Kheisya N

13 Juni 2024 13:27

Iklan

Iklan

Kheisya N

13 Juni 2024 13:27

Pertanyaan

Perubahan muka Bumi yang terjadi karenatenaga endogen diikuti dengan gempa. Inilahsalah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi. Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensiterjadinya gempa menjadi indikator tingkat keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadikarena A.Adanya gerakan ekplosif B.adanya intrusi magma C.adanya gerakan efusi D.proses ekstrusi magma

Perubahan muka Bumi yang terjadi karena tenaga endogen diikuti dengan

      gempa. Inilah salah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi.

      Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensi terjadinya gempa menjadi indikator tingkat

      keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadi karena

 

A.Adanya gerakan ekplosif

 

B.adanya intrusi magma

 

C.adanya gerakan efusi

 

D.proses ekstrusi magma


6

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

18 Juni 2024 03:48

Jawaban terverifikasi

<p>jawabannya adalh B.</p><p>&nbsp;</p><p>Gempa bumi seringkali terjadi sebagai akibat dari aktivitas endogen Bumi, seperti intrusi magma. Ketika magma dari dalam Bumi bergerak menuju permukaan atau berintrusi ke dalam lapisan batuan yang ada, tekanan yang dihasilkan dapat menyebabkan pergeseran dan gempa bumi. Oleh karena itu, intrusi magma dapat meningkatkan aktivitas seismik di sekitar gunung api atau daerah vulkanik lainnya, menjadi indikator tingkat keaktifan gunung api.</p><p>&nbsp;</p><p>&nbsp;</p><p>3.5</p>

jawabannya adalh B.

 

Gempa bumi seringkali terjadi sebagai akibat dari aktivitas endogen Bumi, seperti intrusi magma. Ketika magma dari dalam Bumi bergerak menuju permukaan atau berintrusi ke dalam lapisan batuan yang ada, tekanan yang dihasilkan dapat menyebabkan pergeseran dan gempa bumi. Oleh karena itu, intrusi magma dapat meningkatkan aktivitas seismik di sekitar gunung api atau daerah vulkanik lainnya, menjadi indikator tingkat keaktifan gunung api.

 

 

3.5


Iklan

Iklan

Kevin L

Bronze

19 Juni 2024 04:01

Jawaban terverifikasi

Berdasarkan gambar yang Anda berikan, jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Perubahan muka Bumi yang terjadi karena tenaga endogen diikuti dengan gempa. Inilah salah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi. Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensi terjadinya gempa menjadi indikator tingkat keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadi karena?" adalah B. Adanya intrusi magma. Penjelasan: * Adanya gerakan eksplosif (jawaban A) tidak selalu diikuti dengan gempa. Gerakan eksplosif dapat terjadi tanpa adanya gempa, seperti pada letusan gunung api yang bersifat effusif. * Adanya gerakan efusi (jawaban C) juga tidak selalu diikuti dengan gempa. Gerakan efusi dapat terjadi tanpa adanya gempa, seperti pada aliran lava yang keluar dari gunung api. * Proses ekstrusi magma (jawaban D) adalah proses keluarnya magma ke permukaan bumi melalui lubang kawah gunung api. Proses ini tidak selalu diikuti dengan gempa. Intrusi magma (jawaban B) adalah proses pergerakan magma ke atas menuju permukaan bumi. Proses ini dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi karena magma yang bergerak mendorong dan menekan batuan di sekitarnya. Semakin besar intrusi magma, semakin besar pula kekuatan gempa yang dihasilkan. Kesimpulan: Intrusi magma adalah penyebab utama terjadinya gempa bumi yang terkait dengan aktivitas vulkanisme. Hal ini dikarenakan magma yang bergerak mendorong dan menekan batuan di sekitarnya, sehingga menimbulkan getaran yang dapat dirasakan di permukaan bumi. Bukti: * Frekuensi terjadinya gempa bumi di daerah vulkanik biasanya lebih tinggi daripada di daerah non-vulkanik. * Gempa bumi yang terjadi di daerah vulkanik biasanya lebih kuat daripada gempa bumi yang terjadi di daerah non-vulkanik. * Gempa bumi yang terjadi di daerah vulkanik biasanya diikuti dengan aktivitas vulkanik lainnya, seperti letusan gunung api atau emisi gas beracun. Kesimpulan: Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat untuk pertanyaan "Perubahan muka Bumi yang terjadi karena tenaga endogen diikuti dengan gempa. Inilah salah satu bukti adanya tenaga-tenaga dari dalam Bumi. Bahkan dalam aktivitas vulkanisme, frekuensi terjadinya gempa menjadi indikator tingkat keaktifan suatu gunung api. Hal tersebut terjadi karena?" adalah B. Adanya intrusi magma.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

1. Mengapa kondisi bumi tanpa atmosfer tampak seperti gambar? Ke manakah kehiduydan hidrosfer yang ada di bumi? Jelaskan! 2. Berdasarkan gambar tersebut, terlihat perbedaan kondisi benua zaman dahulu dengan zaman sekarang. Perbedaan tersebut terjadi karena ada pergerakan lempeng. Jika permukaan bumi berbentuk padat, mengapa di bumi terjadi pergerakan lempeng? Jelaskan! 3. Kita ketahui bahwa sumber air terbesar berada di laut atau samudra. Jika kamu perhatikan gambar pada soal, letak air terjun berada jauh di atas permukaan air laut. Mengapa di gunung terdapat sumber air seperti air terjun, sungai, maupun danau? 4. Jika terjadi peristiwa gempa bumi akibat aktivitas vulkanisme gunungapi, lalu diikuti dengan aktivitas gunungapi yang mulai meningkat, apa yang harus dilakukan masyarakat disekitar gunungapi dalam menghadapi situasi tersebut? 5. Revolysetiap planet memiliki waktu yang berbeda tergantung dari jaraknya dari matahari. Jika bumi menyelesaikan revolusinya, berapa kali Merkurius dan Venus mengelilingi matahari?

7

5.0

Jawaban terverifikasi