Ayyndaa. A

30 Agustus 2024 09:31

Iklan

Ayyndaa. A

30 Agustus 2024 09:31

Pertanyaan

reaksi yang setara antara HCl dengan Natrium Tetraborat adalah...

reaksi yang setara antara HCl dengan Natrium Tetraborat adalah...

Belajar bareng Champions

Brain Academy Champions

Hanya di Brain Academy

Habis dalam

02

:

02

:

01

:

05

Klaim

17

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Qisara A

30 Agustus 2024 12:37

Jawaban terverifikasi

<p>Reaksi yang setara antara asam klorida (HCl) dan natrium tetraborat (Na₂B₄O₇), yang juga dikenal sebagai boraks, adalah reaksi netralisasi. Dalam reaksi ini, HCl bereaksi dengan Na₂B₄O₇ untuk membentuk natrium klorida (NaCl), asam borat (H₃BO₃), dan air (H₂O). Persamaan reaksi kimia lengkapnya adalah sebagai berikut:</p><p>Na₂B₄O₇ + 2 HCl + 5 H₂O → 2 NaCl + 4 H₃BO₃</p><p>Dalam reaksi ini, dua molekul HCl bereaksi dengan satu molekul natrium tetraborat di dalam air, menghasilkan dua molekul natrium klorida dan empat molekul asam borat.</p>

Reaksi yang setara antara asam klorida (HCl) dan natrium tetraborat (Na₂B₄O₇), yang juga dikenal sebagai boraks, adalah reaksi netralisasi. Dalam reaksi ini, HCl bereaksi dengan Na₂B₄O₇ untuk membentuk natrium klorida (NaCl), asam borat (H₃BO₃), dan air (H₂O). Persamaan reaksi kimia lengkapnya adalah sebagai berikut:

Na₂B₄O₇ + 2 HCl + 5 H₂O → 2 NaCl + 4 H₃BO₃

Dalam reaksi ini, dua molekul HCl bereaksi dengan satu molekul natrium tetraborat di dalam air, menghasilkan dua molekul natrium klorida dan empat molekul asam borat.


Iklan

J. Siregar

31 Agustus 2024 00:12

Jawaban terverifikasi

<p><strong>Jawabannya adalah Na₂B₄O₇ + 2HCl + 5H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃.</strong></p><p>&nbsp;</p><p>Persamaan reaksi dikatakan setara apabila jumlah atom pada ruas kiri dan ruas kanan sudah setara. Jika belum setara maka kita bubuhkan keofisien reaksi.</p><p>Salah satu cara menyetarakan reaksi adalah metode pingpong/trial error/lirik, kita bisa gunakan sembarang angka pada kedua ruas sehingga diperoleh koefisien reaksi yang plaing cocok.</p><p>&nbsp;</p><p>Reaksi yang setara antara asam klorida (HCl) dan natrium tetraborat (Na₂B₄O₇), yang juga dikenal sebagai boraks, adalah reaksi netralisasi. Dalam reaksi ini, HCl bereaksi dengan Na₂B₄O₇ untuk membentuk natrium klorida (NaCl), asam borat (H₃BO₃), dan air (H₂O). Persamaan reaksi kimianya &nbsp;sebagai berikut:</p><p>Na₂B₄O₇ + HCl + H₂O → NaCl + H₃BO₃</p><p>&nbsp;</p><p>Jika kita amati reaksi di atas, jumlah atom kedua ruas belumsetara maka kita bubuhkan koefisien reaksi.</p><p>1) Ruas kiri: B = 4, maka bubuhkan koefisien 4 pada H₃BO₃ di ruas kanan.&nbsp;</p><p>Na₂B₄O₇ + HCl + H₂O → NaCl + 4H₃BO₃</p><p>2) Jumlah Na pada ruas kiri = 2, maka bubuhkan koefisien 2 pada NaCl di ruas kanan.</p><p>Na₂B₄O₇ + HCl + H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃</p><p>3) Jumlah atom Cl pada ruas kanan = 2, maka bubhkan koefisien 2 pada HCl.</p><p>Na₂B₄O₇ + 2HCl + H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃</p><p>4) Jumlah atom O pada H₃BO₃ = 4(3) = 12, sedangkan di ruas kiri jumlah atom O:</p><p>1(7) Na₂B₄O₇ + 1 dalam H₂O = 8, maka bubuhkan koefisien 5 pada H₂O.</p><p>Na₂B₄O₇ + 2HCl + 5H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃</p><p><strong><u>Reaksi sudah setara.</u></strong></p><p>&nbsp;</p><p>Jadi, persamaan reaksi setaranya adalah Na₂B₄O₇ + 2HCl + 5H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃.</p>

Jawabannya adalah Na₂B₄O₇ + 2HCl + 5H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃.

 

Persamaan reaksi dikatakan setara apabila jumlah atom pada ruas kiri dan ruas kanan sudah setara. Jika belum setara maka kita bubuhkan keofisien reaksi.

Salah satu cara menyetarakan reaksi adalah metode pingpong/trial error/lirik, kita bisa gunakan sembarang angka pada kedua ruas sehingga diperoleh koefisien reaksi yang plaing cocok.

 

Reaksi yang setara antara asam klorida (HCl) dan natrium tetraborat (Na₂B₄O₇), yang juga dikenal sebagai boraks, adalah reaksi netralisasi. Dalam reaksi ini, HCl bereaksi dengan Na₂B₄O₇ untuk membentuk natrium klorida (NaCl), asam borat (H₃BO₃), dan air (H₂O). Persamaan reaksi kimianya  sebagai berikut:

Na₂B₄O₇ + HCl + H₂O → NaCl + H₃BO₃

 

Jika kita amati reaksi di atas, jumlah atom kedua ruas belumsetara maka kita bubuhkan koefisien reaksi.

1) Ruas kiri: B = 4, maka bubuhkan koefisien 4 pada H₃BO₃ di ruas kanan. 

Na₂B₄O₇ + HCl + H₂O → NaCl + 4H₃BO₃

2) Jumlah Na pada ruas kiri = 2, maka bubuhkan koefisien 2 pada NaCl di ruas kanan.

Na₂B₄O₇ + HCl + H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃

3) Jumlah atom Cl pada ruas kanan = 2, maka bubhkan koefisien 2 pada HCl.

Na₂B₄O₇ + 2HCl + H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃

4) Jumlah atom O pada H₃BO₃ = 4(3) = 12, sedangkan di ruas kiri jumlah atom O:

1(7) Na₂B₄O₇ + 1 dalam H₂O = 8, maka bubuhkan koefisien 5 pada H₂O.

Na₂B₄O₇ + 2HCl + 5H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃

Reaksi sudah setara.

 

Jadi, persamaan reaksi setaranya adalah Na₂B₄O₇ + 2HCl + 5H₂O → 2NaCl + 4H₃BO₃.


Buka akses jawaban yang telah terverifikasi

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan