Abronia G

10 Agustus 2022 07:52

Iklan

Iklan

Abronia G

10 Agustus 2022 07:52

Pertanyaan

Pilihlah! (A) Jika (1), (2), dan (3) yang benar (B) Jika (1) dan (3) yang benar (C) Jika (2) dan (4) yang benar (D) Jika (4) saja yang benar (E) Jika semuanya salah Di bawah ini tidak yang termasuk sistem dalam metode rasional .... (1) sistem praktis (3) sistem natural (2) sistem artifisial (4) sistem modern


20

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

26 Oktober 2022 03:27

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang benar adalah E.</p><p>&nbsp;</p><p>Pembahasan:</p><p>Pada metode rasional, makhluk hidup dikelompokkan atas dasar hubungan yang jelas dari sifat-sifat atau ciri-ciri yang ada. Metode rasional pada klasifikasi makhluk hidup dibedakan menjadi beberapa sistem yaitu:</p><ul><li><strong>Sistem praktis</strong><br>Pada sistem praktis, makhluk hidup dibagi berdasarkan persamaan ciri yang berguna. Misalnya seperti apakah makhluk hidup tersebut dapat dimakan atau tidak, dapat digunakan sebagai obat atau tidak, menghasilkan buah atau tidak dan sebagainya.</li><li><strong>Sistem artifisial</strong><br>Pada sistem artifisial, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri yang ditetapkan oleh peneliti sendiri. Contoh dari penggunaan sistem ini adalah ukuran, bentuk, dan habitat makhluk hidup tersebut. Theophratus Aristoteles (370 SM) yang pernah menganut sistem ini membagi makhluk hidup menjadi dua golongan, yaitu hewan dan tumbuhan. Berikutnya setelah pembagian tersebut, hewan dikelompokkan lagi menjadi tiga kelompok yaitu habitat air, darat, dan udara. Pada tumbuhan dibagi lagi menjadi tumbuhan pohon, perdu, dan tumbuhan semak.</li><li><strong>Sistem natural</strong><br>Pada sistem natural, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri-ciri dari struktur tubuh (morfologi) dan struktur tubuh internal (anatomi). Salah satu penganut sistem ini adalah Carolus Linnaeus yang berpendapat bahwa makhluk hidup mempunyai bentuk spesies yang berbeda. Oleh karena itu, jika beberapa makhluk hidup memiliki ciri yang sama, berarti makhluk hidup tersebut sama spesiesnya. Dengan caranya tersebut, Linnaeus dapat mengenali sekitar 4.000 jenis hewan dan 10.000 jenis tumbuhan.</li><li><strong>Sistem modern</strong><br>Pada sistem ini makhluk hidup telah diklasifikasikan menggunakan taksonomi modern berdasarkan pendapat Linnaeus, tetapi lebih dikembangkan dengan cara &nbsp;mengamati persamaan struktur tubuh secara eksternal dan internal, menggunakan biokimia perbandingan, dan menggunakan genetika modern.</li></ul><p>&nbsp;</p><p>Jadi, berdasarkan uraian diatas maka keempat sistem yang disebutkan termasuk dalam metode rasional sehingga metode yang tidak termasuk dalam sistem rasional tidak ada.</p>

Jawaban yang benar adalah E.

 

Pembahasan:

Pada metode rasional, makhluk hidup dikelompokkan atas dasar hubungan yang jelas dari sifat-sifat atau ciri-ciri yang ada. Metode rasional pada klasifikasi makhluk hidup dibedakan menjadi beberapa sistem yaitu:

  • Sistem praktis
    Pada sistem praktis, makhluk hidup dibagi berdasarkan persamaan ciri yang berguna. Misalnya seperti apakah makhluk hidup tersebut dapat dimakan atau tidak, dapat digunakan sebagai obat atau tidak, menghasilkan buah atau tidak dan sebagainya.
  • Sistem artifisial
    Pada sistem artifisial, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri yang ditetapkan oleh peneliti sendiri. Contoh dari penggunaan sistem ini adalah ukuran, bentuk, dan habitat makhluk hidup tersebut. Theophratus Aristoteles (370 SM) yang pernah menganut sistem ini membagi makhluk hidup menjadi dua golongan, yaitu hewan dan tumbuhan. Berikutnya setelah pembagian tersebut, hewan dikelompokkan lagi menjadi tiga kelompok yaitu habitat air, darat, dan udara. Pada tumbuhan dibagi lagi menjadi tumbuhan pohon, perdu, dan tumbuhan semak.
  • Sistem natural
    Pada sistem natural, makhluk hidup dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri-ciri dari struktur tubuh (morfologi) dan struktur tubuh internal (anatomi). Salah satu penganut sistem ini adalah Carolus Linnaeus yang berpendapat bahwa makhluk hidup mempunyai bentuk spesies yang berbeda. Oleh karena itu, jika beberapa makhluk hidup memiliki ciri yang sama, berarti makhluk hidup tersebut sama spesiesnya. Dengan caranya tersebut, Linnaeus dapat mengenali sekitar 4.000 jenis hewan dan 10.000 jenis tumbuhan.
  • Sistem modern
    Pada sistem ini makhluk hidup telah diklasifikasikan menggunakan taksonomi modern berdasarkan pendapat Linnaeus, tetapi lebih dikembangkan dengan cara  mengamati persamaan struktur tubuh secara eksternal dan internal, menggunakan biokimia perbandingan, dan menggunakan genetika modern.

 

Jadi, berdasarkan uraian diatas maka keempat sistem yang disebutkan termasuk dalam metode rasional sehingga metode yang tidak termasuk dalam sistem rasional tidak ada.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

pada saat pelajaran olahraga, pak guru meminta siswa untuk bermain pemanasan senam, gerakan yang dilakukan adalah merentangkan tangan untuk merapikan barisan dan untuk mengatur jaraknya dengan siswa sebelahnya. setelah barisan dan jarak sudah sesuai, siswa kembali menurunkan tangannya. gerakan tersebut adalah cerminan dari gerakan…

612

2.0

Jawaban terverifikasi