Anonim N

25 Maret 2024 12:24

Iklan

Iklan

Anonim N

25 Maret 2024 12:24

Pertanyaan

Peristiwa mitasi dapat disebabkan oleh mutagen ala ni dan mutagen buatan. Manakah dari pernyataan berikut yang benar tentang peristiwa mitasi secara induksi? 1. Hewan laboratorium menderita tumor setelah diberi suntikan virus EB. 2. Radiasi ultraviolet dari matahari siang dapat mengakibatkan kanker kulit. 3. Perokok aktif yang menderita kanker bronkus. 4. Pemaparan sinar X pada Drosophila sebagai bahan penelitian kanker. 5. Kesalahan saat replikasi DNA yang dapat menyebabkan kanker.


3

2

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

Salsabila M

Community

27 Maret 2024 14:08

Jawaban terverifikasi

<p>Pernyataan yang benar tentang peristiwa mitasi secara induksi adalah:</p><ol><li>Kesalahan saat replikasi DNA yang dapat menyebabkan kanker.</li></ol><p>Penjelasan:</p><ol><li>Hewan laboratorium menderita tumor setelah diberi suntikan virus EB: Ini lebih menunjukkan efek dari infeksi virus (virus EB), bukan mitasi secara langsung.</li><li>Radiasi ultraviolet dari matahari siang dapat mengakibatkan kanker kulit: Ini adalah contoh dari kerusakan DNA akibat radiasi, yang bisa menjadi penyebab mitasi.</li><li>Perokok aktif yang menderita kanker bronkus: Ini adalah contoh dampak karsinogenik dari zat-zat kimia dalam rokok, yang bisa menjadi penyebab mitasi.</li><li>Pemaparan sinar X pada Drosophila sebagai bahan penelitian kanker: Ini adalah contoh eksperimen menggunakan radiasi sebagai penyebab mitasi.</li></ol><p><br>&nbsp;</p>

Pernyataan yang benar tentang peristiwa mitasi secara induksi adalah:

  1. Kesalahan saat replikasi DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Penjelasan:

  1. Hewan laboratorium menderita tumor setelah diberi suntikan virus EB: Ini lebih menunjukkan efek dari infeksi virus (virus EB), bukan mitasi secara langsung.
  2. Radiasi ultraviolet dari matahari siang dapat mengakibatkan kanker kulit: Ini adalah contoh dari kerusakan DNA akibat radiasi, yang bisa menjadi penyebab mitasi.
  3. Perokok aktif yang menderita kanker bronkus: Ini adalah contoh dampak karsinogenik dari zat-zat kimia dalam rokok, yang bisa menjadi penyebab mitasi.
  4. Pemaparan sinar X pada Drosophila sebagai bahan penelitian kanker: Ini adalah contoh eksperimen menggunakan radiasi sebagai penyebab mitasi.


 


Iklan

Iklan

Nanda R

Gold

31 Maret 2024 14:25

<p>Pernyataan nomor 4, "Pemaparan sinar X pada Drosophila sebagai bahan penelitian kanker," adalah yang benar tentang peristiwa mitasi secara induksi. Sinar X adalah salah satu contoh mutagen buatan yang dapat menyebabkan mutasi pada organisme yang terpapar, termasuk Drosophila (lalat buah), yang kemudian digunakan sebagai model dalam penelitian kanker.</p>

Pernyataan nomor 4, "Pemaparan sinar X pada Drosophila sebagai bahan penelitian kanker," adalah yang benar tentang peristiwa mitasi secara induksi. Sinar X adalah salah satu contoh mutagen buatan yang dapat menyebabkan mutasi pada organisme yang terpapar, termasuk Drosophila (lalat buah), yang kemudian digunakan sebagai model dalam penelitian kanker.


lock

Yah, akses pembahasan gratismu habis


atau

Dapatkan jawaban pertanyaanmu di AiRIS. Langsung dijawab oleh bestie pintar

Tanya Sekarang

Mau pemahaman lebih dalam untuk soal ini?

Tanya ke Forum

Biar Robosquad lain yang jawab soal kamu

Tanya ke Forum

LATIHAN SOAL GRATIS!

Drill Soal

Latihan soal sesuai topik yang kamu mau untuk persiapan ujian

Cobain Drill Soal

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

Pertanyaan serupa

Berikut yang dapat menyebabkan mutasi-mutasi secara buatan adalah .... A. sinar kosmik B. sinar radioaktif dari angkasa luar C. sinar kilat yang tinggi D. sinar ultraviolet E. sinar radioaktif dari dalam kerak bumi

3

0.0

Jawaban terverifikasi