Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Pertanyaan

Perluasan produksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah intensifikasi. Apa itu intensifikasi?

Perluasan produksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah intensifikasi. Apa itu intensifikasi?


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:35

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>Intensifikasi merupakan perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas (kemampuan menghasilkan) dari faktor produksi yang ada pada tiap unit produksi.</strong> Di bidang pertanian misalnya dengan pemupukan dan pengairan yang lebih intensif. Di bidang industri misalnya dengan pembagian kerja (spesialisasi kerja), serta peningkatan kemampuan dan keahlian kerja.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah Intensifikasi merupakan perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas (kemampuan menghasilkan) dari faktor produksi yang ada pada tiap unit produksi. Di bidang pertanian misalnya dengan pemupukan dan pengairan yang lebih intensif. Di bidang industri misalnya dengan pembagian kerja (spesialisasi kerja), serta peningkatan kemampuan dan keahlian kerja.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:11

Jawaban terverifikasi

<p>Intensifikasi dalam konteks perluasan produksi merujuk pada peningkatan produktivitas atau hasil dari suatu usaha produksi dengan memaksimalkan penggunaan faktor-faktor produksi yang sudah ada. Secara khusus, intensifikasi tidak melibatkan penambahan lahan atau sumber daya baru, tetapi lebih fokus pada pengoptimalkan penggunaan sumber daya yang sudah ada.</p><p>Beberapa aspek terkait intensifikasi produksi termasuk:</p><p><strong>Peningkatan Produktivitas:</strong></p><ul><li>Tujuan utama intensifikasi adalah meningkatkan hasil atau output tanpa perlu menambah faktor produksi secara signifikan. Ini dapat dicapai melalui peningkatan efisiensi, teknologi, manajemen, atau pembenahan proses produksi.</li></ul><p><strong>Optimasi Faktor Produksi:</strong></p><ul><li>Intensifikasi melibatkan optimasi penggunaan faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan input lainnya. Peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya ini dapat membantu mencapai hasil yang lebih tinggi.</li></ul><p><strong>Teknologi dan Inovasi:</strong></p><ul><li>Penerapan teknologi dan inovasi merupakan salah satu cara intensifikasi. Penggunaan teknologi baru atau metode inovatif dalam proses produksi dapat meningkatkan produktivitas tanpa perlu menambahkan sumber daya secara besar-besaran.</li></ul><p><strong>Rotasi Tanaman atau Penggunaan Pupuk:</strong></p><ul><li>Di sektor pertanian, intensifikasi dapat mencakup rotasi tanaman yang cerdas atau penggunaan pupuk yang lebih efisien untuk meningkatkan hasil tanaman pada lahan yang sama.</li></ul><p><strong>Peningkatan Kedalaman Produksi:</strong></p><ul><li>Dalam sektor perikanan, intensifikasi bisa berarti peningkatan produksi ikan di dalam satu kolam atau wadah dengan pengelolaan yang lebih baik, tanpa perlu menambahkan luas lahan baru.</li></ul><p><strong>Peningkatan Output Per Satuan Luas:</strong></p><ul><li>Secara umum, intensifikasi dapat dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan output atau hasil per satuan luas lahan, ruang, atau sumber daya lainnya yang digunakan dalam proses produksi.</li></ul>

Intensifikasi dalam konteks perluasan produksi merujuk pada peningkatan produktivitas atau hasil dari suatu usaha produksi dengan memaksimalkan penggunaan faktor-faktor produksi yang sudah ada. Secara khusus, intensifikasi tidak melibatkan penambahan lahan atau sumber daya baru, tetapi lebih fokus pada pengoptimalkan penggunaan sumber daya yang sudah ada.

Beberapa aspek terkait intensifikasi produksi termasuk:

Peningkatan Produktivitas:

  • Tujuan utama intensifikasi adalah meningkatkan hasil atau output tanpa perlu menambah faktor produksi secara signifikan. Ini dapat dicapai melalui peningkatan efisiensi, teknologi, manajemen, atau pembenahan proses produksi.

