Ryan Z

09 Januari 2024 03:19

Iklan

Ryan Z

09 Januari 2024 03:19

Pertanyaan

Pernyataan yang tepat sesuai gambar hemodialisis adalah... A. Jumlah urea darah X sama dengan darah Y. B. Kadar protein darah Y lebih rendah dari darah X. C. Kadar urea dalam darah X lebih rendah dari darah Y. D. Kadar protein dalam darah X lebih tinggi dari darah Y. E. Kadar glukosa dalam darah X meningkat dua kali lipat.

Pernyataan yang tepat sesuai gambar hemodialisis adalah...
 

A. Jumlah urea darah X sama dengan darah Y.

B. Kadar protein darah Y lebih rendah dari darah X.

C. Kadar urea dalam darah X lebih rendah dari darah Y.

D. Kadar protein dalam darah X lebih tinggi dari darah Y.

E. Kadar glukosa dalam darah X meningkat dua kali lipat.

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

01

:

16

:

28

:

43

Klaim

3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Miftah B

Community

09 Januari 2024 11:33

Jawaban terverifikasi

Halo sobat ๐Ÿ‘‹ Jawaban: C. Kadar urea dalam darah X lebih rendah dari darah Y. Penjelasan: Hemodialisi adalah proses cuci darah yang digunakan untuk menghilangkan limbah dan kelebihan cairan dari darah ketika ginjal tidak mampu melakukan tugasnya dengan baik. Dalam proses ini, darah dialirkan melalui mesin yang berfungsi sebagai ginjal buatan. Proses ini melibatkan filtrasi darah melalui membran semipermeabel. Hemodialisis bertujuan untuk menghilangkan zat-zat sisa, termasuk urea, dari darah pasien. Proses ini membantu mengurangi kadar urea dalam darah x , menciptakan keseimbangan yang lebih baik dengan darah bersih y


Iklan

S. Agita

Mahasiswa/Alumni Politeknik Negeri Jember

09 Januari 2024 22:28

Jawaban terverifikasi

Jawaban yang benar adalah C. Kadar urea dalam darah X lebih rendah dari darah Y. Pembahasan: Hemodialisis berasal dari kata "hemo" artinya darah, dan "dialisis" artinya pemisahan zat-zat terlarut. Hemodialisis berarti proses pembersihan darah dari zat-zat sampah, melalui proses penyaringan di luar tubuh. Hemodialisis menggunakan ginjal buatan berupa mesin dialisis. Hemodialisis dikenal secara awam dengan istilah cuci darah. Pada hemodialisis darah dikeluarkan dari tubuh penderita dan diedarkan dalam sebuah mesin di luar tubuh, sehingga cara ini memerlukan jalan keluar-masuk aliran darah. Untuk itu dibuat jalur buatan di antara pembuluh arteri dan vena atau disebut fistula arteriovenosa melalui pembedahan. Lalu dengan selang darah dari fistula, darah dialirkan dan dipompa ke dalam mesin dialisis. Untuk mencegah pembekuan darah selama proses pencucian, maka diberikan obat antibeku yaitu heparin. Prinsip kerja hemodialisis adalah mengalirkan darah yang mengandung zat-zat yang bersifat racun bagi tubuh ke dalam dialyzer untuk dibersihkan, kemudian darah yang telah bersih dialirkan kembali ke dalam tubuh, salah satu contohnya adalah urea. Selain untuk menyaring dan membuang zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh, prinsip kerja dari hemodialisis ini adalah membuang kelebihan air dari dalam tubuh, mempertahankan sistem buffer tubuh, serta mempertahankan kadar elektrolit tubuh. Oleh sebab itu, proses hemodialisis ini membantu mengurangi kadar urea dalam darah Y (keluar ke mesin), menciptakan keseimbangan yang lebih baik dengan darah bersih X (masuk ke tubuh). Jadi, jawaban yang benar adalah C.


Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan