Rani H

25 Juli 2022 12:24

Iklan

Iklan

Rani H

25 Juli 2022 12:24

Pertanyaan

Perubahan penggunaan tanah hutan menjadi non hutan yang signifikan di suatu daerah aliran sungai (DAS) akan memengaruhi besaran komponen hidrologi, kecuali pada aspek ... (1) koefisien limpasan dan laju infiltrasi (2) luas genangan dan kedalaman banjir (3) volume dan kecepatan aliran air sungai (4) intensitas hujan dan laju penguapan Pilihan Jawaban. A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. B. 1 dan 3 SAJA yang benar. C. 2 dan 4 SAJA yang benar. D. HANYA 4 yang benar. E. SEMUA pilihan benar.


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

F. Handayani

03 Agustus 2022 08:51

Jawaban terverifikasi

Jawaban: D. HANYA 4 yang benar. Daerah aliran sungai (DAS) adalah daerah tangkapan hujan yang dibatasi oleh igir atau puncak pegunungan. Kawasan DAS merupakan bagian hulu dari sebuah sungai induk yang besar. Air hujan yang jatuh di daerah tersebut, akan terakumulasi ke dalam saluran-saluran alami dan berakhir ke sungai induk tadi. Oleh karena itu. kawasan DAS sebaiknya didominasi oleh hutan. Pengubahan kawasan hutan menjadi nonhutan akan memengaruhi komponen hidrologi seperti: (1) koefisien limpasan dan laju infiltrasi (2) luas genangan dan kedalaman banjir (3) volume dan kecepatan aliran air sungai Jadi, jawaban yang benar adalah D. HANYA 4 yang benar.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

Roboguru Plus

Dapatkan pembahasan soal ga pake lama, langsung dari Tutor!

Chat Tutor

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Kuatnya erosi sungai di bagian hulu karena …. (1) curah hujan di bagian hulu besar (2) seringnya terjadi penggundulan hutan (3) arus air yang besar (4) gradient sungai tinggi a. Jika (1), (2), dan (3) benar b. Jika (1) dan (3) benar c. Jika (2) dan (4) benar d. Jika hanya (4) yang benar e. Jika semuanya benar

19

5.0

Jawaban terverifikasi