panas karena teroksidasi sehingga menimbulkan percikan api saat bereaksi dengan bahan lain. Contoh limbah yang mudah teroksidasi yaitu kaporit.<br>3. Mudah menyala, yaitu limbah yang mudah terbakar karena bereaksi dengan udara, api, air, atau bahan lain meskipun suhu dan tekanan berada dalam kondisi standar. Contoh limbah yang mudah menyala yaitu benzena.&nbsp;<br>4. Mengandung racun, yaitu limbah yang dapat meracuni hewan dan manusia. Contoh limbah beracun yaitu pestisida.<br>5. Bersifat korosif, yaitu limbah yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan pengkaratan pada baja/ besi, memiliki pH kurang dari 2 atau di atas 12. Contoh limbah yang bersifat korosif adalah asam sulfat.<br>5. Menyebabkan iritasi, merupakan limbah yang dapat menyebabkan iritasi kulit, pusing, dan iritasi saluran pernapasan apabila terhirup. Contoh limbah yang menyebabkan iritasi yaitu formiat pada industri karet.</p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, jawabannya adalah dapat pengkaratan pada baja/ besi.</p>

Jawaban yang benar dari soal di atas adalah dapat pengkaratan pada baja/ besi.

 

Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) merupakan suatu buangan atau limbah yang mengandung zat beracun dan berbahaya sehingga dapat merusak lingkungan, mengganggu kesehatan, dan mengancam kelangsungan hidup organisme lain. Limbah B3 dapat berasal dari industri maupun rumah tangga, misal pembasmi serangga dan baterai. Ciri limbah B3 yaitu : 
1. Mudah meledak, yaitu limbah yang dalam suhu dan tekanan standar dapat meledak dan menimbulkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi. Contoh limbah mudah meledak yaitu limbah laboratorium, misalnya asam prikat. 
2. Mudah teroksidasi, merupakan limbah yang dapat melepaskan panas karena teroksidasi sehingga menimbulkan percikan api saat bereaksi dengan bahan lain. Contoh limbah yang mudah teroksidasi yaitu kaporit.
3. Mudah menyala, yaitu limbah yang mudah terbakar karena bereaksi dengan udara, api, air, atau bahan lain meskipun suhu dan tekanan berada dalam kondisi standar. Contoh limbah yang mudah menyala yaitu benzena. 
4. Mengandung racun, yaitu limbah yang dapat meracuni hewan dan manusia. Contoh limbah beracun yaitu pestisida.
5. Bersifat korosif, yaitu limbah yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan pengkaratan pada baja/ besi, memiliki pH kurang dari 2 atau di atas 12. Contoh limbah yang bersifat korosif adalah asam sulfat.
5. Menyebabkan iritasi, merupakan limbah yang dapat menyebabkan iritasi kulit, pusing, dan iritasi saluran pernapasan apabila terhirup. Contoh limbah yang menyebabkan iritasi yaitu formiat pada industri karet.

 

Jadi, jawabannya adalah dapat pengkaratan pada baja/ besi.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

68

2.0

Jawaban terverifikasi