RoboguruRoboguru
SD

Pemuda B

09 Januari 2020 13:13

Pertanyaan

runtuhnya uni Soviet


36

2

Jawaban terverifikasi

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

23 Desember 2021 13:32

Jawaban terverifikasi

Hai Pemuda B, Kakak bantu jawab ya. Runtuhnya Uni Soviet atau USSR diawali dari munculnya pemikiran-pemikiran Gorbachev tentang pembaharuan USSR yang berakibat terjadinya perpecahan USSR sehingga pada tahun 1991 runtuh. Untuk lebih jelasnya, pahamilah penjelasan berikut ini. Keruntuhan komunisme dan Uni Sovyet diawali oleh kebijakan Glasnost dan Prestroika oleh Mikhael Gorbachev. Sebenarnya ia hanya bermaksud untuk menjadikan negaranya lebih terbuka dan tidak terlalu kolot dalam mengamalkan komunisme plus agar lebih dinamis di era modern saat itu di pertengahan dekade 80an. Saat itu, pers mulai mendapat angin untuk memprotes keputusan pemerintah yang tidak mendukung rakyat, rakyat sendiri pun juga mulai bisa mengeluarkan pendapatnya tanpa takut dihukum. Pengaruh budaya luar juga mulai masuk negara tersebut. Parahnya, para pejabat Sovyet banyak yang terlibat korupsi dan ditutupi oleh pemerintah sebelumnya, hubungan dengan AS dan negara barat pun lebih harmonis. Inilah yg menjadi awal komunisme memudar, karena melunaknya Sovyet, negara-negara di Eropa Timur mulai bergolak menolak komunisme hingga akhirnya runtuh. Sovyet pun kian rapuh dari luar dan dalam karena kebijakannya sendiri sebelum bubar di tahun 91.


Alfito A

10 Januari 2020 18:11

runtuhnya Soviet tahun 1991 salah satunya pada masa pemerintahan Mikhail Gorbachev ia membuat program bernama glasnost (keterbukaan politik) dan perestroika (restrukturisasi ekonomi)


ask to forum

Belum menemukan jawaban?

Tanya soalmu ke Forum atau langsung diskusikan dengan tutor roboguru plus, yuk

Tanya ke Forum

Pertanyaan serupa

Peran diplomat dalam rangka perjuangan diplomasi untuk mendapatkan pengakuan dunia imternasional tentang kemerdekaan Indonesia. Jelaskan bentuk bentuk perjuangan para diplomat Indonesia serta sebutkan namanya

37

0.0

Jawaban terverifikasi