Farhan C

02 Juli 2022 13:58

Iklan

Iklan

Farhan C

02 Juli 2022 13:58

Pertanyaan

Pernyataan berikut yang merupakan pendapat mendukung topik "Selamatkan Bumi dengan Mengurangi Sampah Plastik" mempunyai dampak positif adalah ... a. Penumpukan sampah plastik menyumbat aliran sungai menjadi salah satu pemicu banjir. Masyarakat memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan, kenyataannya malah mencemari hingga terlampau parah. Tidak hanya banjir, pemanasan global dan pemandangan tumpukan sampah plastik juga mengganggu keasrian lingkungan. b. Kampanye peduli lingkungan dinilai beberapa orang belum efektif. Alasannya kampanye hanya dilakukan satu dua kali. Kampanye dinilai tidak cukup karena tidak ada sanksi yang mengikat. Harus ada peran Pemerintah dan hukum untuk menangani maraknya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah plastik. c. Maraknya pembuangan sampah plastik yang sembarangan membuat para pecinta yang alam dan masyarakat yang peduli lingkungan membentuk komunitas Teach For Indonesia. Salah satu kegiatan komunitas ini mengadakan aksi berupa kampanye yang mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Gerakan tersebut hadir ketika melihat realitas kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia membuang sampah pada tempatnya. d. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diurai. Terlebih, masyarakat Indonesia belum memiliki kemampuan yang lebih dalam mengolah limbah plastik yang makin lama makin menumpuk. Adanya sampah plastik yang berlebihan menjadi pemicu masyarakat Indonesia untuk memutar otak, mengolah sampah plastik terse but agar menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai tinggi.


52

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

A. Yuliati

Mahasiswa/Alumni STKIP PGRI PASURUAN

02 Juli 2022 20:33

Jawaban terverifikasi

Jawaban untuk soal ini adalah D. Pendapatan pendukung adalah argumen yang setuju dengan adanya topik yang dibicarakan bahas. Ciri-ciri pendapat pendukung adalah sebagai berikut. 1. Penyetujui pembahasan. 2. Memberikan data untuk meyakinkan pembaca. Berdasarkan uraian di atas, pernyataan yang merupakan pendapat mendukung topik "Selamatkan Bumi dengan Mengurangi Sampah Plastik" mempunyai dampak positif adalah "Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diurai. Terlebih, masyarakat Indonesia belum memiliki kemampuan yang lebih dalam mengolah limbah plastik yang makin lama makin menumpuk. Adanya sampah plastik yang berlebihan menjadi pemicu masyarakat Indonesia untuk memutar otak, mengolah sampah plastik tersebut agar menjadi sesuatu yang berguna dan bernilai tinggi." karena dijelaskan jika sampah plastik dapat bernilai tinggi dan berguna jika diolah dengan baik. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.


Iklan

Iklan

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Bacalah kutipan buku nonfiksi berikut! Puputan Upacara puputan atau dhautan bagi masyarakat Jawa merupakan upacara yang dilakukan dalam rangkaian upacara kelahiran seorang anak. Upacara ini dilaksanakan pada sore hari ketika tali pusar si bayi telah putus atau lepas (puput atau dhaut berarti lepas). Waktu yang diperlukan untuk penyelenggaraan puputan tidak dapat ditentukan secara pasti Hal ini bergantung kepada lama tidaknya tali pusar si bayi lepas dengan sendirinya. Tali pusar si bayi dapat putus sebelum seminggu bahkan lebih dari seminggu sejak kelahiran. Keluarga si bayi harus siap mengadakan upacara puputan jika sewaktu- waktu tali pusar tersebut putus. Upacara ini diselenggarakan dengan mengadakan kenduri atau selamatan yang dihadiri oleh kerabat dan tetangga terdekat. Sesajian (makanan) yang disediakan dalam upacara puputan, antara lain nasi gudangan yang terdiri atas nasi dengan lauk-pauk, sayur-mayur dan parutan kelapa, bubur merah, bubur putih, dan jajan pasar. Upacara puputan biasanya ditandai dengan dipasangnya sawuran (bawang merah, dlingo bengle yang dimasukkan ke ketupat), dan aneka macam duri kemarung di sudut- sudut kamar bayi. Selain sawuran dipasang juga daun nanas yang diberi warna hitam putih (bergaris-garis), daun apa-apa, awar-awar, girang, dan duri kemarung. Di halaman rumah dipasang tumbak sewu, yaitu sapu lidi yang didirikan dengan tegak. Di tempat tidur si bayi diletakkan benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Dalam upacara puputan dhautan terdapat makna atau lambang atau yang tersirat dalam makanan dan alat yang digunakan tersebut. Sumber: Maryani, Indonesia nan Indah: Upacara Adat, Semarang. Alprin, 2019 Buatlah rangkuman isi kutipan buku nonfiksi tersebut!

568

0.0

Jawaban terverifikasi