Vira R

24 Agustus 2022 22:07

Iklan

Iklan

Vira R

24 Agustus 2022 22:07

Pertanyaan

pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat! 1. terangkan pengertian integrasi menurut kamus besar bahasa indonesia dan menurut williem howard wriggins, sejarawan politik dari inggris! jawab:


1

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

R. Zaenita

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Nasional Malang

24 September 2022 10:08

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat adalah menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sedangkan menurut menurut Howard Wriggins, integrasi adalah penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda menjadi satu kesatuan utuh.</p><p>&nbsp;</p><p>Yuk disimak penjelasannya.</p><p>&nbsp;</p><p>Integrasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu integration yang berarti kesatuan atau pembulatan. Pengertian integrasi menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI) adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Pengertian integrasi menurut beberapa ahli antara lain:</p><ol><li>Myron Weiner: proses untuk menyatukan berbagai kelompok budaya dan sosial masyarakat ke dalam satu kesatuan wilayah demi mewujudkan pembentukan identitas nasional.</li><li>Dr. Nazaruddin Sjamsuddin: proses tentang penyatuan bangsa yang terdiri dari semua aspek kehidupan, mulai dari aspek politik, aspek ekonomi, aspek budaya, dan aspek sosial.</li><li>Safroedin Bahar: cara menyempurnakan suatu jalan atau tujuan dengan cara menyatukan setiap unsur bangsa yang sudah mulai terpisah-pisah.</li><li>Howard Wriggins: penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu kesatuan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak menjadi suatu bangsa.</li></ol><p>&nbsp;</p><p>Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat adalah menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sedangkan menurut menurut Howard Wriggins, integrasi adalah penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda menjadi satu kesatuan utuh.</p>

Jawaban yang tepat adalah menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sedangkan menurut menurut Howard Wriggins, integrasi adalah penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda menjadi satu kesatuan utuh.

 

Yuk disimak penjelasannya.

 

Integrasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu integration yang berarti kesatuan atau pembulatan. Pengertian integrasi menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI) adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Pengertian integrasi menurut beberapa ahli antara lain:

  1. Myron Weiner: proses untuk menyatukan berbagai kelompok budaya dan sosial masyarakat ke dalam satu kesatuan wilayah demi mewujudkan pembentukan identitas nasional.
  2. Dr. Nazaruddin Sjamsuddin: proses tentang penyatuan bangsa yang terdiri dari semua aspek kehidupan, mulai dari aspek politik, aspek ekonomi, aspek budaya, dan aspek sosial.
  3. Safroedin Bahar: cara menyempurnakan suatu jalan atau tujuan dengan cara menyatukan setiap unsur bangsa yang sudah mulai terpisah-pisah.
  4. Howard Wriggins: penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda dari suatu masyarakat menjadi suatu kesatuan yang lebih utuh atau memadukan masyarakat-masyarakat kecil yang banyak menjadi suatu bangsa.

 

Berdasarkan penjelasan diatas maka jawaban yang tepat adalah menurut Kamus Besar Bangsa Indonesia (KBBI), integrasi adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Sedangkan menurut menurut Howard Wriggins, integrasi adalah penyatuan bangsa-bangsa yang berbeda menjadi satu kesatuan utuh.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Apakah dampak perang dunia II terhadap kehidupan politik dunia?

309

0.0

Jawaban terverifikasi