Elshanum E

29 Januari 2024 20:02

Iklan

Iklan

Elshanum E

29 Januari 2024 20:02

Pertanyaan

Salah satu ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah bersifat nonetis. Kemukakan bahwa sosiologi bersifat nonetis!

Salah satu ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah bersifat nonetis. Kemukakan bahwa sosiologi bersifat nonetis!


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 20:08

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah bahwa yang dilakukan dalam <strong>sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis.</strong></p><p>Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut.<br>1. Sosiologi bersifat empiris.<br>Bahwa sosiologi dalam melakukan kajian tentang masyarakat didasarkan pada hasil observasi dan tidak spekulatif serta hanya menggunakan akal sehat (commonsense).<br>2. Sosiologi bersifat teoretis.<br>Sosiologi berusaha menyusun abstraksi dan hasil-hasil observasi. Abstraksi adalah kerangka dari unsur-unsur yang didapat di dalam observasi, disusun secara logis, serta memiliki tujuan menjelaskan hubungan sebab akibat.<br>3. Sosiologi bersifat kumulatif.<br>Bahwa teori-teori yang telah ada memperbaiki, memperluas, dan memperhalus teori-teori lama.<br>4. Sosiologi bersifat nonetis.<br>Bahwa yang dilakukan dalam sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis. Itulah sebabnya para sosiolog tidak bertugas untuk membicarakan dan mempergunjingkan baik buruknya tingkah laku sosial suatu masyarakat.</p><p>Jadi, jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah sosiologi bersifat nonetis yang berarti yang dilakukan dalam sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah bahwa yang dilakukan dalam sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis.

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan adalah sebagai berikut.
1. Sosiologi bersifat empiris.
Bahwa sosiologi dalam melakukan kajian tentang masyarakat didasarkan pada hasil observasi dan tidak spekulatif serta hanya menggunakan akal sehat (commonsense).
2. Sosiologi bersifat teoretis.
Sosiologi berusaha menyusun abstraksi dan hasil-hasil observasi. Abstraksi adalah kerangka dari unsur-unsur yang didapat di dalam observasi, disusun secara logis, serta memiliki tujuan menjelaskan hubungan sebab akibat.
3. Sosiologi bersifat kumulatif.
Bahwa teori-teori yang telah ada memperbaiki, memperluas, dan memperhalus teori-teori lama.
4. Sosiologi bersifat nonetis.
Bahwa yang dilakukan dalam sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis. Itulah sebabnya para sosiolog tidak bertugas untuk membicarakan dan mempergunjingkan baik buruknya tingkah laku sosial suatu masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah sosiologi bersifat nonetis yang berarti yang dilakukan dalam sosiologi bukan mencari baik buruknya suatu fakta, melainkan menjelaskan fakta-fakta tersebut secara analitis.


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

10 Februari 2024 14:28

Jawaban terverifikasi

Pertanyaan ini berkaitan dengan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan dan konsep bahwa sosiologi bersifat nonetis. Nonetis dalam konteks ini berarti bahwa sosiologi tidak menilai baik atau buruknya suatu fakta, tetapi lebih kepada menjelaskan fakta tersebut secara analitis. Penjelasan: 1. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan berfokus pada studi tentang masyarakat dan perilaku manusia dalam masyarakat. 2. Dalam melakukan studinya, sosiologi berusaha untuk menjelaskan fenomena sosial apa adanya, tanpa memberikan penilaian atau pertimbangan etis. 3. Misalnya, jika sosiologi mempelajari fenomena korupsi, tujuannya bukan untuk menentukan apakah korupsi itu baik atau buruk, tetapi untuk memahami mengapa korupsi terjadi, bagaimana prosesnya, dan apa dampaknya terhadap masyarakat. 4. Oleh karena itu, sosiologi disebut bersifat nonetis karena fokusnya adalah untuk menjelaskan dan memahami, bukan menilai. Kesimpulan: Sosiologi bersifat nonetis, yang berarti ilmu ini berfokus pada penjelasan analitis terhadap fakta atau fenomena sosial, bukan pada penilaian baik atau buruk terhadap fakta tersebut. Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami konsep ini dengan lebih baik 🙂.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Topik: Sebab-sebab kurangnya penguasaan Bahasa Indonesia. Kalimat penjelas: 1) Kurangnya motivasi dalam pemakaian bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 2) Ada anggapan bahwa Bahasa Indonesia adalah bahasa kedua sesudah bahasa ibu 3) Bahasa Indonesia adalah bahasa orang Indonesia yang dipandang tidak ilmiah 4) Bahasa Indonesia adalah bahasa komunikasi sehari-hari sehingga tidak perlu dipelajari 5) Bahasa asing merupakan bahasa ilmu pengetahuan Kalimat penjelas yang sesuai dengan topik adalah .... A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) D. (3), (4), dan (5) C. (2), (3), dan (4) E. (2), (4), dan (5)

3

0.0

Jawaban terverifikasi