Dhiaz K

11 Februari 2022 02:49

Iklan

Iklan

Dhiaz K

11 Februari 2022 02:49

Pertanyaan

Puisi-puisi dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang indah. Penyair begitu piawai dalam mengolah kata menjadi baris-baris yang memukau. Daya imajinasi penyair yang begitu tinggi juga membuat puisi-puisi dalam buku ini sangat menantang untuk dibaca dan dituntaskan. Puisi-puisi Hafney dalam buku ini tidak hanya berbicara tentang kehidupan yang fana. Ia juga berbicara tentang perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, tentang mimpi-mimpi yang kandas dan yang harus diperjuangkan, tentang regenerasi, dan juga tentang kesepian. Semuanya dihadirkan Hafney dengan penuh penghayatan sehingga kedalaman makna puisi-puisinya begitu terasa pada setiap baris dan baitnya. Sayangnya, pada beberapa puisi Hafney, yang hanya memiliki tiga hingga lima baris, kedalaman makna tersebut kurang berhasil dibangun penyair. Ringkasan yang tepat dari kutipan teks ulasan tersebut adalah .... A. Puisi-puisi dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang indah dan berbicara tentang kehidupan yang fana serta perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu. B. Puisi-puisi dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang indah. Selain itu, penyair begitu piawai dalam mengolah kata menjadi baris-baris yang memukau. C. Daya imajinasi penyair yang begitu tinggi membuat puisi-puisi dalam buku ini sangat menantang untuk dibaca dan dituntaskan. Sungguh, sebuah buku yang layak diapresiasi. D. Puisi-puisi Hafney dalam buku ini tidak hanya berbicara tentang kehidupan yang fana. Ia juga berbicara tentang perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.


23

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

N. Nurrohmah

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

13 Februari 2022 12:14

Jawaban terverifikasi

Hai, Dhiaz K :) Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban soal di atas adalah A. Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut. Teks ulasan adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ringkasan adalah hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita; ijmal. Beberapa kriteria dalam menulis ringkasan, antara lain: 1. Ringkasan berupa hasil analisis dari teks yang sudah dibaca. 2. Ringkasan menggambarkan isi paragraf. 3. Ringkasan hanya berisi hal-hal yang ada di paragraf. Langkah-langkah dalam menyusun ringkasan sebagai berikut. 1. Membaca isi buku atau teks dengan saksama. 2. Menafsirkan pokok pembahasan. 3. Menyeleksi dan menentukan pokok pikiran. 4. Menulis kembali pokok pokok pikiran dengan kalimat sendiri secara ringkas. 5. Menyusun ringkasan berdasarkan pokok pikiran. Berdasarkan penjelasan tersebut, ringkasan yang paling tepat untuk teks di atas yaitu "Puisi-puisi dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang indah dan berbicara tentang kehidupan yang fana serta perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu". Hal ini diperkuat dengan kutipan gagasan pokok paragraf satu yang berbunyi "Puisi-puisi dalam buku ini disajikan dengan gaya bahasa yang indah." dan gagasan pokok paragraf dua "Puisi-puisi Hafney dalam buku ini tidak hanya berbicara tentang kehidupan yang fana. Ia juga berbicara tentang perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu, tentang mimpi-mimpi yang kandas dan yang harus diperjuangkan, tentang regenerasi, dan juga tentang kesepian." Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A. Semoga dapat membantu, ya :)


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

berikan 3 contoh kata bilangan di teks laporan percobaan hasil percobaan

217

5.0

Jawaban terverifikasi

Bacalah kutipan puisi berikut! Pagiku hilang sudah melayang Hari mudaku sudah pergi Sekarang petang datang membayang Batang usiaku sudah tinggi. Aku lalai di hari pagi Beta lengah di masa muda Kini hidup meracuni hati Miskin ilmu miskin harta Kata petang mempunyai makna lambang a. suasana senja b. masa tua C. waktu sore hari d. kehidupan manusia

478

3.5

Lihat jawaban (3)

Iklan

Iklan