Rahmat S

03 Oktober 2023 02:01

Iklan

Iklan

Rahmat S

03 Oktober 2023 02:01

Pertanyaan

Salah satu faktor perlawanan Sisingamangaraja XII melawan Belanda adalah adanya kekhawatiran mengenai .… A. pemberlakuan sistem pajak baru B. aliansi Riau-Siak dalam menghadapi Kerajaan Batak C. penyatuan daerah Tapanuli Utara dan Aceh D. rencana pengangkatan Sisingamangaraja XIII sebagai raja E. kegiatan zending Protestan yang akan mengurangi pengaruhnya


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Meikarlina S

Community

04 Oktober 2023 10:18

Jawaban terverifikasi

E. Kegiatan zending Protestan yang akan mengurangi pengaruhnya. Sisingamangaraja XII adalah seorang pemimpin adat dan suku Batak yang memimpin perlawanan terhadap penjajahan Belanda di Tanah Batak pada awal abad ke-20. Salah satu faktor yang memicu perlawanan ini adalah kekhawatiran Sisingamangaraja XII terhadap kegiatan zending Protestan yang masuk ke wilayah Batak. Sisingamangaraja XII merasa bahwa kegiatan zending Protestan ini akan mengurangi pengaruhnya sebagai pemimpin adat dan agama Batak, serta mengancam keberadaan kebudayaan dan adat istiadat Batak. Oleh karena itu, Sisingamangaraja XII dan para pengikutnya memulai perlawanan terhadap pemerintah kolonial Belanda dan kegiatan zending Protestan yang masuk ke wilayah Batak. Perlawanan ini berlangsung selama beberapa tahun dan memakan banyak korban, hingga akhirnya Sisingamangaraja XII ditangkap dan diasingkan ke Jawa.


Iklan

Iklan

Vincent M

Community

05 Oktober 2023 08:45

Jawaban terverifikasi

Salah satu faktor perlawanan Sisingamangaraja XII melawan Belanda adalah adanya kekhawatiran mengenai: E. kegiatan zending Protestan yang akan mengurangi pengaruhnya Zending Protestan adalah upaya penyebaran agama Kristen Protestan di wilayah tersebut oleh para misionaris. Perlawanan Sisingamangaraja XII terhadap Belanda juga mencakup perlawanan terhadap upaya penyebaran agama Kristen di wilayahnya, yang dianggap dapat mengurangi pengaruh tradisional dan kekuasaannya sebagai pemimpin Batak.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

420

5.0

Jawaban terverifikasi