Asna A

12 Maret 2024 14:27

Iklan

Iklan

Asna A

12 Maret 2024 14:27

Pertanyaan

Pola aliran sungai


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

13 Maret 2024 00:31

Jawaban terverifikasi

<p>Pola aliran sungai mengacu pada pola atau tata letak dari saluran-saluran air yang membentuk aliran sungai di suatu daerah. Ada beberapa pola aliran sungai yang umum terjadi, antara lain:</p><p><strong>Pola Dendritik</strong>: Pola aliran sungai ini mirip dengan cabang-cabang pohon yang menjalar ke segala arah. Sungai-sungai kecil bergabung menjadi sungai-sungai yang lebih besar tanpa pola yang jelas. Pola ini sering ditemukan di daerah dengan topografi yang relatif datar dan batuan yang homogen.</p><p><strong>Pola Paralel</strong>: Sungai-sungai dalam pola ini mengalir sejajar satu sama lain dalam arah yang seragam. Pola ini sering ditemukan di daerah dengan topografi yang cenderung landai dan batuan yang keras, seperti di pegunungan yang sudah tererosi.</p><p><strong>Pola Rektangular</strong>: Pola aliran sungai ini membentuk sudut-sudut siku dan lurus. Hal ini terjadi ketika sungai-sungai mengalir di antara patahan-patahan dan retakan-retakan dalam batuan.</p><p><strong>Pola Radial</strong>: Sungai-sungai dalam pola ini mengalir keluar dari titik pusat yang sama, seperti roda dari porosnya. Pola ini sering ditemukan di kawasan pegunungan dengan puncak-puncak yang menjulang tinggi.</p><p><strong>Pola Trellis</strong>: Pola ini terdiri dari sungai-sungai utama yang mengalir secara paralel satu sama lain dan di antaranya terdapat sungai-sungai kecil yang mengalir tegak lurus ke sungai-sungai utama. Pola ini sering ditemukan di daerah yang terpengaruh oleh lipatan-lipatan batuan.</p><p>Pola aliran sungai dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk topografi, geologi, dan proses erosional di suatu daerah.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p><br>&nbsp;</p>

Pola aliran sungai mengacu pada pola atau tata letak dari saluran-saluran air yang membentuk aliran sungai di suatu daerah. Ada beberapa pola aliran sungai yang umum terjadi, antara lain:

Pola Dendritik: Pola aliran sungai ini mirip dengan cabang-cabang pohon yang menjalar ke segala arah. Sungai-sungai kecil bergabung menjadi sungai-sungai yang lebih besar tanpa pola yang jelas. Pola ini sering ditemukan di daerah dengan topografi yang relatif datar dan batuan yang homogen.

Pola Paralel: Sungai-sungai dalam pola ini mengalir sejajar satu sama lain dalam arah yang seragam. Pola ini sering ditemukan di daerah dengan topografi yang cenderung landai dan batuan yang keras, seperti di pegunungan yang sudah tererosi.

Pola Rektangular: Pola aliran sungai ini membentuk sudut-sudut siku dan lurus. Hal ini terjadi ketika sungai-sungai mengalir di antara patahan-patahan dan retakan-retakan dalam batuan.

Pola Radial: Sungai-sungai dalam pola ini mengalir keluar dari titik pusat yang sama, seperti roda dari porosnya. Pola ini sering ditemukan di kawasan pegunungan dengan puncak-puncak yang menjulang tinggi.

Pola Trellis: Pola ini terdiri dari sungai-sungai utama yang mengalir secara paralel satu sama lain dan di antaranya terdapat sungai-sungai kecil yang mengalir tegak lurus ke sungai-sungai utama. Pola ini sering ditemukan di daerah yang terpengaruh oleh lipatan-lipatan batuan.

Pola aliran sungai dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk topografi, geologi, dan proses erosional di suatu daerah.

 

 

 


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

21 Maret 2024 02:00

Jawaban terverifikasi

<p>Pola aliran sungai merujuk pada tata letak dan arah aliran utama dari sungai dan anak sungai di suatu daerah. Beberapa pola aliran sungai yang umum adalah:</p><p><strong>Pola Dendritik:</strong> Pola ini menyerupai ranting pohon dengan sungai utama sebagai "batang utama" dan anak sungai sebagai "cabang". Pola dendritik terbentuk di daerah dengan batuan yang homogen dan struktur geologis yang relatif lurus.</p><p><strong>Pola Paralel:</strong> Sungai-sungai utama dan anak sungai mengalir secara paralel satu sama lain, seringkali terjadi di daerah dengan topografi yang relatif datar atau pada bagian bawah lereng gunung.</p><p><strong>Pola Rektangular (Tegak Lurus):</strong> Pola ini terdiri dari sungai-sungai utama dan anak sungai yang mengalir secara tegak lurus satu sama lain, membentuk sudut-sudut yang tajam. Pola ini sering terbentuk di daerah dengan struktur batuan yang terbelah-belah.</p>

Pola aliran sungai merujuk pada tata letak dan arah aliran utama dari sungai dan anak sungai di suatu daerah. Beberapa pola aliran sungai yang umum adalah:

Pola Dendritik: Pola ini menyerupai ranting pohon dengan sungai utama sebagai "batang utama" dan anak sungai sebagai "cabang". Pola dendritik terbentuk di daerah dengan batuan yang homogen dan struktur geologis yang relatif lurus.

Pola Paralel: Sungai-sungai utama dan anak sungai mengalir secara paralel satu sama lain, seringkali terjadi di daerah dengan topografi yang relatif datar atau pada bagian bawah lereng gunung.

Pola Rektangular (Tegak Lurus): Pola ini terdiri dari sungai-sungai utama dan anak sungai yang mengalir secara tegak lurus satu sama lain, membentuk sudut-sudut yang tajam. Pola ini sering terbentuk di daerah dengan struktur batuan yang terbelah-belah.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

bantu jawab, dengan caranya dan rumusnya juga

2

0.0

Jawaban terverifikasi