Endang W

14 November 2022 15:42

Iklan

Iklan

Endang W

14 November 2022 15:42

Pertanyaan

Pertumbuhan indonesia masuk pada tahap ....


9

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

S. Anugrah

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

02 Desember 2022 09:39

Jawaban terverifikasi

<p>Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.</p><p>Rostow membagi proses pembangunan ini menjadi lima tahap, yaitu tahap masyarakat tradisional, prakondisi lepas landas, lepas landas, bergerak kedewasaan, dan jaman konsumsi masal yang tinggi.</p><ul><li>Tahap Masyrakat Tradisional&nbsp;<br>Ilmu pengetahuan belum banyak dikuasi oleh masyarakat pada masa ini. Masyarakat percaya pada kekuatan di luar dari kekuasaan manusia.&nbsp;Kemajuan yang berjalan sangat lamban, masyarakatnya bersifat statis, sehingga produksi yang dihasilkan pada masyarakat pada masa ini, masih sangat rendah. Dan mereka tunduk pada kekuatan alam, karena belum bisa menguasai alam.&nbsp;</li><li>Tahap Prakondisi Lepas Landas&nbsp;<br>Masyarakat tradisional perkembangannya sangat lambat, meskipun demikian terus bergerak. Dengan perkembangan yang terus bergerak tadi, masyarakat pada akhirnya akan mencapai posisi prakondisi lepas landas. Biasanya keadaan ini terjadi karena adanya campur tangan dari luar, dari masyarakat yang sudah lebih maju. Perubahan ini tidak datang karena faktor-faktor internal masyarakat tersebut, karena pada dasarnya masyarakat tradisional tidak mampu untuk mengubah dirinya sendiri.&nbsp;</li><li>Tahap Lepas Landas&nbsp;<br>Periode ini ditandai dengan tersingkirnya hambatan-hambatan yang menghalangi proses pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan merupakan sesuatu yang berjalan wajar, tanpa ada hambatan yang berarti seperti ketika pada periode prakondisi lepas landas.&nbsp;Tabungan dan investasi pada periode ini efektif dan meningkat dari 5%-10% dari pendapatan nasional atau lebih. Berkembangnya industry-industri baru dengan pesat, dan keuntungan yang didapat ditanamkan untuk membuat pabrik baru. Sektor modern dari perekonomian dengan demikian menjadi berkembang. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.</li></ul><p>Menurut Rostow Indonesia yang dulunya berada pada tahap masyarakat tradisional, sekarang sudah beranjak ke tahap lepas landas.&nbsp;</p>

Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Rostow membagi proses pembangunan ini menjadi lima tahap, yaitu tahap masyarakat tradisional, prakondisi lepas landas, lepas landas, bergerak kedewasaan, dan jaman konsumsi masal yang tinggi.

  • Tahap Masyrakat Tradisional 
    Ilmu pengetahuan belum banyak dikuasi oleh masyarakat pada masa ini. Masyarakat percaya pada kekuatan di luar dari kekuasaan manusia. Kemajuan yang berjalan sangat lamban, masyarakatnya bersifat statis, sehingga produksi yang dihasilkan pada masyarakat pada masa ini, masih sangat rendah. Dan mereka tunduk pada kekuatan alam, karena belum bisa menguasai alam. 
  • Tahap Prakondisi Lepas Landas 
    Masyarakat tradisional perkembangannya sangat lambat, meskipun demikian terus bergerak. Dengan perkembangan yang terus bergerak tadi, masyarakat pada akhirnya akan mencapai posisi prakondisi lepas landas. Biasanya keadaan ini terjadi karena adanya campur tangan dari luar, dari masyarakat yang sudah lebih maju. Perubahan ini tidak datang karena faktor-faktor internal masyarakat tersebut, karena pada dasarnya masyarakat tradisional tidak mampu untuk mengubah dirinya sendiri. 
  • Tahap Lepas Landas 
    Periode ini ditandai dengan tersingkirnya hambatan-hambatan yang menghalangi proses pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan merupakan sesuatu yang berjalan wajar, tanpa ada hambatan yang berarti seperti ketika pada periode prakondisi lepas landas. Tabungan dan investasi pada periode ini efektif dan meningkat dari 5%-10% dari pendapatan nasional atau lebih. Berkembangnya industry-industri baru dengan pesat, dan keuntungan yang didapat ditanamkan untuk membuat pabrik baru. Sektor modern dari perekonomian dengan demikian menjadi berkembang. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Suatu negara dikatakan mengalami pertumbuhan ekonomi apabila terjadi peningkatan GNP riil di negara tersebut. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.

Menurut Rostow Indonesia yang dulunya berada pada tahap masyarakat tradisional, sekarang sudah beranjak ke tahap lepas landas. 


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

faktor penyebab kelangkaan

113

0.0

Jawaban terverifikasi