Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Iklan

Iklan

Hilya H

29 Januari 2024 19:30

Pertanyaan

Perluasan produksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah intensifikasi. Apa itu intensifikasi?

Perluasan produksi dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah intensifikasi. Apa itu intensifikasi?


2

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Dela A

Community

29 Januari 2024 19:35

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah <strong>Intensifikasi merupakan perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas (kemampuan menghasilkan) dari faktor produksi yang ada pada tiap unit produksi.</strong> Di bidang pertanian misalnya dengan pemupukan dan pengairan yang lebih intensif. Di bidang industri misalnya dengan pembagian kerja (spesialisasi kerja), serta peningkatan kemampuan dan keahlian kerja.</p>

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah Intensifikasi merupakan perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas (kemampuan menghasilkan) dari faktor produksi yang ada pada tiap unit produksi. Di bidang pertanian misalnya dengan pemupukan dan pengairan yang lebih intensif. Di bidang industri misalnya dengan pembagian kerja (spesialisasi kerja), serta peningkatan kemampuan dan keahlian kerja.


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

15 Februari 2024 02:11

Jawaban terverifikasi

<p>Intensifikasi dalam konteks perluasan produksi merujuk pada peningkatan produktivitas atau hasil dari suatu usaha produksi dengan memaksimalkan penggunaan faktor-faktor produksi yang sudah ada. Secara khusus, intensifikasi tidak melibatkan penambahan lahan atau sumber daya baru, tetapi lebih fokus pada pengoptimalkan penggunaan sumber daya yang sudah ada.</p><p>Beberapa aspek terkait intensifikasi produksi termasuk:</p><p><strong>Peningkatan Produktivitas:</strong></p><ul><li>Tujuan utama intensifikasi adalah meningkatkan hasil atau output tanpa perlu menambah faktor produksi secara signifikan. Ini dapat dicapai melalui peningkatan efisiensi, teknologi, manajemen, atau pembenahan proses produksi.</li></ul><p><strong>Optimasi Faktor Produksi:</strong></p><ul><li>Intensifikasi melibatkan optimasi penggunaan faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan input lainnya. Peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya ini dapat membantu mencapai hasil yang lebih tinggi.</li></ul><p><strong>Teknologi dan Inovasi:</strong></p><ul><li>Penerapan teknologi dan inovasi merupakan salah satu cara intensifikasi. Penggunaan teknologi baru atau metode inovatif dalam proses produksi dapat meningkatkan produktivitas tanpa perlu menambahkan sumber daya secara besar-besaran.</li></ul><p><strong>Rotasi Tanaman atau Penggunaan Pupuk:</strong></p><ul><li>Di sektor pertanian, intensifikasi dapat mencakup rotasi tanaman yang cerdas atau penggunaan pupuk yang lebih efisien untuk meningkatkan hasil tanaman pada lahan yang sama.</li></ul><p><strong>Peningkatan Kedalaman Produksi:</strong></p><ul><li>Dalam sektor perikanan, intensifikasi bisa berarti peningkatan produksi ikan di dalam satu kolam atau wadah dengan pengelolaan yang lebih baik, tanpa perlu menambahkan luas lahan baru.</li></ul><p><strong>Peningkatan Output Per Satuan Luas:</strong></p><ul><li>Secara umum, intensifikasi dapat dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan output atau hasil per satuan luas lahan, ruang, atau sumber daya lainnya yang digunakan dalam proses produksi.</li></ul>

Intensifikasi dalam konteks perluasan produksi merujuk pada peningkatan produktivitas atau hasil dari suatu usaha produksi dengan memaksimalkan penggunaan faktor-faktor produksi yang sudah ada. Secara khusus, intensifikasi tidak melibatkan penambahan lahan atau sumber daya baru, tetapi lebih fokus pada pengoptimalkan penggunaan sumber daya yang sudah ada.

Beberapa aspek terkait intensifikasi produksi termasuk:

Peningkatan Produktivitas:

  • Tujuan utama intensifikasi adalah meningkatkan hasil atau output tanpa perlu menambah faktor produksi secara signifikan. Ini dapat dicapai melalui peningkatan efisiensi, teknologi, manajemen, atau pembenahan proses produksi.

Optimasi Faktor Produksi:

  • Intensifikasi melibatkan optimasi penggunaan faktor-faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan input lainnya. Peningkatan efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya ini dapat membantu mencapai hasil yang lebih tinggi.

Teknologi dan Inovasi:

  • Penerapan teknologi dan inovasi merupakan salah satu cara intensifikasi. Penggunaan teknologi baru atau metode inovatif dalam proses produksi dapat meningkatkan produktivitas tanpa perlu menambahkan sumber daya secara besar-besaran.

Rotasi Tanaman atau Penggunaan Pupuk:

  • Di sektor pertanian, intensifikasi dapat mencakup rotasi tanaman yang cerdas atau penggunaan pupuk yang lebih efisien untuk meningkatkan hasil tanaman pada lahan yang sama.

Peningkatan Kedalaman Produksi:

  • Dalam sektor perikanan, intensifikasi bisa berarti peningkatan produksi ikan di dalam satu kolam atau wadah dengan pengelolaan yang lebih baik, tanpa perlu menambahkan luas lahan baru.

Peningkatan Output Per Satuan Luas:

  • Secara umum, intensifikasi dapat dilihat sebagai upaya untuk meningkatkan output atau hasil per satuan luas lahan, ruang, atau sumber daya lainnya yang digunakan dalam proses produksi.

lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Melihat kucing tiba-tiba mengonsumsi rumput menimbulkan rasa kekhawatiran. Tak jarang juga para pemilik kucing mencoba mencegah kelakuan kucingnya yang tiba-tiba mengunyah rumput liar di sekitaran rumah. Sebuah penelitian mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena tanaman yang tidak dapat dicerna kucing itu justru dapat membersihkan pencernaannya dari cacing parasit dengan memuntahkannya. https://bangka.sonora.id Pernyataan berikut yang akan MEMPERKUAT hasil penelitian adalah. * A. Oleh karena mudah dicerna, rumput menjadi makanan sehat bagi kucing B. Kucing yang memiliki usia yang lebih panjang adalah kucing yang muntah setelah memakan rumput C. Kucing memiliki cacing parasit dalam organ pencernaannya akibat memakan rumput D. Pemilik kucing pasti rajin memberikan rumput untuk membersihkan parasit pada kucing E. zemilik kucing mencegah kucingnya untuk memakan rumput karena rumput tidak dapat dicerna kucing

40

0.0

Jawaban terverifikasi