Optimasi Faktor Produksi:

  • Intensifikasi melibatkan optimasi penggunaan faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan input lainnya. Peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya ini dapat membantu mencapai hasil yang lebih tinggi.

Teknologi dan Inovasi:

  • Penerapan teknologi dan inovasi merupakan salah satu cara intensifikasi. Penggunaan teknologi baru atau metode inovatif dalam proses produksi dapat meningkatkan produktivitas tanpa perlu menambahkan sumber daya secara besar-besaran.

Rotasi Tanaman atau Penggunaan Pupuk:

  • Di sektor pertanian, intensifikasi dapat mencakup rotasi tanaman yang cerdas atau penggunaan pupuk yang lebih efisien untuk meningkatkan hasil tanaman pada lahan yang sama.

Peningkatan Kedalaman Produksi:

  • Dalam sektor perikanan, intensifikasi bisa berarti peningkatan produksi ikan di dalam satu kolam atau wadah dengan pengelolaan yang lebih baik, tanpa perlu menambahkan luas lahan baru.

Peningkatan Output Per Satuan Luas:

  • Secara umum, intensifikasi dapat dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan output atau hasil per satuan luas lahan, ruang, atau sumber daya lainnya yang digunakan dalam proses produksi.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Rencana pemerintah Indonesia untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah, menuai pro dan kontra di masyarakat. Hal ini dikarenakan istilah redenominasi langsung dikaitkan dengan sanering, yaitu pemotongan nilai tukar uang. Redenominasi sangat berbeda dengan sanering. Redenominasi adalah penyederhanaan sebutan atau satuan harga rupiah tersebut, tanpa mengurangi uang RP. 1000,00 setelah diredenominasi akan menjadi RP. 1,00. Sementara sanering adalah pemotongan nilai mata uang yang tidak diikuti oleh penyederhanaan nilai barang. Dengan demikian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat, karena kebijakan meredenominasi rupiah adalah kebijakan yang tepat dan harus dilakukan oleh pemerintah. Jenis paragraf apakah itu? Sebutkan kalimat utama dan ide pokoknya!

4

3.0

Jawaban terverifikasi

Ali Audah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowos Jawa derita. Ayahnya meningga Jawa Timur. Sejak kecil, ia terbiasa hidu berumur tujuh tahun. Ali hanya menikma pendidikan formal sampai kelas dua sekola dasar. Meskipun demikian, ia mempunya kemauan belajar yang sangat tinggi. Ali mencoba belajar sendiri atau bersama teman-teman sepermainannya. Ia belajar menulis dengan mencoret-coret tanah sambil bermain gundu. Ia juga belajar membaca dan koran bekas pembungkus kue, majalah bekas serta buku-buku pelajaran dan bacaan anak- anak milik teman sepermainannya. Setelah dewasa, barulah Ali berkesempatan mengikuti kursus. Ali Audah menguasai sejumlah bahasa asing, seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda. Berkat perkenalannya dengan Moh. Dimyati seorang wartawan dan sastrawan, Ali mendapat dorongan untuk belajar menulis. Tidal disangka, Ali ternyata berbakat di bidang itu bidang pendidikan. Sejak tahun 1952 Ali mulai bekerja sebaga wartawan lepas di berbagai harian. Ali beker sebagai penerjemah. Kemudian Ali bekerja di bidang pendidikan. Semangat kemauan belajar Ali yang cukup tinggi dan bakat yang dimiliki Ali dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua. Keterbatasan kemampuan untuk bersekolah tidak menghalangi Ali untuk tetap bisa belajar membaca dan menulis. Semoga kita semua dapat meniru semangat Ali Audah. Penggunaan adjektiva berdasarkan teks biografi tersebut terdapat pada kalimat.. A. Ali sudah lahir pada 14 Juli 1924 di Bondowoso, Jawa Timur. b. Sejak kecil, ia terbiasa hidup menderita. C. Ibunya meninggal ketika ia berumur tujuh tahun. d. Ali hanya menikmati pendidikan formal sampai kelas dua sekolah dasar. E. Meskipun demikian, ia mempunyai kemauan belajar yang sangat tinggi

4

5.0

Jawaban terverifikasi