Irema O

04 Januari 2023 12:41

Iklan

Irema O

04 Januari 2023 12:41

Pertanyaan

Perkecambahan ditandai dengan munculnya kecambah atau tumbuhan kecil yang hidupnya masih bergantung pada cadangan makanan di dalam bi ji. Ada empat bagian penting pada bi ji yang berkecambah, coba sebutkan bagian yang bernomor; 1, 2, 3 dan 4 serta jelaskan fungsinya!

alt

8 dari 10 siswa nilainya naik

dengan paket belajar pilihan

Habis dalam

02

:

10

:

38

:

04

Klaim

29

1

Jawaban terverifikasi

Iklan

A. Agustina

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

09 Januari 2023 09:18

Jawaban terverifikasi

<p>Jawaban untuk soal ini secara berurutan adalah epikotil, hipokotil, radikula, dan kotiledon.</p><p>&nbsp;</p><p>Biji merupakan organ generatif pada&nbsp;tumbuhan. Gambar pada soal merupakan penampang dari biji tumbuhan dikotil (berkeping dua). Adapun bagian yang ditunjuk oleh nomor tersebut adalah:</p><ol><li>Epikotil, bagian embrio yang terletak di atas poros embrio dan berfungsi sebagai penghubung antara kotiledon dengan plumula.</li><li>Hipokotil, bagian embrio yang terletak di bawah poros embrio sebagai batang penghubung antara kotiledon dengan radikula.</li><li>Radikula, calon akar pada embrio yang terletak di ujung hipokotil dan berfungsi sebagai bagian tanaman yang nantinya akan berkembang menjadi akar tanaman.</li><li>Kotiledon, bagian biji yang paling besar dan berisi cadangan makanan bagi embrio.</li><li>Selaput biji, untuk melindungi benih dari gangguan atau pengaruh kondisi lingkungan selama penyimpanan atau saat masa perkecambahan, mempertahankan kadar air benih, serta untuk memperpanjang daya simpan benih.</li><li>Embrio, merupakan calon tumbuhan baru yang menyatukan dua kotiledon yang terpisah.</li></ol><p>Jadi, jawabannya adalah epikotil, hipokotil, radikula, dan kotiledon.</p>

Jawaban untuk soal ini secara berurutan adalah epikotil, hipokotil, radikula, dan kotiledon.

 

Biji merupakan organ generatif pada tumbuhan. Gambar pada soal merupakan penampang dari biji tumbuhan dikotil (berkeping dua). Adapun bagian yang ditunjuk oleh nomor tersebut adalah:

  1. Epikotil, bagian embrio yang terletak di atas poros embrio dan berfungsi sebagai penghubung antara kotiledon dengan plumula.
  2. Hipokotil, bagian embrio yang terletak di bawah poros embrio sebagai batang penghubung antara kotiledon dengan radikula.
  3. Radikula, calon akar pada embrio yang terletak di ujung hipokotil dan berfungsi sebagai bagian tanaman yang nantinya akan berkembang menjadi akar tanaman.
  4. Kotiledon, bagian biji yang paling besar dan berisi cadangan makanan bagi embrio.
  5. Selaput biji, untuk melindungi benih dari gangguan atau pengaruh kondisi lingkungan selama penyimpanan atau saat masa perkecambahan, mempertahankan kadar air benih, serta untuk memperpanjang daya simpan benih.
  6. Embrio, merupakan calon tumbuhan baru yang menyatukan dua kotiledon yang terpisah.

Jadi, jawabannya adalah epikotil, hipokotil, radikula, dan kotiledon.


Iklan

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Iklan